ANALISIS KAPASITAS SALURAN DRAINASE TAMAN CIBODAS TANGERANG

Main Article Content

Tirto Wijaya Supiono
Arianti Sutandi
Vittorio Kurniawan

Abstract

Flood is a natural disaster which is caused by various factors and causes many losses. In Cibodas Park, Tangerang, especially Sangiang Jaya Village, it is recorded that it experiences flooding almost every year. This study aims to determine the factors that cause flooding in the area under study and provide a solution. The analysis carried out includes secondary and tertiary channels, which will be calculated by the Manning method to determine the discharge value of each channel, and then will be compared with the discharge value due to the maximum rainfall that occurs. Based on the calculation 36 of the 137 channels reviewed were not able to accommodate the discharge from rainfall that occurred during the 2 year return period. After analyzing it, it can be concluded that the flood in Taman Cibodas Tangerang, especially Sangiang Jaya Village, was caused by the lack of capacity of the existing channel to accommodate the discharge caused by the maximum rainfall. The solution for this is to redesign the existing channel, namely increasing the width and depth of the unsafe channel, as well as routine maintenance of the existing channel.

 

ABSTRAK

Banjir adalah sebuah bencana alam yang disebabkan oleh berbagai faktor-faktor dan menimbulkan banyak kerugian. Di Taman Cibodas Tangerang khususnya Kelurahan Sangiang Jaya tercatat mengalami banjir hampir pada setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya banjir pada daerah yang diteliti serta memberikan solusinya. Analisis yang dilakukan mencakup saluran sekunder dan tersier, yang akan dihitung dengan metode Manning untuk mengetahui nilai debit dari setiap saluran, dan kemudian akan dibandingkan dengan nilai debit akibat curah hujan maksimum yang terjadi. Berdasarkan perhitungan  36 dari 137 saluran yang ditinjau tidak mampu menampung debit dari curah hujan yang terjadi selama periode ulang 2 tahun. Setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa banjir di Taman Cibodas Tangerang khususnya Kelurahan Sangiang Jaya disebabkan oleh kurangnya kapasitas saluran eksisting untuk menampung debit yang disebabkan oleh curah hujan maksimum. Solusi untuk hal tersebut adalah melakukan desain ulang pada saluran yang ada yaitu memperbesar ukuran lebar dan kedalaman saluran yang tidak aman , serta pemeliharaan saluran yang ada secara rutin. 

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. “Kecamatan Cibodas Dalam Angka.” Kecamatan Cibodas (2018).

Badan Standardisasi Nasional. “SNI 2415:2016.” Tata cara perhitungan debit banjir rencana (2016).

—. “SNI 8456:2017.” Sumur Dan Parit Resapan Hujan (2017).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang. “Peta Sebaran Banjir dan Jaringan Drainase .” (2020).

Kementerian Pekerjaan Umum. “Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.” 12/PRT/M/2014 (2014).

NKRI Post. “Perumahan Taman Cibodas Dikepung Banjir.” NKRI Post (2020).

Upono, Togani Cahyadi dan Rini Kusumawardani. “Pemilihan Distribusi Probabilitas Pada Analisa Hujan dengan Metode Goodness of Fit Test.” Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, Nomor 2 Volume 18 (2016): 141-143.

Yosef Haryono, Sp. Buku Kuliah Drainase. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, 2016.