PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGELOLAAN KAWASAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KAWASAN SCBD JAKARTA

Main Article Content

Gregorius Gerard
Nurahma Tresani
Nasiruddin Mahmud

Abstract

The global economy had been running dynamical in the last 5 years. Since, the emergence of the ASEAN Economic Community (AEC). COVID-19 also generate growth of digital economy platform. Unstable economic conditions have prompted the company's response to be more sensitive to consumer needs and responsive to changes in the market. SCBD as one of market leader in Jakarta’s CBD estate management Jakarta's CBD. The management of the SCBD area has responsibility operate the area properly and protect the area in the current situation and conditions. Service quality is an important component for a company. This study aims to determine the effect of area management service satisfaction on customer satisfaction in the SCBD Jakarta area using the Customer Satisfaction Index (CSI) method. Research shows that the CSI value of the SCBD area remains in the satisfactory category, but it still needs to be maintained while maintaining performance and improving the factors that still need to be improved. Regarding the pandemic, the factor of handling COVID-19 still needs to be maintained. In addition, there is a need for further discussion related to effective and efficient operational activities without sacrificing customer comfort. So, public trust can be improve and the activities in SCBD can be return as before.

 

Keywords:  CBD; customer; estate; management; satisfaction; SCBD

 

Abstrak

Perekonomian Global memiliki dinamika yang sangat tinggi dalam 5 tahun terakhir, mulai dari munculnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), berkembangnya perekonomian digital, serta bertumbuhnya platform perekonomian digital yang antara lain dipacu oleh adanya pandemi COVID-19. Namun kondisi perekonomian yang tidak stabil, mendorong respon perusahaan untuk semakin peka terhadap kebutuhan konsumen dan tanggap menghadapi perubahan dalam pasar. SCBD sebagai salah satu CBD Jakarta tentunya turut terdampak  secara perekonomian. Pengelola kawasan SCBD mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga kawasan agar dapat beroperasi dengan baik pada situasi dan kondisi saat ini. Kualitas pelayanan merupakan komponen penting bagi perusahaan untuk dapat bertahan dalam bisnis. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelayanan pengelolaan kawasan terhadap kepuasan pelanggan Kawasan SCBD Jakarta dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian menunjukkan nilai CSI Kawasan SCBD tetap  berada dalam kategori memuaskan pada kondisi saat ini, namun hal tersebut tetap perlu dipertahankan dengan tetap menjaga performa serta memperbaiki faktor-faktor yang masih perlu ditingkatkan. Terkait adanya pandemi, faktor penanganan COVID-19 tetap perlu dipertahankan. Selain itu perlu adanya pembahasan lebih lanjut terkait kegiatan operasional yang efektif dan efisien tanpa mengorbankan kenyamanan pelanggan. Hal tersebut dilakukan agar kepercayaan masyarakat untuk dapat beraktivitas kembali di SCBD seperti sediakala dapat terbangun kembali.

Article Details

Section
Articles

References

Amstrong, G & Philip, K. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Anoraga, P. (2000). Psikologi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Berman, B. and Joel R. E. (2003). Retail Management A Strategic Approach (Eighth Edition). New York: Maxwell MacMilan International Publishing Company.

Irawan, H. (2003). Prinsip-prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Elek Media Komputindo.

Kotler, P. & Armstrong, G. (1999). Principle of Marketing. 8 th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Magi, A. & Julander, C. R. (1996). Perceived service quality and customer satisfaction in a store performance framework. An empirical study of Swedish grocery retailers, Journal of Retailing and consumer services, 3(1) p.33-41.

Parasuraman, A. (2014). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.

Prenshaw, P.J., Straughan, R.D., & Anderson, R.D. (1998). The Relative Impact of Expectations, Performance, and Disconfirmation on Customer Satisfaction: The Moderating Role Of Buyer Expertise. In Proceedings of the Annual Meeting, Society for Marketing Advances, U.S.A., 65-70

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Wells, W. D. and Prensky, D. (2003). Consumer Behavior. 4th Edition. New York: John Wiley & Sons.

SCBD_Peraturan_Kawasan_SCBD_Umum (2017)

https://ruangexcel.blogspot.com/2016/02/cara-cepat-uji-reabilitas.html

https://www.semestapsikometrika.com/2020/02/berapa-ukuran-sampel-ideal-dalam.html?m=1

https://teorionlinejurnal.wordpress.com/2012/08/20/menentukan-ukuran-sampel-menurut-para-ahli/

https://agungbudisantoso.com/cara-menghitung-tingkat-kepuasan-pelanggan/