PENGARUH BOREDOM PRONENESS DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KECEPATAN SAAT MENGEMUDI DI JABODETABEK

Main Article Content

Gavriel Ganesia Prajitna
Leksmono Suryo Putranto

Abstract

Driving is an activity that contains a high risk such as loss, damage, loss, accidents and even death, so the drivers requires full attention with very high concentration. One of the causes of accidents experienced by some drivers is the result of several internal factors from the driver, one of the factors is boredom proneness. To be able to control all factors while driving, of course, good control skills are needed for the driver. One of the constructs that is able to explain this is the locus of control. In terms of driving on the road, drivers must also pay attention to personal safety by paying attention to vehicle speed. This research was conducted to determine the effect of locus control on boredom prone, boredom prone to speed, and control locus on speed. Data for research were obtained through online questionnaires. This research will be the method of Structural Equation Modeling (SEM). From the research results, it was found that the boredom proneness greatly affects a person's choice of speed. Meanwhile, the locus of control is a factor that slightly affects a person's speed selection. In addition, the locus of control is sufficient to affect a person's boredom proneness nature

 

ABSTRAK

Mengemudi merupakan kegiatan yang mengandung resiko tinggi seperti kerugian, kerusakan, kehilangan, kecelakaan bahkan kematian, dengan demikian pengemudi membutuhkan perhatian penuh dengan konsentrasi sangat tinggi. Salah satu penyebab kecelakaan yang dialami beberapa pengemudi adalah akibat beberapa faktor internal dari pengemudi tersebut, salah satu faktor nya adalah rawan bosan. Untuk dapat mengontrol semua faktor ketika mengemudi, tentu dibutuhkan kemampuan kontrol yang baik pada pengemudi. Salah satu konstruk yang mampu menjelaskan hal tersebut yaitu lokus kendali. Dalam hal mengemudi di jalan, pengemudi juga harus memperhatikan keselamatan diri dengan memperhatikan kecepatan kendaraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lokus kendali terhadap rawan bosan, rawan bosan terhadap kecepatan, dan lokus kendali terhadap kecepatan. Data untuk penelitian didapatkan melalui kuesioner secara online. Penelitian ini akan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rawan bosan sangat mempengaruhi pilihan kecepatan seseorang. Sedangkan lokus kendali merupakan faktor yang sedikit mempengaruhi  pemilihan kecepatan seseorang. Selain itu lokus kendali cukup mempengaruhi sifat rawan bosan seseorang.

Article Details

Section
Articles

References

Bustan, M. N. “ Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. (Jakarta).” (2007).

Julianto, E.N. “Hubungan antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan Siliwangi (Semarang).” Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan ,Vol.12, No.2 Juli 2010, hal: 151-160. (2010).

Kreitner and Kinicki. “Perilaku Organisasi. Edisi 5. (Jakarta).” (2004).

Nurliana, S., & Supani, A. “Rancang Bangun Alat Pemberi Isyarat Kecepatan Maksimum Melalui SMS Gateway Berbasis Mikrokontroler Pada Helm”. TEKNIKA, 12(2), 21-28. (2018).

Rotter, J.B. “Generalized Expectancies for Internal VeRSUDs External Control of Reinforcement.” Psychological Monographs, 80 (1, Whole No. 609). (1966).

Vodanovich, S. J. “The Essence of Boredom”. The Psychological record. 43: 3?12. (2016).