ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN PADA RUAS JALAN GERBANG SEBENAQ – SIMPANG TBA MENGGUNAKAN METODE PCI

Main Article Content

Flora Emiliana Long
Arif Sandjaya

Abstract

The pavement condition assessment of Gerbang Sebenaq – Simpang TBA Road was conducted using the pavement condition index (PCI) method to evaluate the extent of road damage. The analysis revealed that the road condition is predominantly in the excellent category (69%), followed by very good (8%), good (4%), fair (8%), and poor (11%). Most of the road segments are in optimal condition, but the segments categorized as poor require special attention. Recommendations include routine maintenance for segments in excellent to good condition, minor rehabilitation for fair segments, and comprehensive repairs for segments classified as poor. This approach aims to preserve road quality and optimize pavement service life.


Abstrak


Penilaian kondisi perkerasan pada Ruas Jalan Gerbang Sebenaq – Simpang TBA dilakukan menggunakan metode pavement condition index (PCI) untuk mengevaluasi tingkat kerusakan jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi jalan didominasi oleh kategori sempurna (69%), diikuti oleh sangat baik (8%), baik (4%), sedang (8%), dan buruk (11%). Mayoritas jalan berada dalam kondisi optimal, namun segmen dengan kategori buruk memerlukan perhatian khusus. Rekomendasi yang diberikan meliputi pemeliharaan rutin pada segmen yang masih dalam kondisi baik hingga sempurna, rehabilitasi ringan untuk kategori sedang, serta perbaikan menyeluruh pada segmen yang masuk kategori buruk. Pendekatan ini bertujuan untuk menjaga kualitas jalan dan mengoptimalkan umur layan perkerasan.

Article Details

Section
Articles

References

Al Faritzie, H., Firda, A., & Aprilyanti, S. (2022). Identifikasi dan analisis kerusakan jalan pada ruas Jalan Siaran Sako Kota Palembang. Bearing: Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil, 7(4), 223-229.

Google. (2024). Google earth. Terkini. Diambil November 28, 2024, from https://www.google.com/maps/search/sebenaq+mahakm+ulu/@0.5183793,115.2233742,1232m/data=!3m1!1e3?entry=ttu&g_ep=EgoyMDI0MTEyNC4xIKXMDSoASAFQAw%3D%3D

Hasrudin, L., & Maha, I. (2024). Analisis penilaian kondisi perkerasan jalan dengan metode PCI (pavement condition index), SDI (surface distress index) dan IRI (international roughness index). Journal Syntax Idea, 6(04), 1882-1898. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i4.3201

Hermawan, R., & Tajudin, A. N. (2021). Evaluasi kerusakan perkerasan lentur dengan metodi PCI dan SDI (studi kasus: Jalan Jatisari, Karawang). JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 4(4), 845-854. https://doi.org/10.24912/jmts.v4i4.12565

Hidayat, S. R. (2018). Kajian tingkat kerusakan menggunakan metode PCI pada ruas jalan Ir. Sutami kota Probolinggo. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 1(2), 65-71.

Hutaruk, A. G. (2015). Prediction of road pavement condition analysis using HDM-4 approach for road rehabilitation (case study: National road BTS. Kota Gresik-Sadang) [Thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember]

Juwita, F., & Ariadi, D. (2018). Analisis jenis kerusakan perkerasan lentur menggunakan metode pavement condition index (study kasus Jalan Ratu Dibalau Bandar Lampung). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi): Jurnal Program Studi Teknik Sipil, 8(1), 66-78.

Kairupan, D. R., Sompie, B., & Timboeleng, J. (2012). Optimasi pengelolaan jaringan jalan provinsi dengan menggunakan program integrated road management system (IRMS). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 2(3), 191-196.

Labaso, E., Ishak, M., & Kasan, M. (2023). Evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan surface distress index (SDI) studi kasus Jalan Pue Bongo – Kota Palu. Civil Engineering Journal on Research and Development, 3(2), 67-74.

Lestari, I. G. A. I., & Istri, G. A. A. (2013). Perbandingan Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur. Jurnal Transportasi, 7(1), 133-134.

Presiden Republik Indonesia. (1980). Undang-undang Republik Indonesia nomor 13 tahun 1980 tentang jalan (UU No. 13 Tahun 1980).

Putra, W. K., Nurdin, A., & Bahar, F. F. (2022). Analisis kerusakan jalan perkerasan lentur menggunakan metode pavement condition index (PCI). Jurnal Teknik, 16(1), 41-55. https://doi.org/10.31849/teknik.v16i1.9542

Rabiupa, W. A., Rijal, K., & Dewi, N. P. (2023). Analisis kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga dan PCI pada Jalan Tgh. Lopan-Bundaran Gerung. Empiricism Journal, 4(1), 192-202. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1213