ANALISIS EFISIENSI KONSUMSI DAYA LISTRIK DAN BIAYA OPERASIONAL LAMPU TL-LED TERHADAP LAMPU TL-T8

Henry Candra, Endah Setyaningsih, Jap Tji Beng
| Abstract views: 172 | views: 352

Abstract

Lampu TL-LED sebagai lampu penerangan dalam ruang memiliki banyak kelebihan dibanding lampu TL-T8, antara lain dalam hal efikasi lampu, yang menunjukkan efisiensi lampu TL-LED, akan tetapi seberapa besar efisiensi yang dapat diberikan oleh lampu TL LED lebih sering hanya dinyatakan secara kualitatif. Melalui tulisan ini dipaparkan hasil penelitian dengan membandingkan kinerja dari lampu TL-LED terhadap lampu TL-T8 dengan mengukur dan menganalisis konsumsi daya listrik dan perhitungan perkiraan biaya operasional dari kedua jenis lampu tersebut. Pengukuran juga dilakukan terhadap parameter lainnya meliputi iluminansi dan daya beban listrik terpasang sebagai pendukung analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa lampu TL-LED memiliki efisiensi konsumsi daya terhadap lampu TL-T8 sebesar 33,3%. Sedangkan perhitungan biaya operasional dengan menggunakan tarif dasar listrik dari PLN menunjukkan bahwa lampu TL LED dapat memberikan penghematan biaya sebesar Rp. 204.300,- sampai dengan Rp. 413.100,- untuk setiap 100 kWh konsumsi daya listrik. Analisis lebih lanjut terhadap iluminansi menunjukkan bahwa lampu TL LED memiliki keterbatasan beamwidth sedangkan daya beban lampu TL-T8 lebih besar bila dibanding dengan daya beban yang tertera pada lampu tersebut karena masih ditambah dengan daya beban rangkaian balas. Hasil penelitian ini dapat digunakan bagi pemilik bangunan untuk mengganti penggunaan lampu TL-T8 dengan lampu TL-LED, tanpa perlu mengganti luminernya, kecuali dengan sedikit mengubah sistem pengkabelannya.

Keywords

efisiensi; daya listrik; biaya operasional; lampu TL-LED; lampu TL-T8

Full Text:

PDF

References

Halonen, L., Bhusal, P. & SUMMAR Y. (2010). Guidebook on Energy Efficient Electric Lighting for Buildings. 45.

Boylestad, R. & Nashelsky, L., Electronic Devices and Circuit Theory, 10th ed., USA: Prentice Hall International Editions, 2008.

Buku Panduan Hemat Energi. (2013). EECCHI (Energy Efficiency and Conservation Cleaning House Indonesia), Jakarta.

Pimputkar, S., Speck, J., Denbaars, S., & Nakamura, S. (2009). Prospects for LED lighting. Nature Photonics. 3. 10.1038/nphoton.2009.32.

Munzinger,P. Brocker,H., & Supriadi, A. (2012) Substitution of Conventional Street Lights with LEDs, Giz, Osram & Paklim.

Khan, N. & Naeem, A.K. (2011). Comparative study of energy saving light sources. Renewable and Sustainable Energy Reviews. 15. 296-309. 10.1016/j.rser.2010.07.072.

SNI 6197:2011. (2011) Konservasi energi pada sistem pencahayaan. Badan Standardisasi Nasional.

Copyright (c) 2018 Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.