STUDI PREFERENSI PENGHUNI TERHADAP FAKTOR KEPEMILIKAN RUMAH SUSUN

Main Article Content

Iwan Salim

Abstract

ABSTRAK

Hunian atau tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar setiap manusia sebagai tempat berlindung dan sarana pembinaan keluarga. Rumah susun merupakan solusi untuk kebutuhan akan hunian. Program 1000 tower rusun yang digagas oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2007 silam dengan target masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) serta belum memiliki tempat tinggal, yang pada pelaksanaannya hanya mencapai 13,8%  (Dna & Hen, 2015).  Disisi lain preferensi penghuni dalam menentukan kepemilikan pada lokasi merupakan salah satu preferensi penghuni terkait aksesibilitas, proximity, atau lingkungan. Menentukan kepemilikan rumah susun biasanya berdasarkan pada bermacam-macam faktor antara lain fisik bangunan (struktur, finishing, luasan) serta fasilitas bayar dan non bayar, serta pengelolaan. Lokasi merupakan salah satu preferensi penghuni terkait aksesibilitas, proximity dan lingkungan sekitar.

Metodologi penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menentukan sampel yaitu rumah susun Kebagusan City, Bandar Kemayoran dan Sentra Timur Residence, dengan menyebarkan 100 kuesioner pada masing-masing rumah susun untuk mendapatkan data profil dan status kepemilikan rumah susun sampel tersebut.

Penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS dengan menggunakan one sample t test dan crosstabulation dengan maksud mendapatkan nilai-nilai yang mempengaruhi preferensi penghuni dalam kepemilikan rumah susun berdasarkan faktor-faktor yang berhubungan.

Hasil dari analisis dari karakteristik penghuni terdiri dari pembeli yang memilki kesamaan pada usia, status pernikahan, pendidikan terakhir, asal daerah, pengeluaran untuk makan per bulan. Sedangkan untuk penyewa memiliki kesamaan status pernikahan, pekerjaan, hunian sebelumnya dan pengeluaran untuk air, listrik dan service charge per bulan..

Faktor yang mempengaruhi Preferensi penghuni yang berpengaruh adalah faktor aksesibilitas, proximity, fasilitas bayar dan pengelola.

Sedangkan pengaruh faktor preferensi penghuni terhadap kepemilikan pada pembeli berupa faktor proximity dengan variabel tempat kerja dan pusat perdagangan & jasa. Penyewa pada faktor pengelola dengan variabel security.

 

Kata Kunci : Preferensi Penghuni, Kepemilikan, Lokasi

Article Details

Section
Articles

References

Catanese, A. J., & Snyder, J. C. (1996). Perencanaa Kota. Jakarta: Erlangga.

City, K. (2017). Harga Unit Di Kebagusan City. Jakarta: PT. Gapura Mas.

Corder, A. (1996). Teknik Manajemen Pemeliharaan. Jakarta: Erlangga.

Darwanto, H. (2007, 09 17). https://portaltataruang.wordpress.com/2007/09/17/permasalahan-penyediaan-rumah-sederhana-sehat/. Retrieved from https://portaltataruang.wordpress.com: https://portaltataruang.wordpress.com/2007/09/17/permasalahan-penyediaan-rumah-sederhana-sehat/

Dna, & Hen. (2015, April 15). https://www.detik.com. Retrieved from https://finance.detik.com: https://finance.detik.com/properti/2888294/membandingkan-program-1-juta-rumah-dan-program-1000-tower-rusun

Dody. (2015, 10 20). http://www.rumahku.com. Retrieved from http://www.rumahku.com/artikel/read/daftar-rusunami-murah-di-jakarta-versi-kemenpupera-412063: http://www.rumahku.com/artikel/read/daftar-rusunami-murah-di-jakarta-versi-kemenpupera-412063

Dolling, J. (2006). Home Ownership : Getting in, Getting from, Getting out. Netherlands: IOS Press BV.

Hodgkinson, L. (2006). How To Buy A Flat. Oxford: How to Content.

J.H., K., Pagliara, F., & Preston, J. (2005). The Intention to Move and Residential Location Choice Behaviour. Urban Studies Journal Foundation, 42.

Karn, V., Kemeny, J., & Williams, P. (1985). Home Ownership in the Inner City : Salvation or Despair ? Studies in Urban and Regional Policy 3, 162.

Kuswartojo, T. (2010). Mengusik Tata Penyelenggaraan Lingkungan Hidup dan Pemukiman : 70 tahun Tjuk Kuswartojo. Bandung: Kelompok Keahlian Perumahan Pemukiman, SAPPK, ITB .

Likert, R. (1932). Technique for Measurement of Attitudes. Archives of Psycology, 140 pp: 1 -55.

O'Sullivan, A. (2012). Urban Economics (Eight Edition ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Perumnas. (2017). Harga Rusunami Bandar Kemayoran. Jakarta: Perumnas.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Sevilla, C. G., & al, e. (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Shah, J. Y. (2008). Handbook of Motivation Science. (W. L. Gardner, Ed.) New York: The Guilford Press.

Sinai, T. (2008). Spatial Variation in The Risk of Home Owning. Housing and the Built Enviroment : Acces, Finance, Policy, 6.

Tarigan, R. (2006). Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Bumi Aksara.

Thunen, V., & Tarigan, R. (2005). Location Theory : Balancing Land-Use Allocation with Transportation Cost. London: Center for Spatially Integrated Social Science.

Timur, S. (2017). Harga Unit Kerjasama Operasi Sentra Timur & Bakrie. Jakarta: Perumnas.