RUMAH KOPI

Henny Angkasa, Maria Veronica Gandha
| Abstract views: 17 | views: 15

Abstract

Kopi sebagai salah satu komoditas utama Indonesia berada di urutan ke sepuluh statistik komoditas ekspor utama Indonesia edisi tanggal 15 Januari 2019, dikutip dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Namun, kopi selain sebagai komoditas ekspor, masih memiliki banyak potensi. Salah satunya adalah pada sektor pariwisata dimana negara seperti Kolombia telah berhasil menarik lima juta pengunjung pada tahun 2009 dengan Taman Nasional Kopi miliknya. Indonesia sebagai negara keempat produksi kopi terbesar di dunia dengan 18 karakter biji yang tersebar dari sabang sampai merauke dapat mengadopsi kekayaan kopi tersebut sebagai identitas negara dan sebagai destinasi wisata. Berdasarkan ini, Rumah Kopi pun dirancang dengan tujuan untuk membangun ikon kopi di Indonesia. Dengan sentuhan fantasi, Rumah Kopi akan membawa pengunjung menjelajahi sejarah kopi dari pertama kali ia ditemukan sampai dengan sekarang. Perjalanan ini kemudian diklasifikasikan berdasarkan empat era yang dimulai secara berurutan dari zaman klasik, abad pertengahan, zaman renaissance, dan yang terakhir adalah zaman kontemporer.

Keywords

Fantasi; Indonesia; Kopi; Zaman; Wisata

Full Text:

PDF


Refbacks

  • There are currently no refbacks.