STUDI NUMERIK POLA GESER BLOK ALTERNATIF PADA SAMBUNGAN UJUNG BATANG TARIK PROFIL T

Main Article Content

Hendy Wijaya

Abstract

Geser blok merupakan salah satu kriteria yang harus dipenuhi dalam mendesain sambungan batang tarik pada komponen struktur baja. Hasil studi eksperimental yang dilakukan pada profil T yang disambung pada bagian sayap dengan alat penyambung baut memperlihatkan pola kegagalan geser blok yang diistilahkan dengan alternate path block shear (ABS) failure. Pola kegagalan ini masih belum diperhitungkan dalam peraturan baja terkini. Studi numerik telah dilakukan pada beberapa profil T yang ada di pasaran Indonesia dengan konfigurasi baut tertentu. Distribusi tegangan pun menunjukkan indikasi yang menyerupai kegagalan ABS tersebut. Makalah ini memaparkan hasil studi numerik dengan metode elemen hingga mengenai pengaruh dari mutu baja terhadap indikasi kegagalan ABS pada beberapa profil T. Mutu baja BJ 34, BJ 37, BJ 50, dan BJ 55 ditinjau pada studi ini. Dari 20 model yang dianalisis, seluruhnya memperlihatkan deformasi dan distribusi tegangan yang menyerupai kegagalan ABS. Hal ini menandakan bahwa adanya indikasi terhadap kegagalan ABS pada batang tarik profil T yang disambung dengan alat penyambung baut pada bagian sayap untuk semua jenis mutu baja di Indonesia.

Article Details

Section
Articles

References

Epstein, H. (1996). Block shear of structural tees in tension Alternate paths. AISC Engineering Journal, Fourth Quarter, pp. 147-152.

Epstein, H. & Stamberg, H. (2002). Block shear and net section capacities of structural tees in tension: Test results and code implications. AISC Engineering Journal, Fourth Quarter, pp. 228-239.

Geethu, C.V., Unni, K.G., Usha, S. (2014). Effect of connection eccentricity in the behavior of steel tension members. International Journal of Civil Engineering and Technology, Vol. 5, pp. 56-65.

SNI. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung. SNI 03-1729-2002.

SNI. (2015). Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural.

SNI 1729-2015.

Wijaya, H. & Suryoatmono, B. (2017). “Numerical study on alternate block shear failure mode of structural tee section loaded in tension”. The 3rd International SCESCM, Bali,September 5-7 2016, Vol. 171, pp. 865-873.