ANALISIS PENGARUH LAYANAN PESAN MAKANAN ONLINE TERHADAP PERJALANAN BERBASIS RUMAH DAN BERBASIS TEMPAT AKTIVITAS
Main Article Content
Abstract
Transportation is the movement of people or goods using equipment or vehicles to and from geographically separated places. The development of technology in Indonesia affects daily lifestyles, such as the existence of the internet, so that Indonesian people can now access various information quickly and easily. With the existence of an online food ordering service, it is easier for people to order food without having to go out or travel. This can affect the number of people who travel out to buy food. This study was conducted to determine what factors play a role in a person's decision to order online and find out whether online food ordering has a direct effect on trips to buy food directly by the public, and to find out the comparison of online food order services. The data for this research is collected through online questionnaires. This research will use the One-Sample T-test Test Method. From the results of the study found that service and trust are two influential factors in determining someone's decision to order food online, and respondents choose GrabFood application better in service.
ABSTRAK
Transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis. Perkembangan teknologi yang ada di Indonesia mempengaruhi gaya hidup sehari hari seperti dengan adanya internet, sehingga masyarakat Indonesia kini dapat mengakses berbagai informasi dengan cepat dan mudah. Dengan adanya layanan pesan makanan online masyarakat lebih mudah memesan makanan tanpa harus keluar atau berpergian. Hal ini dapat mempengaruhi jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan keluar untuk membeli makanan. Penelitian ini dilakukan mengetahui faktor apa saja yang berperan dalam keputusan seseorang melakukan pesan online dan mengetahui apakah pesan makanan online berpengaruh secara langsung terhadap perjalanan membeli makanan langsung yang dilakukan masyarakat, dan untuk mengetahui perbandingan layanan pesanan makanan online. Data untuk penelitian didapatkan melalui kuesioner online. Penelitian ini akan menggunakan Metode Uji One Sample T-test. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelayanan dan kepercayaan adalah dua faktor yang kuat dalam penentuan keputusan seseorang melakukan pesan makanan online dan responden memilih aplikasi GrabFood lebih baik dalam pelayanan.
Article Details
References
Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta. (2007).
Joko, Subagyo. Metode Penelitian Dalam Teori Praktek. Jakarta. 1997.
Nasution. Manajemen Transportasi, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1996.
Sugiono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2013.
Tamin, O, Z. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi: teori, contoh soal dan aplikasi.. Bandung. Penerbit ITB, 2008.
Warpani, Swardjoko. Merencanakan sistem perangkutan. Bandung. Penerbit ITB, 1990.