ANALISIS PENGARUH LAYANAN BELANJA ONLINE TERHADAP PERJALANAN BERBASIS RUMAH DAN TEMPAT AKTIVITAS DENGAN METODE SEM

Main Article Content

James Salim
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

Transportation is an activity which moving a person or an object from one place to another place. Transportation is done not for desire, it is a derived demand for humans to do the activities for fulfiling their daily needs. Shopping is one of the activities that comply their daily needs. Nowdays, online shopping is a trend. Besides easy to do, online shopping can be done any where and any time because of its online system. Along with the growth of online shopping, a lot of people prefer online shopping rather than traditional shopping to shops, markets, shopping centers and other places. Thisthings could change number of people on doing shopping trips. Thisresearch aimsto find out what factors effects someone’s decision to shop online and find out wether online shopping has a direct effect on shopping trips done by people. Data for this reseach collected by quistionnaire. This research will be done with Structural Equation Modeling (SEM) Method. This research shows that experience and trust are strong factors on someone for making decision to shop online and shows that online shopping did not effect directly to people’s shopping trips.



ABSTRAK

Transportasi adalah kegiatan perpindahan tempat orang atau suatu benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi dilakukan bukan karena keinginan, melainkan sebuah kebutuhan turunan karena manusia harus melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Belanja adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belanja online sendiri menjadi sangat trend saat ini. Belanja online selain mudah untuk dilakukan, bisa dilakukan kapan saja, dimana saja karena sistemnya yang bersifat online. Seiring dengan perkembangan belanja online, tidak sedikit orang yang lebih memilih melakukan belanja online dibandingkan melakukan belanja langsung ke toko, pasar, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya. Hal ini bisa jadi mempengaruhi jumlah orang yang melakukan perjalanan belanja. Penelitian ini dilakukan mengetahui faktor apa saja yang berperan dalam keputusan seseorang melakukan belanja online dan mengetahui apakah belanja online berpengaruh secara langsung terhadap perjalanan belanja yang dilakukan masyarakat. Data untuk penelitian didapatkan melalui kuesioner. Penelitian ini akan menggunakan Metode Structural Equation Modeling atau SEM. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengalaman dan kepercayaan adalah dua faktor yang kuat dalam penentuan keputusan seseorang melakukan belanja online dan belanja online tidak mempengaruhi perjalanan belanja secara langsung

Article Details

Section
Articles

References

Grewal, et al. “Retail Branding and Costumer Loyalty: An Overview.” Journal of Retailing (2004).

Hendra, Y. N. R., E. Wirza dan Irawan M. Z. “Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Belanja.” Jurnal Transportasi 15 (1) (2015): 31-40.

Prihandini, T.I. dan S. Sunaryo. “Structural Equation Modelling (SEM) dengan Model Strukturan Regresi Spasial.” Prosiding Seminar Nasional Statistika. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Sutoyo, A. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist Interview, Kuisioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Tjakranegara, S. Hukum Pengangkutan Barang dan Penumpang. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Vaitkevicius, S. dan Mazeikiene E. “Economic Demand Formation Motives in Online-Shopping.” 2019. Diunduh dari https://www.researchgate.net/ publication/337974980.