WADAH AKTIVITAS KRE-AKTIF

Main Article Content

Melissa Melissa
Sidhi Wiguna Teh

Abstract

Living and growing up in urban areas with various pressures, both from home or work/school, makes people have a higher stress level. Urban people need a space in between home (first place) and a place of work / study (second place), namely the third place. Third place is important for the people because it is a place where they can be themselves, freely channel their talents and interests, as well as socializing and maintaining fitness in the midst of the busy city. Therefore, a need rises for an architectural manifestation in the form of a third place with a creative hub to channel ideas, creativity, talents, and interests and active space to maintain fitness, socialize, and build community. Alam Sutera is a developing city that has a beautiful atmosphere and integrated transportation system so that it can support a healthy walking lifestyle. In addition, Alam Sutera is also home to various types of communities, ranging from student activity units to car lovers communities. The location of the site which is located in Alam Sutera and close to universities, offices, and residential areas makes the Cre-Active Social Hub a strategic third place and able to accommodate various needs of the third activities of the Alam Sutera community and its surroundings. Cre-Active Social Hub is designed to be a place for sustainable community development, a place in between for the people of Alam Sutera, and to make the environment mood more lively and pleasant.

 

Abstrak

Tinggal dan besar di daerah perkotaan dengan berbagai tekanan, baik dari rumah maupun tempat kerja atau sekolah, membuat masyarakat memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Masyarakat kota membutuhkan ruang antara tempat tinggal (first place) dan tempat kerja/ belajar (second place) yaitu third place. Third place penting bagi masyarakat kota untuk menjadi tempat di mana mereka bisa menjadi diri sendiri, bebas menyalurkan bakat dan minat, sekaligus bersosialisasi dan menjaga kebugaran di tengah sibuknya kota. Oleh karena itu, muncul kebutuhan akan sebuah perwujudan arsitektur berupa third place dengan creative hub untuk menyalurkan ide, kreativitas, bakat, dan minat serta active space untuk menjaga kebugaran, bersosialisasi, dan membangun komunitas. Alam Sutera merupakan sebuah kota berkembang yang memiliki suasana asri dan sistem transportasi terintegrasi sehingga dapat mendukung pola hidup berjalan kaki yang sehat. Selain itu, Alam Sutera juga merupakan rumah untuk berbagai jenis komunitas, mulai dari unit kegiatan mahasiswa hingga komunitas pecinta mobil. Lokasi tapak yang berada di Alam Sutera dan dekat dengan universitas, kantor, dan hunian membuat Wadah Aktivitas Kre-Aktif menjadi sebuah third place yang strategis dan dapat mewadahi berbagai kebutuhan third activities masyarakat Alam Sutera dan sekitarnya. Wadah Aktivitas Kre-Aktif dirancang untuk menjadi wadah bagi pembangunan komunitas yang berkelanjutan, menjadi tempat antara bagi masyarakat Alam Sutera, serta membuat suasana semakin hidup dan menyenangkan.

Article Details

Section
Articles

References

Anwar, F. (2017). Ini Sebabnya Hidup di Perkotaan Rentan Memicu Stres. Diakses pada 28 Agustus 2019, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3473095/ini-sebabnya-hidup-di-perkotaan-rentan-memicu-stres.

Butler, S. M. & Diaz, C. (2016). “Third Places” as Community Builders. Diakses pada 24 Juli 2019, dari https://www.brookings.edu/blog/up-front/2016/09/14/third-places-as-community-builders/.

Chiara, D. J & Michael J. C. (2001). Time Saver Standards for

Building Types 4th Edition. Singapura: McGraw-Hill.

Ching, F. D.K. (1996). Architecture: Form, Space, and Order 2nd Edition. Kanada: John Wiley & Sons.

Departemen Perdagangan RI. (2008). Perkembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025: Rencana Pengembangan 14 Subsektor Industri Kreatif Indonesia (2009-2015). Jakarta: Departemen Perdagangan RI.

European Creative Hub Network. (2016). How to Set Up a Creative Hub. Diakses pada 25 Agustus 2019, dari http://creativehubs.net/tools/Creative-Hubs-Madrid-Toolkit_Final.pdf.

Florida, R. (2012). The Rise of the Creative Class, Revisited. US: Basic Books.

Heidegger, M. (1971). Building, Thinking, Dwelling from Poetry, Language, Thought. US: Harper Colophon Books.

Heimsath, C. (1998). Behavioral Architecture. US: McGraw-Hill.

Indriani, R. (2017). Ini Penyebab Masyarakat Kota Alami Tingkat Stres Tertinggi. Diakses pada 28 Agustus 2019, dari https://www.suara.com/lifestyle/2017/04/12/170749/ini-penyebab-masyarakat-kota-alami-tingkat-stres-tertinggi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2015). Ekonomi Kreatif adalah Pilar Perekonomian Masa Depan. Diakses pada 25 Agustus 2019, dari https://kominfo.go.id/content/detail/5277/ekonomi-kreatif-adalah-pilar-perekonomian-masa-depan/0/berita.

McLaren, D & Agyeman, J. (2015). Sharing Cities: A Case for Truly Smart and Sustainable Cities. US: MIT Press.

Mulyadi, M. B. (2018). Latah Membangun ‘Creative Hub’ di Jakarta dan Kota Besar, Potensial Mendorong Ekonomi Kreatif? Diakses pada 24 Juli 2019, dari http://theconversation.com/latah-membangun-creative-hub-di-jakarta-dan-kota-besar-potensial-mendorong-ekonomi-kreatif-84609.

Neufert, E. (1990). Data Arsitek Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Oldenburg, R. (1989). The Great Good Place. US: Paragon House.

Panero, J. (1979). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga

Peterson, C. (2009). Happy Places: Third Places. dalam https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-good-life/200912/happy-places-third-places, diakses pada 24 Juli 2019.

Supriadi, D. (1994). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Tschumi, B. (2005). Event-Cities 3 Concept vs. Context vs. Content. US: MIT Press.

Tuan, Y. F. (1977). Space and Place: The Perspective of Experience. US: University of Minnesota Press.

_____. (2019). Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Perkembangannya. Diakses pada 25 Agustus 2019, dari https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/ekonomi-kreatif.html.