PENENTUAN KAPASITAS JALAN ENAM LAJUR DUA ARAH TERBAGI DENGAN METODE MKJI, KONSEP PKJI, DAN SURVEI

Kelvin Tirtakusuma, Najid Najid
| Abstract views: 63 | views: 65

Abstract

Kapasitas jalan secara umum dapat diartikan sebagai jumlah kendaraan maksimum yang dapat dilayani arus lalu lintas dalam periode waktu tertentu. Kapasitas jalan dipengaruhi banyak faktor, antara lain hambatan samping, ukuran sebuah kota, lebar lajur, dan pemisah jalan. Ruang lingkup pada penelitian ini dikhususkan untuk jalan enam lajur dua arah terbagi. Pada penelitian ini peneliti mencari jalan yang identik dengan hanya memiliki satu perbedaan khususnya perbedaan jumlah hambatan samping dan ukuran kota. Hambatan samping dapat diartikan sebagai dampak kinerja lalu lintas dari aktivitas samping segmen jalan. Peneliti melakukan penelitian dikarenakan belum ada yang melakukan kajian pencarian kapasitas jalan khusus hanya untuk jalan enam lajur dua arah. Dari hasil pengolahan data akan didapat nilai kapasitas jalan dengan perbedaan faktor ukuran kota dan nilai kapasitas jalan dengan perbedaan faktor hambatan samping. Pada jalan enam lajur dua arah koefisien determinasi mendektai satu, maka model greenshield dapat dimodelkan untuk mengetahui kapasitas jalan menurut survei menggunakan Gambar kepadatan dan kecepatan. Pada jalan enam lajur dua arag terbagi MKJI dan PKJI memiliki kesamaan pada nilai-nilai faktor yang digunakan untuk perhitungan kapasitas jalan dan juga kecepatan arus bebas, metode yang digunakan dalam perhitungan kapasitas jalan dan juga kecepatan arus bebas juga sama. Naming istilah pada penamaan faktor penyesuaian berbeda. Ada juga perbedaan pada jenis kencdaraan, pada MKJI hanya ada 3 jenis kendaraan sedangkan pada PKJI terdapat 4 jenis kendaraan.

Keywords

Kapasitas Jalan, Hambatan Samping, Ukuran Kota, Jalan Enam Lajur Dua Arah

Full Text:

PDF

References

Direktoral Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Bina Jalan Kota, Direktorat Bina Marga RI dan SWEROAD. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.

Najid. (2015). Evaluasi Penentuan Kapasitas Jalan Berdasarkan Metode MKJI. FT. Teknik Sipil Universitas Tarumanagara. Jakarta.

Najid. (2016). Evaluasi dan Penentuan Nilai Satuan Mobil Penumpang Pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia. FT. Teknik Sipil Universitas Tarumanagara. Jakarta.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.