ANALISIS VALUE ENGINEERING PADA PROYEK PERUMAHAN DJAJAKUSUMAH RESIDENCE

Hanifah Amelia, Hendrik Sulistio
| Abstract views: 193 | views: 353

Abstract

Pemilihan material pada konstruksi sebuah bangunan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mencapai perencanaan proyek yang efisien. Terdapat berbagai macam pilihan material mulai dari material komposit sampai dengan material non komposit. Dengan menggunakan value engineering dapat memungkinkan tercapainya perencanaan proyek yang efisien. Pada proyek perumahan djajakusumah residence terdapat beberapa pekerjaan konstruksi. Pekerjaan dinding merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki biaya tertinggi sehingga memiliki kemungkinan untuk dilakukan value engineering. Penelitian ini bertujuan untuk memndapatkan pilihan material terbaik untuk pekerjaan dinding menggunakan value engineering. Alternatif yang terdapat untuk pilihan material dinding dalam penelitian ini adalah bata merah, batako dan m-panel. Material dinding pada desain awal proyek djajakusumah residence adalah bata ringan. Metode yang digunakan untuk pengambilan keputusan dalam penelitian ini dengan membandingkan antara net present value (NPV) dengan value masing-masing alternatif.  Didapatkan hasil perbandingan antara NPV dengan value untuk desain awal bata ringan sebesar 5.34, bata merah sebesar 5.46, batako sebesar 4.87, dan m-panel sesbesar 5.05. Berdasarkan perbandingan tersebut didapatkan bahwa yang tertinggi adalah bata merah dengan hasil perbandingan 5.46 dan biaya konstruksi yang dimiliki bata merah adalah Rp52,942,866,059.83, sehingga menghemat biaya desain awal sebesar Rp 258,762,864.47. Dapat dinyatakan bahwa bata merah merupakan alternatif yang terbaik pada proyek perumahan djajakusumah residence.

Keywords

Value engineering; Net Present Value; Material

Full Text:

PDF

References

Borza, John. (2011). FAST Diagram:The Foundation. for Creating Effective Function Models. Trizcon Detroit.

El-Nashar, Walaa Younes dan Ahmed Hussien E. (2017). Value Engineering For Canal Tail Irrigation Water Problem. Ain Shams Engineering Journal.

El-Nashar, Walaa Younes. (2017). Effect of drains coverings on environment by using value engineering. Alexandria Engineering Journal.

Hansen, Seng. (2017). Quantity Surveying. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim, Bachtiar. (2001). Rencanaadan Estimate Real of Cost. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Khamelda, Lila, Benedictus Sonny Yoedono dan Anna Chatarina S.P.S. (2018). Perbandingan Karakteristik, Biaya dan Waktu Material Dinding Komposit dan Non Komposit. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia. Vol. 3: 108-121.

Kurniawan, Vincentius Utoro. (2009). Penerapan Value Engineering dalam Penyelenggaraan Infrastruktur Bidang Ke-PU-an di Lingkungan Departemen Pekerjaan Umum dalam Usaha Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Anggaran. Tesis . Depok: Universitas Indonesia.

Lantang, Fharel Novel. (2014). Perencanaan Biaya Dengan Menggunakan Perhitungan Biaya Nyata pada Proyek Perumahan (Studi Kasus Perumahan Green Hill Residence). Jurnal Sipil Statik. Vol.2: 73-80.

M, Diolana Prian dan Ferry Kurniawan A. (2017). Analisis Perbandingan Waktu, Biaya dan Direct Waste Pengguna Tulangan Konvensional, Wire Mesh dan Floordeck Pada Pekerjaan Plat Lantai. Jurnal Karya Teknik Sipil. Vol.6: 69-80.

Onibala, Etika Christin, Revo L. Inkiriwang dan Mochtar Sibi. (2018). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Dalam Proyek Pembangunan Sekolah SMK Santa Familia Kota Tomohon. Jurnal Sipil Statistik. Vol.6: 927-940.

Putra, Nyoman Dita Pahang dan Mudjahidin. (2009). Value Engineering Pembangunan Rusunawa. Jurnal Teknik Industri. Vol. 10, 173-179.

Pratiwi, Rahmawati Eka. (2012). Analisis Pengaruh Cost Management Terhadap Efisiensi pada Proyek Konstruksi Studi pada Perusahaan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 21: 62-71.

Sanchez, Grecia dan Linda Navarro. (2018). Value Engineering and Its Applications in Civil Engineering. Construction Research Congress.

Sasongko, Rinto. (2018). Survey Rekayasa Konstruksi. Malang: Polinema Press.

Simatupang, Juan Sebastian. (2015). Pengaruh Percepatan Durasi Terhadap Waktu pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pembangunan Persekolahan Eben Haezar Manado). Jurnal Sipil Statik. Vol. 3: 281-291.

Sugiarto, Teguh. Pengertian proyek konstruksi. Tersedia di www: https://docplayer.info/29762607-A-pengertian-proyek-konstruksi.html (10 Juni 2019).



Refbacks

  • There are currently no refbacks.