ANALISIS METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA FASILITAS HALTE TRANSJAKARTA KORIDOR 3

Main Article Content

Adrian Nobel Gilland
Najid Najid
Hokbyan R.S. Angkat

Abstract

The purpose of this study is to evaluate the performance of Transjakarta Corridor 3 bus stops from the perspective of passengers using the Importance Performance Analysis (IPA) method. The performance assessment of Transjakarta Corridor 3 bus stop facilities are based on 26 statements used to assess performance and expectations. The data used was obtained through filling out questionnaires by respondents who had used the TransJakarta Bus Corridor 3. The results of the analysis show that there are 9 statement items (34.6154%) that are in the A quadrant, namely the statements that need to be improved because they are the top priority, 7 statement items (26.9231%) that are in the B quadrant that must be maintained in performance, 3 statement items (11.5385%) that are in the C quadrant that are considered less important by users, and 7 statement items (26.9231%) that are in the D quadrant that are considered less important but have high performance. Based on the results of the analysis of passenger satisfaction with the bus stop facilities as a whole, it can be concluded that passengers are dissatisfied with most of the facilities at the Transjakarta Corridor 3 bus stops.


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja fasilitas halte-halte Transjakarta Koridor 3 dari sudut pandang penumpang dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penilaian kinerja fasilitas halte-halte Transjakarta Koridor 3 didasarkan pada 26 pernyataan yang digunakan untuk menilai kinerja dan harapan. Data yang digunakan diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden yang pernah menggunakan Bus TransJakarta Koridor 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 9 butir pernyataan (34,6154%) yang berada di kuadran A, yaitu pernyataan yang perlu diperbaiki kinerjanya karena merupakan prioritas utama, 7 butir pernyataan (26,9231%) yang berada di kuadran B yang harus dipertahankan kinerjanya, 3 butir pernyataan (11,5385%) yang berada di kuadran C yang dianggap kurang penting oleh pengguna, dan 7 butir pernyataan (26,9231%) yang berada di kuadran D yang dianggap kurang penting namun memiliki kinerja tinggi. Berdasarkan hasil analisis kepuasan penumpang terhadap fasilitas halte secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penumpang merasa tidak puas dengan sebagian besar fasilitas yang ada di halte-halte Transjakarta Koridor 3.

Article Details

Section
Articles

References

Chandra, E., & Putranto, L. S. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Fasilitas Bus Transjakarta Koridor 9. Jurnal Mitra Teknik Sipil, 7(2), 709–720.

Kadir, A. (2006). Transportasi: Peran dan Dampaknya dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah WAHANA HIJAU, 1(3), 121-131.

Kanafani, A. (1983). Transportation Demand Analysis. Berkley: University Of California.

Karim, H. A., Lesmini, L., Sunarta, D. A., Suparman, A., Yunus, A. I., Khasanah, Marlita, D., Saksono, H., Asniar, N., Andari, T. (2023). Manajemen Transportasi. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Majdina, N.I., Pratikno, B., & Tripena, A. (2024). Penentuan Ukuran Sampel Menggunakan Rumus Bernoulli Dan Slovin: Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(1), 73-84.

Manheim, L. M. (1979). Fundamental Transportation Systems Analysis, Volume I, Basic Concept. The MIT Press.

Rahma, S., Wijayanti, D. A., Ismiyati, & Purwanto, D. (2014). Penyediaan Transportasi Umum Masa Depan Di Kota Semarang. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1).

Rosyid, A., Setiawan, M. I., Nasihien, R. D., Razi, M. A. M., Isradi, M., Muchayan, A., Damayanti, E., Purworusmiardi, T., Harmanto, D., & Sukoco, A. (2021). Jakarta, Role Model Integrasi Tranportasi Publik Di Indonesia. In eMobility | Sustainable Mobility, Public Transportation,And GIS Technology To Support Regional Development In Indonesia (Pertama, pp. 57–81). IPEST.

Schafer, A. (1998). The global demand for motorized mobility. Transportation Research, 455-477.

Siregar, S. A., Rafii, A., & Pakpahan, A. (2022). Evaluasi Tarif Angkutan Umum Penumpang Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Studi Kasus Angkutan Kota Lin 02 Pijorkoling-Kota). 5(1).

Veronika, M.M., & Pontan, D. (2019). Identifikasi Tingkat Faktor Kepuasan Pengguna Halte Transjakarta. Prosiding Seminar Intelektual Muda 1, 339-342.