PENERAPAN METODE BERTAHAP DAN MEKANISME SEDERHANA UNTUK MENGGALI BAKAT ANAK-ANAK AUTISME

Main Article Content

Dominikus Martin Sulistyawan
Franky Liauw

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) or autism is a group of neurological developmental disorders that impact social life and can manifest as difficulties in communication. The challenges faced by children with autism should not serve as a reason to treat them differently from parents or the surrounding community. They are entitled to a decent life and the same comfort as other typically developing children. Children with autism often exhibit remarkable potential and talent in various fields such as arts, music, mathematics, computer science, and more. Despite facing difficulties in communication and social interaction, they possess unique intelligence and creativity. According to a 2019 study conducted by the University of California, Davis, gradual methods such as observation, communication with parents, skills testing, collaboration with professionals, exploring activities, and providing support and praise have proven effective in uncovering the talents of children with autism. The ultimate goal of this research is to create an inclusive environment that supports the development of children with autism, enabling them to thrive and make meaningful contributions in various aspects of life. The study aims to discover the hidden talents and potentials of children aged 6-17 with autism, with the hope that it will contribute to enhancing their quality of life.


Keywords: Autism; Potential; Talent


Abstrak


Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme merupakan sekelompok gangguan perkembangan neurologis yang mempengaruhi kehidupan sosial yang dapat berupa sulit untuk berkomunikasi.  Gangguan autisme yang di alami oleh anak bukan menjadi alasan bagi mereka memperoleh perlakuan yang berbeda dari orang tua maupun masyarakat sekitar. Mereka berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan memiliki kenyamanan yang sama dengan anak normal lainnya. Anak-anak penyandang autisme sering kali memiliki potensi dan bakat yang luar biasa dalam berbagai bidang seperti seni, musik, matematika, ilmu pengetahuan komputer dan lainnya. Meskipun menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial, mereka memiliki kecerdasan dan kreativitas yang unik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, Davis pada tahun 2019 menyatakan bahwa metode bertahap seperti observasi, komunikasi dengan orang tua, pengujian keterampilan, berkolaborasi dengan professional, eksplorasi kegiatan dan dukungan dan pujian, metode-metode tersebut terbukti efektif dalam menemukan potensi bakat pada anak penyandang autisme. Penelitian ini bertujuan akhir untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung anak penyandang autisme agar mereka dapat berkembang dan memberikan kontribusi yang berarti dalam berbagai aspek kehidupan tanpa dibatasi oleh spektrum autisme yang mereka miliki dan untuk menemukan bakat dan potensi anak penyandang autisme yang masih terpendam dari anak berusia 6-17 tahun dengan harapan penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Brown, T. (2013). Design Thinking. Harvard Business Review, 1-11.

Data Sebaran Sekolah SLB. (2017). Jakarta.go. Retrieved October 29, 2023, from https://data.jakarta.go.id/dataset/data-alamat-sekolah/resource/20ecbe68-fa2a-418f-9b49-0a6aba90766b.

Emotion Analysis FaceReader. Noldus. Retrieved November 04, 2023, from https://www.noldus.com/facereader

Hurlock, Elizabeth B., et al. (1980). Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kanner, Leo. (1943). Autistic Disturbance of Affective Contact. Johns Hopkins University.

Labola, A, Yostan (2017). Data Anak Autisme Belum Akurat?. Retrieved October 29, 2023, from https://www.kompasiana.com/yos08/58eb4717af7a61ec1378f3e7/data-anak-autisme-belum-akurat?page=1&page_images=1.

Pallasmaa, J. (2005). The eyes ofthe skin. Architecture and the Senses. Chichester.

Rayport, Jeffrey F. and Leonard-Barton, Dorothy. (1997). Spark Innovation Through Empathic Design. Harvard Business Review: Nov. 1, 1997 pp. 107-119.

Wibowo, S. B., dan Nurlaila, S. (2017). Self Esteem Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30–34.