RUANG REFLEKSI DIRI

Main Article Content

Jeremy Marshall
Alvin Hadiwono

Abstract

One common problem today is the lack of a Third Place gathering place that is a place other than home (First Place) and an office (Second Place), so that Third Place is made as a place for people to gather, feel calm, and avoid the saturation of daily habits, namely first place and second place issues that exist today in daily activities that cause people to become unproductive, namely the problem of stress, without us knowing, now the problem of stress has been experienced by anyone, not affected by age, because there are many stressors , so that it is a problem that is experienced by everyone, and can be one of the targets that must be overcome to create people who have good lifestyles and productive in doing something, the design goals of this project itself are also made to address current global issues , starting from the region that is most affected by the issue of stress, because it has many things becoming a trigger for someone to become stressed, this can create a project that can be a place for people to gather and overcome the issues of stress that affect this life together, this stress issue can also be overcome by changing the stressed population to join the Wellbeing or welfare program individuals, according to the CDC (Centers for Disease Control and Prevention), Wellbeing can improve physical and spiritual health based on the results of positive activities carried out by an individual or group that is continuously carried out, so that it can have a big impact such as, the habits of someone who will do good activities, application of 5 ways to wellbeing is a theory used to improve one's life habits for the better, and this can be maximized with programs related to activities in nature based on the book The Tao of Architecture, the method used is also based on typology methods, by applying design based on common formations that can be fun, and soothing to relieve the stress of visitors, and the Spatial Relations method used to provide a unique design that does not yet exist from combining the formation of healing patterns, with a pleasant pattern formation. Therefore the Retreat can have a pleasant and interesting impact on the community to carry out positive activities to make the population have a better life. A place that has many natural elements has a function to calm a person, so that person can become calm.

 

Abstrak

Salah satu masalah yang umum saat ini adalah kurangnya tempat berkumpul Third Place yaitu tempat selain rumah (First Place) dan kantor (Second Place), sehingga Third Place dibuat sebagai tempat orang berkumpul, merasa tenang, dan terhindar dari kejenuhan kebiasaan sehari hari, yaitu first place dan second place isu yang ada saat ini dalam kegiatan sehari hari yang menyebabkan orang menjadi tidak produktif, yaitu masalah stress, tanpa kita sadari, saat ini masalah stress sudah dialami oleh siapa saja, tidak terpengaruh oleh umur, karena terdapat banyaknya faktor faktor pemicu stress, sehingga hal itu merupakan masalah yang dialami oleh semua orang, dan dapat menjadi salah satu target yang harus diatasi untuk menciptakan manusia yang memiliki pola hidup baik dan produktif dalam mengerjakan sesuatu, tujuan desain proyek ini sendiri juga dibuat untuk mengatasi isu global yang ada saat ini, dimulai dari kawasan yang paling merasakan pengaruh isu stress ini, karena memiliki banyak hal yang menjadi pemicu seseorang menjadi stress, hal ini dapat menciptakan proyek yang dapat menjadi tempat orang untuk berkumpul dan mengatasi isu stress yang mempengaruhi kehidupan ini secara bersama sama, isu stress ini juga dapat diatasi dengan cara mengubah penduduk yang mengalami stress untuk mengikuti program Well being atau kesejahteraan individu, menurut CDC (Centers for Disease Control And Prevention), Well being dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani berdasarkan hasil dari kegiatan positif yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok yang terus menerus dilakukan, sehingga dapat memberikan dampak besar seperti kebiasaan seseorang yang akan melakukan kegiatan kegiatan yang baik, penerapan 5 ways to well being merupakan teori yang digunakan untuk memperbaiki kebiasaan hidup seseorang menjadi lebih baik, dan hal ini dapat dimaksimalkan dengan program yang berhubungan dengan aktivitas di alam berdasarkan buku The Tao of Architecture, metode yang digunakan juga berdasarkan metode tipologi, dengan cara menerapkan desain berdasarkan bentukan bentukan umum yang dapat menyenangkan, dan menenangkan untuk meredakan stress pengunjungnya, dan metode Spatial Relation yang digunakan untuk memberikan desain unik yang belum ada dari penggabungan bentukan bentukan pola healing, dengan pola bentukan yang menyenangkan. Oleh karena itu tempat Retreat dapat memberikan dampak kesan menyenangkan dan menarik masyarakat untuk melakukan kegiatan kegiatan positif untuk menjadikan penduduk menjadi memiliki hidup yang lebih baik. Tempat yang memiliki banyak unsur alam memiliki fungsi untuk menenangkan pikiran seseorang, sehingga pikiran seseorang dapat menjadi tenang.

 

Article Details

Section
Articles

References

CNN Indonesia. (2018). Kesehatan jiwa dalam angka, diunduh 12 September 2019, dari: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181012194807-258-338084/infografis-kesehatan-jiwa-dalam-angka.

Duncan, M. L., Jullan A. (2015). Sharing City: A Case for Truly Smart and Sustainable Cities. Massachusetts Institure of Techmology.

Jakarta Open Data. Data Jumlah Penduduk Berdasarkan Pekerjaan

Per Kelurahan (2017), diunduh 13 September 2019, dari. http://data.jakarta.go.id/dataset/jumlah-penduduk-dki-jakarta-berdasarkan pekerjaan/resource/1d4e7525-f975-4058-976c-3563307126fe?inner_span=True

Marilu, V. (2008). Zest For Life : A Student Health And Wellness Centre [Skripsi]. South Africa(ZA) : University of Pretoria.

Oldenburg, R. (1989). The Great Good Place: Cafes, Coffee Shops, Community Centers, Beauty Partors, General Stores, Bars, Hangouts, and How They Get You Through the Day. New York: Paragon House.

Seetharamdo, R. (2018). 5 Ways to wellbeing, diunduh pada tanggal 28 Juli 2019, dari: https://www.fivewaystowellbeing.net/

Teori 5 ways to wellbeing, diunduh pada tanggal 29 Juli 2019, dari: https://www.mind.org.uk/workplace/mental-health-at-work/taking-care-of-yourself/five-ways-to-wellbeing/

Tjahjono, G. (2000). Metode Perancangan Suatu Pengantar untuk Arsitek dan Perancang. Depok: Universitas Indonesia.

White, E. T. (1987). Buku Sumber Konsep. Intermatra: Bandung.

Peraturan Daerah DKI Jakarta No.1 Tahun 2014 Tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

[Anonim]. 2014. Kesehatan Rohani di https://adapajaya.wordpress.com. Diakses pada tanggal 2 Januari 2019.