ANALISIS PENYEBAB BANJIR DAN SOULSINYA PADA PERUMAHAN KFT- CENGKARENG BARAT

Main Article Content

Christian Christian
Wati Asriningsih Pranoto

Abstract

One of the catalysm often found, causes by many factors and raises disruption of activities, to damaged of facilities and infrastructures is flood. Karyawan Film dan Televisi (KFT) Housing – West Cengkareng is one of the housing that often affected by flood. This thesis aims to find out the factors that cause floods in Perumahan KFT so can find the solutions. The data obtained were taken from BMKG, West Jakarta City Water Resources Department, and direct measurements in the review area. Rainfall analysis with data compatibility using Chi-Square and Kolmogorov-Smirnov methods to used at Rainfall capacity that analyzed by Mononobe method. Capacity of exsisting channels was analyzed by Manning method and capacity of planning channels was analyzed by Rasional method. On 2 year period have 13 of 84 channles that unable accommodate rainfall while on 1-3 January 2020 have 23 of 84 channels that unable accommodate rainfall. Analyzes result concluded that the flood factors in KFT housing – West Cengkareng was caused by the lack of existing canals capacity, low and sunken topography, garbage and the sediment at the bottom of the channel. Solutions to do are enlarge drainage channels and add more pump.


ABSTRAK

Salah satu bencana alam paling umum, yang terjadi karena berbagai sebab, serta menimbulkan kerugian seperti terganggunya aktifitas, hingga rusaknya sarana dan prasarana ialah banjir. Perumahan Karyawan Televisi dan Film (KFT) - Cengkareng Barat adalah salah satu perumahan yang sering terdampak banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi terhadap faktor penyebab terjadinya banjir di daerah Perumahan KFT. Data-data yang diperoleh diambil dari BMKG, Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Jakarta Barat, dan pengukuran langsung di daerah tinjauan.Curah hujan dianalisis dengan uji kecocokan menggunakan metode Chi-Square dan Kolmogorov-Smirnov untuk menentukan jenis distribusi yang digunakan di Intensitas hujan dengan metode Mononobe. Kapasitas saluran eksisiting dianalisis dengan Metode Manning dan kapasitas saluran rencana dianalisis dengan metode Rasional untuk mengetahui debitnya. Pada periode 2 tahun terdapat 13 dari 84 saluran yang tidak mampu menampung curah hujan pada periode 1-3 Januari 2020 terdapat 23 dari 84 saluran yang tidak mampu menampung curah hujan. Dari hasil analisa didapatkan penyebab banjir di kawasan Perumahan KFT – Cengkareng Barat adalah kurangnya kapasitas saluran eksisting yang kurang memadai, kontur wilayah yang mempunyai ketinggian yang sama, dan sampah di dasar saluran. Solusi yang dapat dilakukan dengan memperbesar saluran drainase dan menambah pompa.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Standarisasi Nasional. SNI 2415:2016 (Tata Cara Perhitungan Debit Banjir Recana). Badan Standardisasi Nasional, 2016.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemprov DKI Jakarta. Data jumlah penduduk kelurahan Cengkareng Barat. Portal Resmi Provinsi DKI Jakarta, 2020.

Haryono, Yosef. Drainase. Jakarta: Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, 2016.

Istiarto. Simulasi aliran 1-dimensi dengan bantuan paket program hidrodinamika HEC-RAS. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM, 2014.

Menteri Pekerjaan Umum. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014. Kementerian Pekerjaan Umum, 2014.

Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Jakarta Barat. Sebaran Titik Banjir kelurahan Cengkareng Barat. Sumber Daya Air Kota Jakarta Barat, 2020.

Suripin. Sistem Drainase Yang Berkelanjutan. Andi, 2004.

Upono, et al. “Pemilihan Distribusi Probabilitas Pada Analisa Hujan dengan Metode Goodness of Fit Test.” Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, vol. 18, no. 2, 2016, pp. 141-143.