PENGARUH KARAKTERISTIK PERJALANAN SEKOLAH DAN MODA TRANSPORTASI YANG DIGUNAKAN TERHADAP PEMILIHAN SEKOLAH DI JABODETABEK

Main Article Content

Aldo Aldo
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

Sekolah merupakan salah satu tempat pendidikan untuk belajar. Setiap individu memiliki pilihan sekolah masing – masing. Sarana dan prasarana yang lebih lengkap dari sekolah yang lain lebih diminati daripada sekolah yang memiliki sarana dan prasarana kurang lengkap atau sekolah yang letaknya strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum juga lebih diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria pemilihan sekolah, menganalisis moda transportasi yang digunakan dan karakterisitik perjalanan sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online (54 orang) dan offline (50 orang) terhadap individu yang mempunyai anak usia 5 -15 tahun atau anak yang bersekolah pada tahap TK sampai SMP di JABODETABEK. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode one sample t-test dan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan hal yang paling mempengaruhi dalam kriteria pemilihan sekolah yaitu, reputasi sekolah, keuangan orangtua, fasilitas non-akademik sekolah, dan kesempatan anak mengembangkan kreativitas dan minat khusus. Mayoritas para orangtua menggunakan kendaraan pribadi mengantar anaknya pergi ke sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Arredondo, E. M., Elder, J. P., Ayala, G. X., Campbell, N., Baquero, B. dan Duerksen, S. (2006). “Is Parenting Style Related to Children’s Healthy Eating and Physical Activity in Latino Families?”. Health Education Research, 21, 862-871. doi:10.1093/her/ cyl110.

Bawa, K. dan Ghosh, A. (1999). “A Model of Household Grocery Shopping Behavior”. Marketing Letters, 10, 149-160.

Boerkamps, J.H., van Binsbergen, A.J., Bovy, P.H.L. (2000). “Modeling Behavioural Aspects of Urban Freight Movement in Supply Chains”. Transportation Research Record, 1725,.17-25.

Goswami, Paromita dan Mishra, Mridula S. (2008). Would Indian Consumers Move From Kirana Stores to Organized Retailers When Shopping for Groceries?”. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. DOI 10.1108/135558509101926281.

Gonzales-Feliu, J., Toilier, F., Routhier, J.L. (2010). “End Consumer Goods Movement Generation in French Medium Urban Areas”. The Sixth International Conference on City Logistics. Elsevier Ltd, 1877-0428.

Guy, C.M., Wringley, N., (1981). A Long-Term Grocery Shopping Diary Survey in Cardiff. Social Science Research Council.

Hampson, D.P., McGoldrick, P.J. (2013). “A Typology of Adaptive Shopping Patterns in Recession”. Journal of Business Research, 66(7), 831-838.

Hartman Group National Syndicated Research. (2018). Food Shopping in America 2017 Report Overview. Amerika: Hartman Group.

Kirby-Hawkins, E. (2016). Designing a Location Model for Face to Face and On-Line Retailing for the UK Grocery Market. ProQuest Dissertations Publishing, 10662053.

Larson, N. I., Story, M., Eisenberg, M. E. dan Neumark-Sztainer, D. (2006). “Food Preparation and Purchasing Roles Among Adolescents: Associations with Sociodemographic Characteristics and Diet Quality”. Journal of the American Dietetic Association, 106, 211-218. doi:10.1016/j.jada.2005.10.029.

Lotoski, L.C., Engler-Stringer, R., Muhajarine, N. (2015). Cross-Sectional Analysis of a Community-Based Cooperative Grocery Store Intervention In Saskatoon, Canada. Canadian Journal of Public Health, 106(3), 147–153

Rotem-Mindali, O., Weltevreden, J.W.J. (2013). “Transport Effect of E-Commerce: What Can Be Learned After Years Of Research?”. Transportation, 40, 867-885.

Routhier, J.L., Traisnel, J.P., Gonzales-Felius, J., Henriot, F., & Raux, C. (2009). ETHEL-II. Rapport final. (dikutip pada Sun, Y.L., TARIGAN, A., Waygood, A., Wang, D.H., 2017. Diversity in Diversification: an Analysis of Shopping Trips in Six-Week Travel Diary Data. Journal of Zhejiang University-SCIENCE A (Applied Physics & Engineering), ISSN 1862-1775 (Online)).

Smith, M.F., Carsky, M.L. (1996). “Grocery Shopping Behaviour: a Comparison of Involved and Uninvolved Consumers”. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 3 No. 2, pp. 73-80.