REVITALISASI ASRAMA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR

Main Article Content

Teresa Josephine
Denny Husin

Abstract

The University of Indonesia (UI) is one of the favorite state universities where prospective students compete to be a part of the university. The university screens and selects students with potential and meet its standards. This makes student competition at UI quite tough which causes most of the students to experience stress symptoms that damage their mental health condition. UI, which is a leading state university, has caused many prospective students from other regions to migrate and get positions at this university. UI facilitates the needs of its overseas students with student dormitory facilities which are usually intended for middle to lower-middle-class overseas students. The phenomenon of the presence of overseas students in the UI area requires the presence of a proper hostel as an accommodation. The issue of research on dormitory design in this study is the high-stress resolution in students related to the daily space that is run. The purpose of this study is to offer a dormitory design that prioritizes design steps in the form of systems, programs, and types as well as units that prioritize the psychology of UI migrant students. The research method used is a qualitative method that includes psychological factors related to the formation of space in architecture. The findings from this study are that the existence of a dormitory as a space for students' daily activities has unfavorable conditions that trigger stress for UI overseas students caused by intense academic competition. Therefore, this design is based on architectural psychology standards while still considering affordable design outputs for dormitories. This is achieved by applying floor elevation, increasing the number of open spaces as communal, and focusing the design on one view orientation as a stress release.


Keywords:  architecture; dormitory; psychology; revitalization; student


Abstrak


Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas negeri favorit di mana para calon mahasiswanya berlomba-lomba untuk dapat menjadi salah satu bagian dari universitas tersebut. Universitas ini menyaring dan memilih para mahasiswa yang berpotensi dan memenuhi standarnya. Hal ini membuat persaingan mahasiswa pada UI  dapat dikatakan cukup berat yang menyebabkan sebagian besar mahasiswanya mengalami gejala stres yang merusak kondisi kesehatan mental mereka. UI yang menjadi universitas negeri unggulan menyebabkan banyaknya calon mahasiswa dari daerah lain untuk merantau dan mendapatkan posisi di dalam universitas ini. UI memfasilitasi kebutuhan mahasiswa perantaunya dengan fasilitas asrama mahasiswa yang biasanya diperuntukan bagi mahasiswa perantau menengah ke bawah. Fenomena kehadiran mahasiswa perantau di kawasan UI ini membutuhkan kehadiran asrama yang layak sebagai sebuah akomodasi. Isu penelitian desain asrama pada penelitian ini adalah penyelesaian stres yang tinggi pada mahasiswa terkait dengan ruang keseharian yang dijalankan. Tujuan penelitian ini menawarkan sebuah desain asrama yang memprioritaskan langkah-langkah desain berupa sistem, program, dan tipe serta unit yang mengedepankan psikologis mahasiswa perantau UI. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif yang menyertakan faktor-faktor psikologis terkait dengan pembentukan ruang dalam arsitektur. Temuan dari penelitian ini adalah adanya asrama sebagai ruang berkegiatan sehari-hari mahasiswa memiliki kondisi yang kurang mendukung sehingga memicu munculnya stres para mahasiswa perantau UI yang disebabkan oleh persaingan akademik yang ketat. Oleh karena itu, perancangan ini didasarkan pada standar-standar psikologi arsitektur dengan tetap mempertimbangkan keluaran desain yang terjangkau bagi asrama. Hal ini dicapai dengan menerapkan permainan elevasi lantai, memperbanyak ruang-ruang terbuka sebagai komunal, dan memusatkan desain pada satu orientasi view sebagai stress release.

Article Details

Section
Articles

References

Astiyan, N. P., & Harianto, S. (2022). Konstruksi Sosial Mahasiswa Urban di Kota Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 307-310.

Bakrie, M. (2019, Agustus 19). Menristekdikti Umumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019, Fokuskan Hasil dari Perguruan Tinggi. Diambil kembali dari Kemendikbud: https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2019/08/19/menristekdikti-umumkan-klasterisasi-perguruan-tinggi-indonesia-2019-fokuskan-hasil-dari-perguruan-tinggi/

Bermadi, M. A. (2020). Perancangan Gedung Art Center di Nitiprayan, Yogyakart dengan Pendekatan Architecture Psychology.

Danisworo, M., & Martukusumo, W. (2002). Revitalisasi Kawasan Kota; Sebuah Catatan Dalam Pengembangan dan Pemanfaatan Kawasan Kota.

Dewi, E. L. (2018). Coping Stress pada Mahasiswa Rantau Tingkat Pertama Ditinjau dari Tingkat Religiusitas.

Gusanto, R., & Winata, S. (2019). Fasilitas Asrama dan Belajar Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal STUPA.

Kemenristekdikti. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/indicator/28/481/1/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta.html

Khan, R. D., & Wulandari, R. (2016). Studi Kompirasi Fasilitas dan Standar Asrama di Indonesia: Studi Kasus 5 Universitas. Jurnal Idealog.

Kusuma, A. I., Setyaningsih, W., & Iswati, T. Y. (2018). Penerapan Arsitektur Kontekstual pada Revitalisasi Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Mulyadi, M. (2018). Asrama Mahasiswa Universitas Tanjungpura. Jurnal online mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura.

Nathania, J. (2016). Asrama Mahasiswa Putri Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Sleman, Yogyakarta.

Santoso, & Merlyn, T. (2017). Revitalisasi Pasar Johar Semarang dengan Pendekatan Arsitektur Indische.

Santoso, T. M. (2017). Tinjauan Revitalisasi, Arsitektur Indische, Tata Ruang dan Tampilan . Skripsi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sasongko, M. N., Suyanto, M., & Kurniawan, M. P. (2020). Analisis Kombinasi Warna pada Antarmuka Website Pemerintah Kabupaten Klaten. Jurnal Teknologi Technoscientia, 128.

Statistik, B. P. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/indicator/28/481/1/jumlah-perguruan-tinggi1-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2017-2018.html

Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis Stres dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa. Jurnal Online Psikologi.

Supandi, I. (2020). Sejarah Asrama UI. Diambil kembali dari Asrama UI: https://asrama.ui.ac.id/site/sejarah

Supandi, I. (2023, Januari 12). UI Stabil sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Berdasarkan Webometrics. Diambil kembali dari Universitas Indonesia: https://www.ui.ac.id/ui-stabil-sebagai-perguruan-tinggi-terbaik-di-indonesia-berdasarkan-webometrics/