PENDEKATAN MUSICARIUM SEBAGAI RUANG PENGHUBUNG KOMUNITAS MUSIK DAN RUANG KOMUNAL DENGAN PENDEKATAN THIRD PLACE

Main Article Content

Rommy Gunawan
Doddy Yuono

Abstract

Jakarta as the capital has its own charm so that many migrants from outside the area come for various activities. This causes the density of the city to be one threat to city life. The number of activities makes the city spaces become narrow and also very severe congestion makes the stress level of city residents become high. The routine of the inhabitants of the capital becomes very monotonous, that is, they only carry out work activities, then after that, they immediately return to their homes. This makes humans who were previously social creatures into personal beings because they are in the same environment over and over again, meeting the same people continuously so that the population's monotony is high and stress levels are also increasing. The program carried out is the result of data and field analysis, where the need for recreation in leisure is indispensable, namely a hangout. The type of project that was decided to be designed was a hangout place with a third place approach based on community and the provision of communal spaces as meeting rooms with new people so that the motives would disappear. After research and data searching, the Tanjung Duren area was found to be the location of the 'Musicarium: Connecting Space for Music Communities' as a place for musical entertainment and also a culinary place by presenting communal spaces. The concept of this project is to present spaces that are open to be transparent so that this project becomes an architecture that is comfortable for all people.

 

Abstrak

Jakarta  sebagai ibukota memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak pendatang dari luar daerah yang datang untuk berbagai aktivitas. Hal ini menyebabkan kepadatan kota menjadi salah satu ancaman bagi kehidupan kota. Banyaknya aktivitas membuat ruang dalam kota menjadi sempit dan juga kemacetan yang sangat parah membuat tingkat stress penduduk kota menjadi tinggi. Rutinitas penduduk ibukota menjadi sangat monoton yaitu hanya melakukan kegiatan kerja kemudian setelah itu maka mereka langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Hal ini membuat manusia yang tadinya sebagai makhluk sosial menjadi makluk yang personal karena berada dilingkup yang sama terus menerus, bertemu orang yang sama terus menerus sehingga kemonotonan penduduk menjadi tinggi dan tingkat stress juga meningkat. Program yang diusung merupakan hasil dari analisis data dan lapangan, dimana kebutuhan akan rekreasi dalam leisure itu sangat diperlukan yaitu tempat berkumpul. Jenis proyek yang diputuskan untuk didesain adalah tempat berkumpul dengan pendekatan third place untuk komunitas serta pengadaan ruang-ruang komunal sebagai ruang pertemuan dengan orang baru sehingga kemonotonan akan hilang. Setelah dilakukan penelitian dan pencarian data, didapati kawasan Tanjung Duren menjadi lokasi ‘Musicarium: Ruang Penghubung Komunitas Musik’ sebagai suatu wadah hiburan musik dan juga tempat kuliner dengan menghadirkan ruang-ruang komunal. Konsep proyek ini adalah menghadirkan ruang-ruang yang sifatnya terbuka agar transparan sehingga proyek ini menjadi sebuah arsitektur yang nyaman bagi semua kalangan.

Article Details

Section
Articles

References

Hartoto, J. (1983). Peranan Rekreasi bagi Kehidupan Keluarga. Majalah. Yogyakarta: PPM IKIP Yogyakarta. Diperoleh dan diakses pada 27 Desember 2019. <https://adoc.tips/queue/pemanfaatan-waktu-luang-mahasiswa-programstudl-ilmu-keolahra.html>

Informasi 2018, 29 Desember. 5 Alasan Mengapa Live Music Penting untuk Kafe dan Restoran. Diperoleh dan diakses pada 27 Desember 2019. <https://mussy.co/blog/5_Alasan_Mengapa_Live_Music_Penting_Untuk_Kafe_dan_Restoran>

Jeffres, L. W., Cheryl C. B., Guoweijian, Mary F. C. (2009). The Impact of Third place on Community Quality of Life : base on Springer Science. Diakses pada 27 Desember dan diambil kembali dari jurnal online <https://www.researchgate.net/publication/226184181_The_Impact_of_Third_Places_on_Community_Quality_of_Life

Kholid, D. M. (2016). PERANAN MUSIK PADA PERTUNJUKKAN TEATER. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada 27 Desember 2019. <https://ejournal.upi.edu/index.php/ritme/article/download/5076/3537>

Kurniawan, M. L. (2017). Gedung Pertunjukan Musik di Makassar. Makasar : Universitas Hasanuddin. Diakses pada 28 Desember 2019. <http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/ZTFiMGQyZjQxYmIxYjk1MzhiM2QwMGI0ZDVkYTNiNjRhZWU0MjdkNQ==.pdf>

Oldenburg, R. (1989). The Great Good Place: Cafes, Coffee Shops, Bookstores, Bars, Hair Salons, and Other Hangouts at the Heart of a Community. USA: Marlowe & Company.

Purnomo, N. A. (2000). Kafe Musik di Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro. Diakses 28 Desember 2019. <http://eprints.undip.ac.id/24549/1/kafe_musik_di_semarang.pdf>

Sidiq, S., dkk (2016). Gedung Pertunjukan Seni. Diponegoro University Institutional Repository ISBN 2102011213004. Diambil dari : <https://onesearch.id/Record/IOS2852.49740#holdings

Suwardi, A.L (2003). Isu dan Kreativitas Seni. Makalah Seminar Seni Pertunjukkan Indonesia, Surakarta. Diakses pada 27 Desember 2019. <https://studylibid.com/doc/2298149/peranan-musik-pada-pertunjukkan-teater>

Tjahjono, G (2000). Metode Rerancangan Suatu Pengantar untuk Arsitek dan Perancang. Jakarta: Universitas Indonesia