FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MBR MEMBELI RUSUNAMI DI KOTA BEKASI (STUDI KASUS: SENTRALAND & VIDA BEKASI)

Main Article Content

Mario Mailiando
Nurahma Tresani
Nasiruddin Mahmud

Abstract

Rumah Susun Sederhana Milik atau Rusunami adalah salah satu upaya Pemerintah menyediakan rumah tinggal yang layak khususnya untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan untuk mengatasi masalah backlog kepemilikan rumah. Peningkatan jumlah penduduk yang bertambah sekitar 4% setiap tahunnya ditambah ketersediaan lahan kosonguntuk perumahan yang semakin terbatas, membuat pengadaan rusunami menjadi sangat penting di kota Bekasi. Saat ini kota Bekasi telah memiliki sekitar 5 rusunami dan beberapa diantaranya adalah Sentraland Bekasi yang dikembangkan oleh Perumnas dan Teras Alun-Alun, Bekasi yang dikembangkan oleh Gunasland. Seratus persen penjualan tahap 1 Sentraland Bekasi terserap habis oleh kelompok MBR, namun Teras Alun-Alun hanya terserap sekitar 58,5%. Selain itu, mayoritas pembeli Teras Alun-Alun merupakan kalangan kelas menengah ke atas dan investor. Penelitian ini akan meneliti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli di Sentraland Bekasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi lost customer tidak membeli di Teras Alun-Alun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang kemudian akan dijelaskan secara deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli di Sentraland Bekasi adalah harga jualnya yang terjangkau yaitu di bawah Rp 200 juta/unit, kredibilitas Perumnas sebagai developer yang terpercaya, dan konsep Sentraland Bekasi yang terintegrasi dengan mall dan perkantoran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi lost customer tidak membeli di Teras Alun-Alun adalah harga jualnya yang mahal yaitu di atas Rp 300 juta/unit, lokasinya yang tidak strategis, dan masih terdapat banyak pilihan hunian tapak dalam radius 15 km dengan harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan Teras Alun-Alun.

 

Kata kunci: rusunami, keputusan membeli, MBR, Bekasi

 

Simple Owned Flats, mostly known as Rusunami is one of the Government's efforts to provide decent housing, especially for low-income community groups (MBR) and to overcome the problem of housing backlog. An increase in population of around 4% every year, along with the increasingly limited availability of vacant land for housing, making the procurement of rusunami very important in the city of Bekasi. At present time, at the city of Bekasi 5 rusunami have been built and some of them are Bekasi Sentraland which was developed by Perumnas and Teras Alun-Alun, Bekasi which was developed by Gunasland. One hundred percent of Phase 1 Sentraland Bekasi's sales were completely taken by the MBR group, while Teras Alun-Alun only had 58.5% of its units sold. In addition, the majority of Teras Alun-Alun buyers are upper middle class and investors. This study will examine the factors that influence buying decisions in the Central Bekasi and the factors that influence lost customers not purchasing Teras Alun-Alun. This research uses quantitative method which will then be explained descriptively. This study found that the factors influencing the buying decision in Sentraland Bekasi were the affordable selling price of under Rp 200 million / unit, the credibility of Perumnas as a trusted developer, and the concept of Sentraland Bekasi which was integrated with malls and offices. Whereas the factors that influence lost customers not to purchase the Teras Alun-Alun are the high selling price, which is above Rp. 300 million / unit, the location not being strategic, and the availability of many nearby, more affordable housing options within a 15 km radius of the Teras Alun-Alun.

Keywords: low-cost apartment, buying decision, MBR, Bekasi

 

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. (n.d.). Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan kota Bekasi. Retrieved Februari 27, 2017, from Badan Pusat Statistik Kota Bekasi: https://bekasikota.bps.go.id/statictable/2016/12/20/47/jumlah-penduduk-dan-laju-pertumbuhan-penduduk-menurut-kecamatan-di-kota-bekasi-2010-2014-dan-2015-.html

Dasso, J., & Shiling, J. D. (1995). Real Estate Twelfth Edition. Unitted States: Prentice Hall.

Dirgantara, P. (2016). Evaluasi Sasaran Pasar Rusunami Bersubsidi di Kota Jakarta (studi kasus : Rusunami Kalibata City. Jakarta: Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanagara.

Dody. (2015). Daftar Rusunami Murah di Jakarta versi Kemenpupera. Retrieved 8 17, 2017, from Rumahku: http://www.rumahku.com/artikel/read/daftar-rusunami-murah-di-jakarta-versi-kemenpupera-412063

Erawan, A. (2017). Vida Bekasi Rilis Apartemen Subsidi : Teras Alun Alun. Retrieved 2 25, 2018, from Rumah Hokie: http://www.rumahhokie.com/beritaproperti/vida-bekasi-rilis-apartemen-subsidi-teras-alun-alun/

Jurnal Tata Kota Bekasi. (2014). Antisipasi Backlog Rumah di Bekasi. Jurnal Tata Kota Bekasi edisi 03, 38-43.

Mendrofa, A., Wibowo, H., Sofyan, I., Hendrawan, T., & Witria, W. (2017). Faktor - Faktor yang Berpengaruh Dalam Keputusan Pembelian Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Universitas Prasetiya Mulya.

Mudzakir, I. (2016). Perumnas Bangun Sentraland Bekasi Rp 220 Miliar. Retrieved 2 25, 2018, from Berita Satu: http://id.beritasatu.com/home/perumnas-bangun-sentraland-bekasi-rp220-miliar/148606

Nohed, D. A. (2013). Market Demand Analysis of Affordable Housing in Kuching and Samarahan Divisions. Universiti Malaysia Sarawak.

PUPR, D. J. (2016). MAISONA (Media Informasi & Komunikasi Penyediaan Perumahan). Jakarta: Kementerian PUPR.

Sentraland Bekasi. (2017). Market Feasibility Study Sentraland Bekasi. Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.