ANALISIS DAN KALIBRASI PARAMETER DRIVING BEHAVIOR PADA SIMPANG TAK BERSINYAL JALAN PERKOTAAN

Main Article Content

Yunita Senja Pratiwi
Pipit Rusmandani

Abstract

VISSIM adalah software mikro-simulasi arus lalu lintas multimoda yang digunakan secara luas dalam menentukan kinerja lalu lintas dan perencanaan alternatif. Namun, karena pengaturan bawaan dari perilaku pengemudi yang disimulasikan berbeda dengan kondisi di lalu lintas di Indonesia, kalibrasi diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara mendapatkan data driving behavior, melakukan kalibrasi, dan validasi sehingga hasil simulasi VISSIM merepresentasikan kondisi eksisting. Penelitian dilakukan melalui survei lapangan dengan mengamati perilaku kendaraan dan mengukur jarak antar kendaraan. Proses kalibrasi yaitu penyesuaian parameter perilaku pengemudi driving behavior sampai pemodelan dapat valid. Hasil dari Validasi menunjukkan bahwa setelah sekali kalibrasi, nilai GEH pada setiap kaki simpang < 5, menandakan model diterima dan valid. Hasil MAPE pada kaki simpang Selatan dan Utara < 10 (Sangat Baik), sedangkan pada kaki simpang Barat berada pada rentang 10-20 (Baik). Analisis menunjukkan bahwa nilai GEH dan MAPE yang diuji dalam sekali kalibrasi menunjukkan nilai yang valid. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa observasi langsung dapat menjadi metode yang efektif dalam mendapatkan parameter driving behavior. Hasil kalibrasi dan validasi menunjukkan bahwa model VISSIM dapat merepresentasikan kondisi eksisting dengan baik. Peran parameter driving behavior sangat penting dalam kevalidan pemodelan VISSIM. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai driving behavior yang selama ini menggunakan angka dari kajian-kajian sebelumnya atau dengan trial and error sebenarnya dapat dicari dengan cara survei langsung dengan hasil yang lebih cepat dan efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Abdi, G. N., Priyanto, S. , & Malkamah, S. (2019). Hubungan Volume Kecepatan dan Kepadatan lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman.

Anggoro, D. E., & Kusuma, A. (2019). Kalibrasi Mikrosimulasi PTV VISSIM 11 Pada Simpang Bersinyal. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Chrisnatalia, M., Putri, D. K., Benedictus, S., & Liwun, B. (2023). Perilaku Mengemudi Berisiko. Humanitas, 7(3), 305–318.

Dazhahres Aufa, Pipit Rusmandani, & Rizal Aprianto. (2021). Mikrosimulasi Penerapan Simpang Bersinyal Terkoordinasi Menggunakan Software Vissim Di Kabupaten Boyolali.

Irawan, M. Z., & Putri, N. H. (2015). Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda.

Jepriadi, kornelius. (2022). Kalibrasi dan Validasi Model Vissim untuk Mikrosimulasi Lalu Lintas pada Ruas Jalan Tol dengan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) Kornelius Jepriadi. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety, 9(2), 110–118. https://doi.org/10.46447/ktj.v9i2.439

Lubis, M., Batubara, H., & Hidayat Batubara, F. (2023). Analisis Dan Simulasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Menggunakan Program Micro Simulator Ptv Vissim (Studi Kasus). JTSIP, 2(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JTSIP

Romadhona, P. J., Ikhsan, T. N., & Prasetyo, D. (2019). Aplikasi Permodelan Lalu Lintas: PTV VISSIM 9.0. UII Press Yogyakarta.

Rusmandani, P., Pria Anggana, E., Sasmito, A., Manajemen, D. /, Transportasi, K., Politeknik, J. /, Jalan, K. T., & Manajemen, M. /. (2020). Mikrosimulasi Kinerja Simpang Bersinyal Dengan Menggunakan Software Surrogate Safety Assessment Model (Ssam) Di Kota Malang (Studi Kasus: Simpang Terusan Sulfat) (Vol. 14, Issue 2).

Septyaningrum, I. M., Anindita, R. Y., & Ktopianto, Y. (2022). Traffic Signalizing Application at Unsignalized Intersection Applying Vissim Software Microsimulation. RSF Conference Series: Engineering and Technology, 2(2), 294–306. https://doi.org/10.31098/cset.v2i2.583