ANALISIS TANAH EKSPANSIF DENGAN PERBAIKAN SEMEN PUTIH DAN SEMEN HITAM MENGGUNAKAN UCT

Elendra Elendra, Aniek Prihatiningsih
| Abstract views: 45 | views: 77

Abstract

Dalam bidang geoteknik tanah berperan penting dan merupakan langkah awal yang pen-ting dalam bidang konstruksi yang berkaitan erat dengan struktur sebuah bangunan. Tanah ekspansif adalah tanah yang kandungan lempungnya memiliki potensi kembang-susut akibat perubahan kadar air sehingga mengakibatkan perubahan volume tanah.   Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat pengaruh perbaikan tanah ekspansif yang dicampur semen hitam dan semen putih dengan kadar 3%, 6%, dan 9% dalam waktu pemeraman 9 hari, 12 hari, dan 15 hari. Kesimpulan yang dapat ditarik dari pengujian ini adalah tanah ekspansif yang dicampur dengan semen putih memiliki daya dukung tanah dalam bentuk nilai kuat tekan bebas yang lebih besar dibandingkan dengan semen hitam. Nilai kuat tekan bebas tertinggi didapatkan dari pengujian dengan campuran semen putih 9% dengan waktu peram 15 hari yaitu 1004.02 kN/m2.

Keywords

Tanah Ekspansif, Semen Putih, Semen Hitam; Kuat Tekan Bebas; Daya Dukung Tanah

Full Text:

PDF

References

Ali, M. dan Satibi, S. (2015). Pengaruh Penambahan Semen terhadap Kuat Geser Lempung Sebelum dan Sesudah Penjenuhan. Jom FTeknik Volume 2 Nomor 1. Universitas Riau

ASTM Standard D 2166-00. 2000. Standart Test Method for Unconfined Compressive Strength for Cohesive Soil. ASTM International, West Conshohocken, PA

Das, Braja M. (1991). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis) Jilid I. Penerbit Erlangga. Jakarta. Das, Braja M. dan Sobhan, K. (2012)

Principles of Geotechnical Engineering 8 th edition, SI. Amerika. Hardiyatmo, H. C. (2002). Mekanika Tanah I. Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.