FREKUENSI ALAMI DAN MODE SHAPE BALOK EULER-BERNOULLI DAN BALOK TIMOSHENKO DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Main Article Content

Filemon Arman
Leo Stefanus Tedianto

Abstract

Balok merupakan elemen struktur yang sering digunakan di berbagai konstruksi. Biasanya struktur balok dianalisis dengan Teori Balok Euler-Bernoulli karena paling sederhana. Namun, untuk balok tinggi, analisis dengan teori ini menjadi kurang akurat karena tidak memperhitungkan deformasi geser. SNI memberi syarat L/h (rasio panjang bentang terhadap tinggi penampang balok) yang kurang dari 4 untuk dianalisis dengan lebih akurat. Balok tinggi lebih cocok dianalisis dengan Teori Balok Timoshenko karena teori ini memperhitungkan deformasi geser. Studi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan perilaku dinamik frekuensi alami dan mode shape antara Teori Balok Timoshenko dengan Teori Balok Euler-Bernoulli. Analisis dengan Teori Balok Euler-Bernoulli mengeluarkan hasil yang tidak sesuai dengan Teori Balok Timoshenko jika rasio L/h balok terlalu kecil. Hasil analisis teoritis ini juga dibandigkan dengan hasil dari program berbasis elemen hingga. Analisis dengan program berbasis elemen hingga mengeluarkan hasil yang sesuai dengan Teori Balok Timoshenko. Dengan adanya program analisis struktur pada komputer, struktur dapat dianalisis menggunakan metode elemen hingga dengan waktu yang lebih cepat.

Article Details

Section
Articles

References

Carrera, E., G. Giunta, dan M. Petrolo. (2011). Beam Structure Classical and Advanced Theories, John Wiley & Sons, Ltd, United Kingdom.

Chopra, Anil K. (2007). Dynamics of Structures Theory and Applications to Earthquake Engineering, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Logan, Daryl L. (2012). A First Course in the Finite Element Method, Cengange Learning, United States.

Majkut, Leszek. (2009). “Free and Forced Vibrations of Timoshenko Beams Described by Singgle Difference Equation.” Journal of Theoretical and Applied Mechanics, Vol. 47, No. 1, hal. 193-210.

Mukherjee, A., Agnivo G. (2010). “Determination of Natural Frequency of Euler’s Beams Using Analytical and Finite Element Method.” Department of Mechanical Engineering.

Sacharissa, Z., Leo S. T. (2018). “Analisis Perbandingan Displacement pada Balok Euler-Bernoulli dan Timoshenko dengan Metode Finite Element.” Skripsi Teknik Sipil Universitas Tarumanagara.