PENGARUH ERP TERHADAP PERBAIKAN PELAYANAN WAKTU TUNGGU DAN WAKTU TEMPUH TRANSJAKARTA PADA RUAS JALAN SUDIRMAN-THAMRIN

Main Article Content

Lorenzo Adiel Giovanni
Najid Najid

Abstract

Transjakarta is one of the public transportation facility provided by Indonesian government as a solution to decrease traffic problem, now the government plans to implement new traffic rules, Electronic Road Pricing. This study will focus on Jl. Jendral Sudirman and Jl. MH. Thamrin, this road is an access to offices and tourist attractions. To analyze vehicle volume, direct observation method will be used to get the volume, speed and traffic density. Direct observations were made by paying attention to private vehicles and heavy vehicles. With the observation data will get a graph of the relationship between speed and density that will be modified with questionnaire data. Questionnaire data is distributed to get the percentage of Transjakarta waiting time and travel time. It is expected that this analysis can find out the percentage of private vehicle users who will move to Transjakarta after the ERP implemented on the Sudirman and MH Thamrin street.


ABSTRAK

Transjakarta merupakan salah satu sarana transportasi umum yang diberikan pemerintah Indonesia sebagai solusi mengatasi kepadatan lalu lintas, namun untuk saat ini pemerintah berencana menerapkan aturan lalu lintas baru yaitu jalan berbayar atau Electronic Road Pricing. Pada penelitian ini, dibahas mengenai kondisi lalu lintas Jl. Jendral Sudirman dan Jl. MH. Thamrin, ruas jalan ini merupakan akses pengguna jalan untuk menuju perkantoran dan tempat wisata. Untuk menganalisa volume kendaraan akan digunakan metode observasi langsung untuk mendapatkan volume, kecepatan dan kepadatan lalu lintas. Observasi langsung dilakukan dengan memperhatikan kendaraan bermotor roda empat dan dua, serta kendaraan berat. Dengan data observasi akan didapat grafik hubungan antara kecepatan dan kedapatan yang akan dimodifikasi dengan data kuesioner. Data kuesioner disebar untuk mendapatkan persentase pelayanan waktu tunggu dan waktu tempuh bus Transjakarta, Diharapkan pada analisis ini dapat mengetahui presentase pengguna kendaraan pribadi yang akan beralih ke Transjakarta setelah diberlakukannya ERP di ruas jalan Jendral Sudirman dan MH. Thamrin.


 

Article Details

Section
Articles

References

Abubakar, Iskandar. "Manajemen Lalu Lintas". jakarta: TRANSINDO Gastama Media, 2012.

Direktorat Jendral Bina Marga. "Manual Kapasitas Jalan Indonesia". 1997.

P.Joko Subagyo ."Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek." Jakarta: Aneka Cipta, 2011.

Rompis, Semuel Y.R. dan Freddy Jansen. “Pengaruh Penerapan Road Pricing Pada Ruas Jalan”. Sipil Statik (2019): 103-112. Web. 23 Juni. 2020.

Saksono, Bani, Darmaningtyas dan Achmad Izzul Waro. Manajemen Transjakarta Busway. Jakarta: Transindo Gastama Media, 2012.

Susantono, Bambang. "Electronic Road Pricing (ERP) Salah Satu Solusi Masalah Kemacetan di Kota Jakarta". Jakarta: Buletin Tata Ruang, 2008. Web. 26 Februari. 2020.

Susilo, Budi Hartanto dan Apriyanto Leontan. “Kajian Operasi Bus Rapid Transit Transjakarta dan Transmilenio Bogota”. (2007). Web 21 Juni. 2020.