SIMULASI GERAK TERHADAP PENGARUH RUANG PADA PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TENAGA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA
Main Article Content
Abstract
The need for employment is still difficult for the people of Indonesia, especially for people who have physical limitations, which leads to unemployment and discrimination against them. In 2022 DKI Jakarta Province has 410,585 residents (BPS) who do not have a job (unemployed). The workforce in Indonesia is still dominated by low-skilled workers. The high unemployment rate in Jakarta is caused by the large number of untrained human resources or workers. Untrained human resources are caused by several factors such as an unsupportive economy, inequality between workers, and lots of competition between job seekers. The purpose of this research is to accommodate people with disabilities and the community with disabilities as a layer of society in Indonesia who need jobs to prepare them to have jobs. This study used a qualitative method by conducting a literature review, especially related to the theory of architectural empathy and principles of behavior for persons with disabilities. This study also conducted an analysis of the space requirements needed for persons with disabilities with disabilities as a place for workforce development. The concept of the influence of space on motion stimulation is one of the efforts to provide comfort for disabled users in conducting workforce training.
Keywords: affordance; space ; physical disability; workforce
Abstrak
Kebutuhan lapangan kerja dan diskriminasi terhadap kaum disabilitas masih terasa di masyarakat Indonesia, hal ini diakibatkan karena masih banyaknya pengangguran terutama pada kaum disabilitas. Kaum disabilitas terdapat beberapa jenis; Tunadaksa, Tunarungu, Tunanetra, Tunalaras, dan Tunagrahita. Pada penelitian ini mengangkat permasalahan tentang lapangan pekerjaan untuk kaum disabilitas Tunadaksa. Arsitektur sebagai disiplin ilmu sangat terkait dalam menjawab aspek keruangan yang terkait dengan kaum disabilitas dan ruang geraknya untuk penyediaan fasilitas pelatihan dan pengembangan tenaga kerja terutama penyandang tunadaksa. Penelitian ini bertujuan memberikan wadah untuk pelatihan dan pengembangan tenaga kerja tunadaksa berdasarkan simulasi gerak. Oleh karena itu metode yang dipakai adalah kualitatif dengan melakukan penelusuran kajian pustaka, terutama fenomenologi, affordance dan prinsip - prinsip perilaku bagi penyandang disabilitas, sehingga akan mendapatkan desain yang sesuai dengan kebutuhan disabilitas. Hasil dari penelitian ini berupa desain yang menjawab kebutuhan disabilitas tunadaksa pada ruang pelatihan dan pengembangan tenaga kerja berdasarkan ruang geraknya. Konsep pengaruh ruang terhadap stimulasi gerak merupakan salah satu usaha dalam memberikan kenyamanan bagi pengguna penyandang tunadaksa dalam melakukan pelatihan tenaga kerja.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur/ STUPA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseReferences
Apriyani N, author (1970) Aksesibilitas Penyandang disabilitas pengguna alat bantu gerak Pada Bangunan institusi pendidikan, Universitas Indonesia Library. Diakses dari: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20301276&lokasi=lokal (Accessed: 07 July 2023).
Arsitektur Lingkungan Dan Perilaku - UGM Press. Diakses dari: https://ugmpress.ugm.ac.id/id/product/arsitektur/arsitektur-lingkungan-dan-perilaku-pengantar-ke-teori-metodologi-dan-aplikasi.
A, G.P., Apsari, N.C. dan Mulyana, N. (no date) Penyandang disabilitas Dalam Dunia Kerja, Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial. Diakses dari: https://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/20499/0.
Databoks. (no date). Disabilitas. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/tags/disabilitas
Bogor, P., & Person. (2011). Diakses dari https://megapolitan.antaranews.com/berita/515/bbrvbd-cibinong-menjawab-tantangan-dunia-usaha
Dhungana. (2006). Disability in the global south: The Critical handbook. 138.
Grasindo. (no date). Arsitektur & Perilaku manusia, Google Books. Diakses dari: https://books.google.com/books/about/Arsitektur_Perilaku_Manusia.html?id=Ltvj89G2AP4C.
Hapsari, P. S. & Purnomo, A. (2015). Studi Ergonomi dan Anthropometri pada Fasilitas Publik bagi Kaum Difabel di Surakarta.
Hoffman, M. (2000). Adolescent rationality and development. 95.
Irawan, W., & Kusbiantoro, D. (2020). Diakses dari https://jatim.antaranews.com/berita/373804/dosen-untag-bantu-kembangkan-umkm-kerajinan-tangan-penyandang-disabilitas
Mardina, M. (n.d.). Diakses dari https://spa-pabk.kemenpppa.go.id/index.php/perlindungan-khusus/anak-penyandang-disabilitas/723-penyandang-disabilitas
Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. (2019). Pembukaan Akselerasi Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan di Kodam III/ SIliwangi TA.2019. Diakses dari https://www.kemhan.go.id/pusrehab/2019/07/31/pembukaan-akselerasi-rehabilitasi-terpadu-penyandang-disabilitas-personel-tni-dan-pns-kemhan-di-kodam-iii-siliwangi-ta-2019.html
Pallasmaa, J. (1994). The eyes of the skin : Architecture and the senses. 122.
Propiona, J.K. (no date) Implementasi aksesibilitas Fasilitas Publik bagi penyandang disabilitas, Jurnal Analisis Sosiologi. Diakses dari: https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/47635.
Sakernas. (2018). Analisis gender terhadap fenomena sosial.
Somantri, T. S., 2006, Psikologi Anak Luar Biasa, Jakarta: Refika Aditama.
Thohari, S. (no date) Pandangan disabilitas Dan Aksesibilitas fasilitas Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota malang, Indonesian Journal of Disability Studies. Diakses dari: https://ijds.ub.ac.id/index.php/ijds/article/view/38.
Zakiyah P, A. (2019). Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/65724/