PENERAPAN METODE MONTE CARLO PADA PENJADWALAN PROYEK SERPONG GARDEN APARTMENT

Felix Septian Wijaya, Hendrik Sulistio
| Abstract views: 490 | views: 626

Abstract

Proyek konstruksi selalu penuh dengan ketidakpastian, misalnya dalam hal ketidakpastian waktu penyelesaian, yang dapat menyebabkan risiko kerugian baik bagi kontraktor maupun pemilik proyek. Untuk meminimalkan dampak risiko tersebut, telah dikembangkan metode penjadwalan dengan mempergunakan durasi probabilistik salah satunya adalah Metode Monte Carlo. Pada penelitian ini dilakukan simulasi Monte Carlo dengan berdasarkan durasi pekerjaan optimis, paling disukai, dan pesimis hasil survei pada pihak kontraktor Serpong Garden Apartement. Simulasi pada skripsi ini menggunakan software Crystal Ball dan distribusi data yang digunakan adalah distribusi triangular. Setelah dilakukan simulasi ini selanjutnya akan di analisis dan dibandingkan dengan jadwal durasi rencana, optimis, paling disukai, dan pesimis. Perbedaan jadwal yang di analisis dan di bandingkan adalah durasi akhir proyek dan besar probabilitas selesainya sesuai dengan jadwal.Hasil dari perbandingan jadwal yang dilakukan pada skripsi ini terdapat perbedaan penjadwalan pada durasi akhir yakni durasi optimis selama 80 minggu, durasi paling disukai selama 114 minggu, durasi pesimis selama 157 minggu, dan durasi hasil simulasi selama 123 minggu. Perbedaan jadwal pada proyek Serpong Garden Apartement bila dibandingkan dengan penjadwalan menggunakan metode Monte Carlo adalah lama durasi dan besar probabilitas penyelesaian proyek. Lama durasi jadwal rencana selama 121 minggu dengan probabilitas sebesar 37.16%. Sedangkan durasi hasil metode Monte Carlo selama 123 minggu dengan probabilitas sebesar 48.32%.

Keywords

Monte Carlo; durasi; penjadwalan; probabilitas

Full Text:

PDF

References

Aulabih, Royyan. (2016). Penerapan Metode Monte Carlo pada Penjadwalan Proyek Gedung Dinas Sosial Kota Blitar. Skripsi.Malang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya.

Fadjar, A. (2008). Aplikasi Simulasi Monte Carlo dalam Estimasi Biaya Proyek. Jurnal SMARTek.6 (4):222-227.

Filbert, Hans. (2017). Model Simulasi Prediksi Durasi Probabilistik Proyek Konstruksi Dengan Crystal Ball. Skripsi.Jakarta: Program Studi Teknik Sipil Universitas Tarumanagara.

Handoko, Swasono Widi. (2001). Pengukuran Reabilitas Durasi Proyek dan Penjadwalan Pelaksanaan Konstruksi dengan Pendekatan Statistika Program Evaluation and Review Technique (PERT) dan Monte Carlo Simulation (MCS).Tesis.Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Kumalasari, Aulia Indira. (2017). Alternatif Pemilihan Metode Penjadwalan dan Estimasi Biaya Proyek dengan Menggunakan Simulasi Monte Carlo Pada Pembangunan Gedung Neo Condotel Batu.Skripsi.Malang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang.

Labombang, Matsura. (2011). Manajemen Risiko dalam Proyek Konstruksi. Jurnal SMARTek.Vol 9 No.1:39-46.

Shahtaheri, Maryam , Carl T. Haas dan Tabassom Salimi. (2016). A Stochastic Simulation Approach for the Integration of Risk and Uncertainty into Megaproject Cost and Schedule Estimates.JournalASCE Library.

Soeharto, I. (1998). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid I, Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Suardika, I. Nyoman dan I Wayan Darya Suparta. (2017). Aplikasi Simulasi Monte Carlo untuk Penjadwalan Proyek Konstruksi Menggunakan Microsoft Project.Jurnal Prosiding Sentrinov.Vol. 3



Refbacks

  • There are currently no refbacks.