SUBSTITUSI FILLER DENGAN LIMBAH KARBIT TERHADAP CAMPURAN ASPAL PANAS HOT ROLLED SHEET – BASE COURSE (HRS-BC)

Main Article Content

Putri Devi Pratiwi
Dwi Kartikasari

Abstract

In hot asphalt mixtures, fillers are used, fillers are used as fillers between coarser aggregate particles, fillers also function to increase the binding energy (cohesion) of asphalt concrete. This study uses waste carbide as an alternative to filler in the HRS-BC asphalt mixture, this study aims to determine the results of the Marshall test, namely stability, VFWA, VMA, VIM, Flow, and MQ. This research uses experimental research method. Composition Variation The substitution of carbide waste used is 0%, 40%, 50%, and 60% of the weight of the filler. The results of the study obtained a mixture of 0% carbide waste with stability values of 871.13 kg, VFWA 75.18 kg, VMA 22.55 kg, VIM 7.01 kg, flow 3.80 mm, MQ 229.29. variation 40% stability value is 629.20 kg, VFWA 65.69 kg, VMA 25.09 kg, VIM 10.05 kg, flow 2.85 mm, MQ 226.52. variation of 50% stability value is 1011.76 kg, VFWA 72.75 kg, VMA 23.15 kg, VIM 7.72 kg, flow 2.50 mm, MQ 410.00. variation of 60% stability value is 1291.26 kg, VFWA 71.67 kg, VMA 23.41 kg, VIM 8.04 kg, flow 2.30 mm, MQ value 562.35. from the results of the study it can be concluded that the use of carbide waste at a variation of 60% is the most effective mixture according to the General Specifications Division 6: 2016 Asphalt Pavement.


ABSTRAK

Dalam campuran aspal panas digunakan bahan pengisi filler,Filler digunakan sebagai bahan pengisi antar partikel agregat yang lebih kasar,filler juga berfungsi meningkatkan energi ikat (kohesi) pada aspal beton. penelitian ini menggunakan limbah karbit sebagai alternatif pengganti filler pada campuran aspal HRS-BC, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian marshall test yaitu stabilitas,VFWA,VMA,VIM,Flow,dan MQ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen. Komposisi Variasi Substitusi limbah karbit yang digunakan sebesar 0%, 40%, 50%, dan 60% dari berat filler. hasil penelitian didapatkan campuran limbah karbit variasi 0% nilai stabilitas sebesar 871,13 kg, VFWA 75,18 kg, VMA 22,55 kg, VIM 7,01 kg, flow 3,80 mm, MQ 229,29. variasi 40% nilai stabilitas sebesar 629,20 kg, VFWA 65,69 kg, VMA 25,09 kg, VIM 10,05 kg, flow 2,85 mm, MQ 226,52. variasi 50% nilai stabilitas sebesar 1011,76 kg, VFWA 72,75 kg, VMA 23,15 kg, VIM 7,72 kg, flow 2,50 mm, MQ 410,00. variasi 60% nilai stabilitas sebesar 1291,26 kg, VFWA 71,67 kg, VMA 23,41 kg, VIM 8,04 kg, flow 2,30 mm, nilai MQ 562,35. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan limbah karbit pada variasi 60% adalah campuran yang paling efektif sesuai Spesifikasi Spesifikasi Umum Divisi 6 : 2016 Perkerasan Aspal.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Putri Devi Pratiwi, Universitas Islam Lamongan

semangatt meraih cita- cita dan semangat belajar

References

BSN. (2008a). SNI 1969-2008. cara uji berat jenis dan penyerapan air agregat kasar. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

BSN. (2008b). SNI 1970-2008. cara Uji Berat Jenis Dan Penyerapan Air Agregat Halus. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

BSN. (2011a). SNI 2433-2011. cara Pengujian Titik nyala dan Titik Bakar. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

BSN. (2011b). SNI 2434-2011. Cara Pengujian Titik Lembek Aspal. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

BSN. (2011c). SNI 2441-2011. cara Pengujian Berat Jenis Aspal. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

BSN. (2011d). SNI 2456-2011. Cara Pengujian Penetrasi Aspal. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Hardiyatmo, H. C. (2015). PEMELIHARAAN JALAN RAYA (Gadjah Mada University Press (ed.); kedua). Agustus 2015.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016). Spesifikasi Umum Divisi 6 Perkerasan Aspal. 1–118.

Mahendra, P., & Risdiato, Y. (2019). PEMANFAATAN LIMBAH KARBIT SEBAGAI MATERIAL PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL Pandu Mahendra Yogie Risdianto. 2 No. 2, 1–7.

Satyagraha, F. (2018). PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH BAN DALAM BEKAS KENDARAAN DAN FILLER LIMBAH KARBIT PADA LASTON (AC-BC) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL (pp. 1–93). Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiharto, M. (2015). Studi Penggunaan Limbah Las Karbit Sebagai Substitusi Sebagian Aspal Shell Pen 60. Xx(x), 1–12.

Zakir, R. F., Naumar, A., & Indra, K. (2020). PENGARUH PENGGANTIAN FILLER CAMPURAN ASPAL BETON LAPISAN AUS AC-WC. 2(Vol. 2 No. 2 (2020): Executive Summary Tugas Akhir Teknik Sipil Wisuda Akademik 74).