METODE TRANSFORMASI BOX COX PADA MODEL REGRESI BERGANDA UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA PRODUKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN LAUT

Main Article Content

Fuji Rahayu Wilujeng

Abstract

Metode Transformasi Box – Cox pada Analisis Regresi Linier Berganda dapat diterapkan untuk mendapatkan variabel kendali yang signifikan terhadap jumlah produksi penangkapan ikan laut di Provinsi Jawa Timur. Transformasi Box Cox juga bisa digunakan untuk mengatasi kasus heteroskedastisitas, autokorelasi, menormalkan data, melinearkan model regresi dan menghomogenkan varians. Selain itu, dengan menggunakan metode transformasi Box Cox bisa menghasilkan nilai R square yang besar. Hasil dari regresi dengan menggunakan transformasi Box Cox menunjukkan bahwa beberapa variabel antara lain jumlah nelayan, peralatan penangkapan ikan dan kapal atau motor boat penangkapan ikan sangat berpengaruh signifikan terhadap produktivitas jumlah penangkapan ikan  dengan nilai Rsquare 81.6%. Dengan adanya model ini, diharapkan menjadi salah satu strategi untuk pemilihan variabel kendali yang tepat guna memaksimalkan hasil penangkapan ikan.

Kata kunci : Transformasi Box Cox, Analisis Regresi, Perikanan.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Fuji Rahayu Wilujeng, Universitas Bunda Mulia

Departemen Teknik Industri Fakultas Teknologi dan desain Universitas  Bunda Mulia

References

www.bps.go.id

Drapper, N. and H. Smith (1992).Analisis Regresi Terapan (Edisi Kedua).Jakarta : Alih Bahasa oleh penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghani, I. M. M. and S. Ahmad (2010).Stepwise Multiple Regression Method to Forecast Fish Landing.Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 8: 549-554.

Hoel, P. G. (1960). Elementary statistics.John and Wiley and Sons Publishing.

Ispriyanti, D.(2004).Pemodelan Statistika dengan Transformasi Box - Cox. Jurnal Matematika dan Komputer, Volume 7, pp.8-17

Makridakis, S., S. Wheelwright, et al. (1999).Metode dan Aplikasi Peramalan Jilid 1.Ahli Bahasa oleh Ir. Untung Sus Ardiyanto, M. Sc. & Ir. Abdul Basith, M. Sc.Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Yuni, N,W. Srinadi, I, G. Susilawati, M.(2015). Perbandingan Transportasi Box Cox dan Regresi Kuantil Median dalam Mengatasi Heteroskedastisitas. Jurnal Matematika, Volume 7, pp.8-13.

Sembiring, R. (1995).Analisis regresi.Bandung: ITB.

Situmorang, D. H. (2009).Pengaruh Peralatan Penangkap Ikan yang Digunakan terhadap Pendapatan Kepala Keluarga Nelayan di Kelurahan Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung.

Sofiyanti, N. and S. Suartini (2016).Pengaruh Jumlah Kapal Perikanan dan Jumlah Nelayan terhadap Hasil Produksi Perikanan di Indonesia.Jurnal Accounthink 1(01).

Sudirman and A. Mallawa (2004).Teknik Penangkapan Ikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiyanti, S. and W. Wahyudi (2015).Pengembangan Ekonomi Wilayah Berbasis Sektor Perikanan di Provinsi Jawa Timur.Media Trend 10 (2): 172-206.

Wayne, W. D. (1989).Statistik Non Parametrik Terapan.Ahli Bahasa oleh Alex Tri Kuntjoro W.Jakarta : PT. Gramedi.

Yustisiana, I. (2009).Prediksi Emisi Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda dan Artificial Neural Network. Surabaya, Teknik Industri ITS.