PERANCANGAN WADAH KREATIF DAN EDUKATIF REMAJA DENGAN METODE ARSITEKTUR KESEHARIAN DAN RESPOND TO SITE DI JOHAR BARU
Main Article Content
Abstract
The high level of population density in DKI Jakarta affects the level of population welfare, so that it can trigger various forms of social conflict, such as crime, high unemployment, environmental damage and poverty. Johar Baru Subdistrict was chosen because it is an area that is often involved in brawls between teenagers and adults. To get around this situation, a change is needed by changing daily patterns with activities that are expected to form a positive character and can give hope to Johar Baru youth so that they can improve the quality of life. This study uses everydayness architectural methods and respond to site methods as a basis for producing creative and educational design concepts that can provide hope for Johar Baru youth so that they can have big dreams and strong motivation, become productive, open, dynamic, and creative individuals as awareness, empowerment and fostering of communities in densely populated areas in the framework of creating security, preventing brawls, strengthening brotherhood, mutual cooperation and a clean and healthy environment. So that in the future it can become a facilities for positive activities to improve character, maximize potential, and increase productivity through skills training workshops, motivational activities, and art deepening activities according to talent interests.
Keywords: brawls; population density; social interaction; youth
Abstrak
Tingginya tingkat kepadatan penduduk di DKI Jakarta dapat memicu berbagai bentuk konflik sosial yang mempengaruhi kesejahteraan penduduk seperti tindak kriminalitas, tingkat pengangguran yang tinggi, kerusakan lingkungan serta kemiskinan. Kecamatan Johar Baru dipilih karena merupakan wilayah yang sering terlibat dalam aksi tawuran antar warga baik remaja maupun orang dewasa. Untuk menyiasati keadaan ini perlu dilakukan perubahan dengan cara mengubah pola keseharian dengan kegiatan yang dapat membentuk karakter yang positif dan dapat memberi harapan bagi remaja Johar Baru sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Studi ini menggunakan metode arsitektur keseharian dan respond to site sebagai dasar untuk menghasilkan konsep perancangan wadah kreatif dan edukatif yang dapat memberikan harapan untuk remaja Johar Baru. Melalui konsep tersebut remaja Johar Baru dapat mempunyai mimpi besar dan motivasi yang kuat, menjadi pribadi yang produktif, terbuka, dinamis, dan kreatif sebagai penyadaran, pemberdayaan dan pembinaan terhadap masyarakat di kawasan padat penduduk dalam rangka menciptakan keamanan, mencegah tawuran, mempererat persaudaraan, gotong-royong serta lingkungan yang bersih dan sehat. Wadah ini kedepannya dapat menjadi sarana kegiatan positif untuk memperbaiki karakter, memaksimalkan potensi, serta meningkatkan produktivitas melalui kegiatan workshop pelatihan keahlian, kegiatan motivasi, dan kegiatan pendalaman seni sesuai minat bakat.
Article Details
References
Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid. VII. (Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka, 1989), 192.
Hadiwono, A. (2020). Menuju Esensi Makna “Berhuni”, Kuliah Umum Tugas Akhir Studio Perancangan Arsitektur 8.30 Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara Jakarta. Jumat, 17 Juli 2020.
Jormakka. K. (2008). Basic Design Methods. Boston: Birkhauser.
Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. cet.14. Jakarta: Rajawali Pers.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2017). TAWURAN : BENTUK KESALAHAN REMAJA DALAM BEREKSISTENSI. Diunduh 4 Januari 2021, https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1405/tawuran-bentuk-kesalahan-remaja-dalam-bereksistensi
Mantra, B. I. (2007). Demografi Umum, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta. (2020). BERAPA KEPADATAN PENDUDUK DKI JAKARTA SAAT INI?. Diunduh 4 Januari 2021, http://statistik.jakarta.go.id/berapa-kepadatan-penduduk-dki-jakarta-saat-ini
Raho, B. (2004). Sosiologi – Sebuah Pengantar. Maumere: Ledalo.
Sarwono, S. W. (2006). Psikologi remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
Sutanto, A. (2020). Peta Metode Design. Jakarta:UNTAR.