PERANCANGAN AREA KOMERSIAL BERBASIS DIGITAL INTERAKTIF DI GLODOK, JAKARTA BARAT

Main Article Content

Vincent Vincent
Denny Husin

Abstract

The emergence of the online store phenomenon that has developed since 2020, especially during the pandemic, has had a significant impact on conventional businesses such as offline stores, markets, and trade centers. The issue arose that spaces in the market area became very quiet, some of them were even forced to close their businesses. This problem is very serious considering the growing trend while the space in the market is static. The purpose of this study is to provide solutions and recommendations for space to create a new atmosphere that can help offline traders survive and compete. The research was conducted with a descriptive and qualitative approach to better understand the impact of this static space. The research method used is to utilize a descriptive and qualitative approach. The research steps began with a literature study, then continued with a survey for sampling which was continued with the distribution of questionnaires to collect customer opinion data regarding the experience of space and comfort in the space. The results of the study on the design of space in the surrounding shophouses show that to create an area that is attractive to the community, the initial step that needs to be taken is only a few shophouses. One way that can be applied is to add space functions, such as integrating an online shop platform. With this platform, sellers will find it easier to make transactions both online and offline, so that it can increase the attraction and visits of the community to the area. The novelty is designing a commercial place for traders with the concept of connectivity architecture andutilizing the shape of the surrounding buildings so as to create harmony between the masses and their surroundings.


Keywords: business; market; on line; trader; traditional


Abstrak


Munculnya fenomena online shop yang berkembang sejak tahun 2020, terutama di masa pandemi, memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis konvensional seperti toko offline, pasar, dan pusat perdagangan. Timbul isu ruang–ruang pada kawasan pasar menjadi sangat sepi, bahkan beberapa di antaranya terpaksa menutup usahanya. Masalah ini menjadi sangat serius dikarenakan tren yang terus berkembang sedangkan ruang pada pasar statik. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi dan rekomendasi ruang guna menciptakan suasana baru yang dapat membantu pedagang offline bertahan dan bersaing. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif dan kualitatif untuk memahami lebih dalam dampak ruang yang statik ini. Metode penilitian yang digunakan yaitu memanfaatkan pendekatan dekriptif dan kualitatif. Langkah penelitian diawali dengan melakukan studi literatur, kemudian dilanjutkan dengan survei untuk pengambilan sampel yang diteruskan dengan pembagian kuesioner untuk mengumpulkan data opini pelanggan mengenai pengalaman ruang dan kenyamanan dalam ruang. Hasil penelitian mengenai perancangan ruang pada ruko-ruko di sekitar menunjukkan bahwa untuk menciptakan kawasan yang menarik bagi masyarakat, langkah awal yang perlu dilakukan adalah meredesain beberapa ruko . Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menambah fungsi ruang, seperti mengintegrasikan platform onlineshop. Dengan adanya platform ini, para penjual akan lebih mudah melakukan transaksi baik secara daring maupun luring, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan kunjungan masyarakat ke kawasan tersebut. Kebaruannya adalah merancang tempat komersial untuk para pedagang dengan konsep arsitektur konektivitas dan memanfaatkan bentuk bangunan sekitar sehingga menimbulkan keselarasan antara massa dan sekitarnya.

Article Details

Section
Articles

References

Ardiansari, A. (2022). Pengaruh Adanya Sistem Penjualan Online Terhadap Pasar Tradisional Benowo Surabaya. Jurnal Mitra Manajemen, 6(4), 210-219.

Fatimah, T. (2014). SEJARAH KAWASAN PECINAN PANCORAN-GLODOK DALAMKONTEKS LOKALITAS KAMPUNG KOTA JAKARTA. In PROCEEDING SEMINAR NASIONAL “Membangun Karakter Kota Berbasis Lokalitas (pp. 129-139).

Gupta, A., Bansal, R., & Bansal, A. (2013). Online shopping: A shining future. International Journal of Techno-Management Research, 1(1), 1-10.

Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171-184.

Idriyanto, I. (2008). Analisis Pengaruh konektivitas terhadap Kawasan Glodok.

Paik, S. (2018). Architecture of Connections. Virginia: issuu.

Rohimi, S. (2024). Integrasi Lanskap dalam Desain Arsitektur BangunanKomersial.

Sunitha, C. K., & Gnanadhas, E. (2014). Online shopping-an overview.

Vignato, G. (2017). Connective Architecture in the Rock Monasteries of Kuca. Rivista degli studi orientali: XC, 1/4, 2017, 201-228.

Wiharja, E. (2024). Apa itu Area Komersial? Berikut Fungsi dan Contohnya.