PENERAPAN METODE TIPOLOGI ARSITEKTUR PADA KANTOR DAN GUDANG KRIYA KERAMIK LOKAL

Main Article Content

Anggellina Anggellina
Martin Halim

Abstract

Ceramics is one of the handicrafts that has existed since ancient times. Ceramic is one of the oldest handicraft products recorded in human civilization and culture. Ceramics in Indonesia are thought to have been influenced by immigrants from Southeast Asia. Unfortunately, the Indonesian people have little role in the history of ceramics, so the history of Indonesian ceramics is less well known to many people. After the Covid-19 pandemic, many ceramic craftsmen who sell offline are now out of business, craftsmen have difficulty marketing their products because of the difficulty of finding markets online. The DKI Jakarta Tourism and Culture Office once said that it wanted the public to take part in the development of Indonesian fine arts, especially ceramics. The purpose of this project is to become a forum for ceramic craftsmen who can accommodate the work of these ceramic craftsmen, and help market their work, in addition to improving Indonesia's creative economy. Another goal of this project is to introduce local artisans to the world's eyes. The method used in this project is the typological method. From the existing typology, it was rethought to form a new typology that will be applied to this project. The novelty in this design is an office that provides a space that can vent the emotions of its workers in the space provided. Then on the building applied a lot of greenery to help relieve the psychological fatigue of the workers.

 

Keywords:  ceramics ; ceramics craftsmen ; office ; psychological ; warehouse

 

Abstrak

Kerajinan keramik adalah salah satu kerajinan tangan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Keramik merupakan salah satu produk kerajinan tertua yang tercatat dalam peradaban dan kebudayaan manusia. Keramik yang ada di Indonesia diperkirakan dipengaruhi oleh para imigran dari Asia Tenggara. Sayangnya, masyarakat Indonesia kurang berperan terhadap sejarah kerajinan keramik, sehingga sejarah mengenai kerajinan keramik Indonesia kurang diketahui banyak orang. Setelah pandemi Covid-19, para pengrajin keramik yang berjualan secara offline kini banyak yang gulung tikar, para pengrajin kesulitan memasarkan produknya karena sulitnya mencari pasar secara daring. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta pernah mengatakan bahwa menginginkan masyarakat ikut andil dalam perkembangan seni rupa Indonesia khususnya keramik. Tujuan dari proyek ini adalah menjadi wadah bagi pengrajin keramik yang dapat menampung hasil karya dari pengrajin keramik tersebut, serta membantu memasarkan karya mereka, selain itu untuk meningkatkan perekonomian kreatif Indonesia. Tujuan lain proyek ini adalah untuk  memperkenalkan  pengrajin lokal ke matadunia.  Metode yang digunakan pada proyek ini adalah metode tipologi. Dari tipologi yang sudah ada, dipikirkan kembali untuk membentuk sebuah tipologi yang baru yang akan diterapkan pada proyek ini. Kebaruan dalam hasil rancangan ini adalah sebuah kantor yang menyediakan sebuah ruang yang dapat melampiaskan emosi para pekerjanya pada ruangan yang telah disediakan. Kemudian pada bangunan diterapkan banyak penghijauan untuk membantu meredakan rasa lelah para pekerja secara psikologis.

Article Details

Section
Articles

References

Ching, F. D. (2008). Arsitektur Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Erlangga.

ePsikologi. (2020, Agustus 4). Psikologi Warna: Pengertian, Teori dan Manfaatnya Untuk Bisnis. Retrieved from epsikologi: https://epsikologi.com/psikologi-warna/

Gema, A. J., Priwanto, B., Sinaga, R., Tampubolon, S., Haryanto, E. T., Sutrisno, J., . . . Arifin, S. (2016). Panduan Pendirian Usaha Kriya Keramik. Jakarta Pusat: Be Kraf, Universitas Sebelas Maret.

Iswati. (2003). Tipologi Morfologi Ruang Dalam Rumah-Rumah di Kampung KudusanKotagede. Jurnal Arsitektur, 123.

Moneo, R. (1979). On Typology. A Journal for Ideas and Criticism in Architecture, Volume 13.

Pollio, V. (1914). The Ten Books on Architecture. Cambridge : Harvard university Press.

Tobing, A. G. (2019). Yuk Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik. DKI Jakarta: Berita Jakarta.