PENDEKATAN TIPOLOGI DALAM PERANCANGAN MUSEUM TRAGEDI PANDEMI DI PADEMANGAN, JAKARTA UTARA

Main Article Content

Gilbert Alexander Hutagaol
Diah Anggraini

Abstract

Museums are a means of learning and knowledge for the general public, especially knowledge about history and culture. Museums are basically made to commemorate various events in the past with documents to objects left behind. Historical objects stored in the museum are representations of past events that can be remembered and become common. Hopefully, it will be a lesson in the future. Seeing that the current level of visits to museums in Indonesia is still low, so a rethinking of the typology of museums is needed, which can remind the interest of the Indonesian people to make museums a means of knowledge and appreciation of Indonesian history. Meanwhile, the world is experiencing the Covid-19 pandemic. With the presence of the Tragedy museum, it will be a method of public learning to commemorate various tragedies in Indonesia, one of which is the tragedy of the Covid-19 pandemic. The data is also strengthened by WHO, where WHO reports that around 11,84,226 cases were confirmed with 545,481 deaths worldwide caused by the Covid-19 virus. However, the Covid-19 pandemic is not the only pandemic event that first appeared in the world, but the last pandemic event of several pandemics that have ever existed. So it is necessary for us to recall past pandemic events, which had the same impact as the Covid-19 pandemic, such as the Black Death, Spanish Flu, Asian Flu, AIDS/HIV, Cholera and Sars pandemics. Considering several tragedies that have occurred in the world, it is very important if these tragedies are picked up and reordered from one another, so that these tragedies can be interesting and learned for future generations by capturing historical moments about Tragedy in Indonesia. Therefore, by bringing the tragedy into a museum, it is hoped that in the next 10 years, the younger generation will be able to know and understand the conditions experienced by the world at the time of this epidemic, so that it can become reflection and learning for them in their daily lives. One way to make it happen is by designing a museum, namely the Tragedy Museum. It is hoped that this Tragedy Museum can be the best solution in increasing the younger generation visually about history, and can also increase their curiosity about science, so that the museum as a center of knowledge will continue to increase. and also more and more people are visiting the museum.

 

Keywords: Knowledge Center; Museum; Tragedy; Typology


ABSTRAK

Museum merupakan sarana pembelajaran serta pengetahuan untuk masyarakat umum, terutama pengetahuan mengenai  sejarah dan budaya. Museum pada dasarnya dibuat untuk mengenang berbagai macam kejadian di masa lalu dengan memperlihatkan dokumen hingga benda-benda yang ditinggalkan. Benda-benda bersejarah yang disimpan di museum merupakan representasi dari peristiwa di masa lalu yang dapat di kenang dan menjadi pengetahuan umum, Harapan  nya akan menjadi pembelajaran di masa depan. Melihat saat ini tingkat kunjungan ke museum di Indonesia masih rendah, Sehingga diperlukan suatu pemikiran ulang terhadap tipologi museum, yang dapat mengingatkan minat masyarakat Indonesia untuk menjadikan museum sebagai sarana pengetahuan dan menghargai sejarah Indonesia. Sementara itu, dunia sedang mengalami peristiwa pandemic Covid-19. Dengan kehadiran museum Tragedi akan menjadi metode pembelajaraan masyarakat untuk mengenang berbagai Tragedi yang ada di Indonesia, Salah satu nya adalah tragedi pandemic Covid-19. Data juga di perkuat oleh WHO, dimana WHO melaporkan bahwa sekitar 11.84.226 kasus konfirmasi dengan 545.481 kematian di seluruh dunia yang diakibatkan oleh Virus Covid-19. Namun Kejadian pandemi Covid-19 bukan satu-satunya kejadian pandemi yang pertama kali muncul didunia, melainkan kejadian pandemi terakhir dari beberapa pandemi yang pernah ada. Sehingga perlu untuk kita mengingat kembali kejadian pandemi dimasa lalu, yang dapaknya sama seperti pandemi Covid-19, seperti pandemi Black Death, Flu Spanyol, Flu Asia, AIDS/HIV, Kolera, dan Sars.Mengingat beberapa kejadian tragedi yang terjadi di dunia, hal ini sangat menarik jika tragedi ini diangkat dan diurutkan kembali satu persatu, sehingga tragedi ini dapat di kenang dan di jadikan pembelajaran bagi generasi di masa depan dengan cara mengabadikan momen bersejarah tentang Tragedi di Indonesia. Oleh karena itu, dengan mengangkat kejadian Tragedi ke dalam museum, diharapkan 10 tahun yang akan datang, generasi muda dapat tahu dan mengerti tentang kondisi yang dialami dunia pada saat terjadinya wabah ini, sehingga dapat menjadi renungan dan pembelajaran bagi mereka di kehidupan mereka sehari-hari. Salah satu cara mewujudkannya yaitu dengan merancang sebuah museum yaitu Museum Tragedi Harapannya Museum Tragedi ini bisa menjadi solusi terbaik dalam meningkatkan pengetahuan generasi muda secara visual mengenai sejarah, dan juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu mereka tentang ilmu pengetahuan, sehingga museum sebagai pusat pengetahuan akan terus meningkat, dan juga semakin banyak yang berkunjung ke museum. 


Article Details

Section
Articles
Author Biography

Gilbert Alexander Hutagaol, Program Studi S1 Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara

-

References

Baskoro, D. T. (2010). Memimpikan Museum yang Menarik Pengunjung. Medan: Balai Arkeologi Medan. BAS NO.26/2010.

Svarajati, T. P. (2009). Jangan Bangun Museum. Kompas, 25 Juni 2009.

Sutaarga, A. (1997 - 1998). Pedoman Penyelenggaraan dan Pengelolaan Museum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Kebudayaan, Proyek Pembinaan Permuseuman Jakarta.

http://beta.lecture.ub.ac.id/files/2014/02/06-tipologi-geometri.pdf

https://travel.kompas.com/read/2014/11/23/1102002/Museum.di.Indonesia.Masih.minat

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/KMK_No._HK.01.07-MENKES-413-2020_ttg_Pedoman_Pencegahan_dan_Pengendalian_COVID-19.pdf (ICOM, ICOM Code Of Ethics For Museum, 2013)

http://e-journal.uajy.ac.id/2227/3/2TA12623.pdf https://www.researchgate.net/publication/291074420_jurnal_e-musium

-Article%20Text-645-1-10-20190326.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/115192-ID-persepsi-kualitas-layanan-museumdi-indo.pdf

https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ornamen/article/download/817/819

https://utara.jakarta.go.id/Sejarah-Jakarta-Utara

http://jakgo-dev.smartcity.jakarta.go.id/artikel/konten/1522/jakarta-utara-kotamadya

http://www.b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id/mobile/berita/baca/358/Penyakit-Yang-Pernah-Menjadi-Wabah-Di-Dunia

https://id.wikipedia.org/wiki/Maut_Hitam