ANALISIS PERBANDINGAN METODE PERBAIKAN TANAH PADA KONSTRUKSI JALAN TOL DI ATAS TANAH GAMBUT

Renaldo Arisugan, Aniek Prihatiningsih
| Abstract views: 47 | views: 19

Abstract

Pertambahan jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap tahunnya menjadikan beban pada jalan meningkat. Hal ini menjadi hal yang cukup menarik perhatian dan harus diwaspadai bagi para kontraktor ketika membangun jalan, yaitu agar jalan tidak mengalami penurunan atau keruntuhan. Maka itu daya dukung tanah dan penurunan pada tanah harus diperhatikan ketika membangun jalan. Metode perbaikan tanah menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mempercepat penurunan dan meningkatkan daya dukung. Banyaknya metode perbaikan tanah yang terus berkembang seiring berjalannya waktu perlu diteliti dan dianalisis agar dapat diaplikasikan secara efektif untuk setiap kasus konstruksi. Pada penilitian ini akan dibahas mengenai metode perbaikan tanah yang cocok dan efektif pada pembangunan jalan tol diatas lahan gambut. 

Keywords

perbaikan tanah; tanah gambut; stone column; cerucuk kayu; micropile

Full Text:

PDF

References

FHWA NHI-05-039 . (2005). Micropile Design and Construction. United States: U.S. Department of Transportation Federal Highway Administration.

Global Wetlands. (2019). Global Wetlands. Diakses Maret, 2021, from www2.cifor.org: https://www2.cifor.org/global-wetlands/

Matthew, C., & Makarim, C. A. (2020). Analisis Timbunan di Atas Lapisan Tanah Gambut. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil , 323-336.

Rusdiansyah. (2016). Asumsi Sistem Cerucuk sebagai Alternatif Solusi dalam Penanganan Kelongsoran Lereng Jalan di Atas Tanah Lunak. Prosiding Seminar Nasional Geoteknik , 250-278.

Saputro, W. T. (2018). Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur dan Rencana Anggaran Biaya pada Ruas Jalan Tol Seksi 4 Balikpapan – Samarinda Kalimantan Timur. Samarinda: Politeknik Negeri Samarinda.

Suherman, D. (1992). Laporan penelitian: "Perilaku Stone Column". Bandung: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

TEMPO.CO. (2019). Jokowi Pimpin Rapat Matangkan Rencana Pemindahan Ibu Kota. Dipetik Maret 8, 2021, dari nasional.tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/1200301/jokowi-pimpin-rapat-matangkan-rencana-pemindahan-ibu-kota/full&view=ok


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.