PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

William Wibowo
Ardiansyah Ardiansyah

Abstract

This research aims to determine whether there is an effect of leverage, sales growth, profitability and firm size on the value of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2018-2020. The sample was selected using purposive sampling method and the valid data was 36 companies. The data processing technique using panel data regression analysis assisted by the Eviews 12 program. The results of this study indicate that leverage has a significant and positive effect, sales growth has no effect on firm value, profitability and firm size have a significant and negative effect on firm value. The implication of this research is the need for attention to leverage, profitability, and company size in order to increase firm value.

Article Details

Section
Articles

References

Aditama, F. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi.

Ali, K. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public Di BEI. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. II. No. 1/Hal: 38–45.

Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide to Indonesian Capital Market), Mediasoft Indonesia, Jakarta.

Barton, S. L., Hill, N. C., & Sundaran, S. (1989). An emprical test of stakeholder theory prediction of capital structure. Journey of the financial management association, spring ratio valuation models. Journal of Finance & Accounting, 26(3), 393-416.

Beni, S. W. (2005). ”Analisis Empiris Perbedaan Kinerja Keuangan Antara Perusahaan yang Melakukan Stock Split Dengan Perusahaan yang Tidak Melakukan Stock Split : Pengujian The Signaling Hypotesis”, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. XVI, No. 3, Hal. 209 – 218.

Brealey, R. A., Myers, S. C., dan Marcus, A. J. (2013). Fundamentals of corporate finance (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Brigham, E. F., dan Daves, P. R. (2010). Intermediate financial management (9th ed.). (J. W. Calhoun, Ed.) Florence: Thomson Corporation.

Brigham, E. F., dan Houston, J. F. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (Edisi Kesepuluh, Buku Satu). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cecilia, R. S., dan Torong, M. B. (2015). Analisis pengaruh corporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Simposium Nasional Akuntansi, 18, 1-22.

Connelly, B. L., Certo, S. T., Ireland, R. D., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling theory: A review and assessment. Journal of management, 37(1), 39-67.

Darmawati, Deni., Khomsiyah, dan Rika Gelar Rahayu. (2005): “Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 8, No. 1; 65-81.

Dermawan, S. (2009). Manajemen Keuangan, edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Devi Verena Sari dan A. Mulyo Haryanto. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Diponegoro Journal Of Management. Vol.2, No. 3, Tahun 2013, Hal. 1 ISSN : 2337-3792.

Erica., & Lukman, H (2023). Factors Affecting Financial Performance In The Infrastructure Industry In Indonesia. International Journal of Application on Economics and Business. Vol. 1 (2), pp. 1-14.

Gitman, L. J., and Zutter, C. J. (2015). Managerial Finance, Edisi Ke-14. United Kingdom: Pearson.

Gudono. (2009). Teori Organisasi. Sleman: Pensil Press.

Gusni., dan Vinelda, A. (2016, Desember 17). Corporate governance, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Prosiding Seminar Nasional, 355-368.

Hansen., & Juniarti. (2014). Pengaruh family control, size, sales growth, dan leverage terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada sektor perdagangan jasa. Business Accounting Reviews, 2(1), 2014.

Hargiansyah, R. F. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1-6.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.

Moeljadi. (2014). Factors Affecting Firm Value: Theoretical Study on Public Manufacturing Firms in Indonesia. Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 5(2),6-15.

Munawaroh, A. (2014). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderating. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3,4,1-17.

Muhyarsyah. (2007). “Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 7 (2)

Pratama, A., dan Wiksuana. B. (2016). “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 5, No.2, h.1338-1367, ISSN 2302-8912

Safrida, Eli. (2008). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Thesis. (online), (www.google.com).

Salvatore, D. (2005). Ekonomi manajerial (5th ed.). (P. Wuriarti, Ed., dan I. S. Budi, Trans.) Jakarta: Salemba Empat.

Sansoethan., dan Suryono, (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 1

Sawir, A. (2004). Analisis kinerja keuangan dan perencanaan keuangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyapurnama, Y. S., dan Norpratiwi, A. M. V. (2006). “Pengaruh Corporate Governance terhadap Peringkat Obligasi dan Yield Obligasi”. Jurnal Akuntansi & Bisnis. Vol. 7. No. 2, Agustus 2007: 107-108

Siahaan, F. O. P. (2013). The Effect of Good Corporate Governance Mechanism, Leverage, and Firm Size on Firm Value. Journal on Business Review, 4, 137-142.

Tikawati. (2016). Pengaruh corporate governance, growth opportunity dan net profit margin (NPM) terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1, 2, 121-14

Torok, R. M., dan Cordon, P. J. (2002). Operational profitability (2nd ed.). Hoboken: Wiley.

Weygandt, J. J., Kieso, D. E., dan Kimmel, P. D. (2010). Financial accounting; IFRS edition (1st ed.). Hoboken: Wiley.

Wiagustini, N. L. P. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar. Udayana University Press.