ANALISIS EFEK BUKAAN PADA WAFFLE SLAB DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Raynaldo Feryanto, Leo Stefanus Tedianto
| Abstract views: 95 | views: 334

Abstract

Pelat dengan balok pendukung berupa balok grid atau balok 2 arah yang saling tegak lurus dikenal dengan nama Waffle Slab. Waffle Slab biasa digunakan untuk bangunan yang tidak memakai kolom di tengah-tengah bentangnya seperti ruang auditorium. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk meninjau apa efek dari adanya bukaan pada waffle slab dengan metode elemen hingga dengan memvariasikan ukuran dan posisi dari bukaan tersebut dan juga untuk mengetahui efek pemakaian stiffening ribs disekitar bukaan. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan konsentrasi tegangan lentur di sekitar bukaan yang mencapai lebih dari dua kali lipat dibandingkan tegangan lentur sebelum adanya bukaan. bukaan yang diletakkan pada bagian sudut dari pelat memberikan efek yang paling signifikan berupa peningkatan konsentrasi tegangan lentur yang paling besar. Selanjutnya besar tengangan lentur, lendutan, tegangan geser pons, dan momen lentur berbanding lurus dengan besarnya ukuran dari bukaan. Penggunaan stiffening ribs di sekitar bukaan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap berkurangnya konsentrasi tegangan lentur yang terjadi di sekitar bukaan dan besarnya lendutan yang terjadi pada pelat.

Keywords

Waffle slab; bukaan; konsentrasi tegangan; stiffening ribs

Full Text:

PDF

References

Choiron, A dan Purnowidodo Anindito, Dr.Eng. (2014). Modul Ajar Metode Elemen Hingga. Malang: Universitas Brawijaya.

Isworo, S.pd,. M.T., Razi Pathur Ansyah. (2018). Metode Elemen Hingga. Kalimantan selatan: Universitas Lambung Mangkurat.

Puspantoro, M.sc, Ir.Ign.Benny. (1993).Teori & Analisis Balok Grid. Yogyakarta: Andi Offset.

Rasheed Risna, P. Anima. (2017). “Effect of Spacing of Grid Beams and Opening Size in a Waffle Slab with Central Opening”. International Journal of Enigineering Research and General Science Volume 5, Issue 2.

Park, R. and Gamble, W.L. (1980) Reinforced Concrete Slabs (9th Ed.). Canada: John Wiley and Sons.

Singiresu S. RAO. (2004). The Finite Element Method in Engineering. Miami: Elsevier Science & Technology Books.

SNI 2847-2013. Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta. 2013.

Somasekhar Anjaly, Prabhakaran Preetha. (2016). “Analytical Investigation on Performance of Stiffened Waffle Slabs with Openings”. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering. e-ISSN:2278-1684.

Susanti, E., Youlanda, N. A., & Winaya, A. (2016). Studi perbandingan pelat berusuk dua arah (waffle slab) dan pelat konvensional (On-Line). Jurnal IPTEK, 20(1), 25-36



Refbacks

  • There are currently no refbacks.