MITIGASI DAN ADAPTASI MASA PANDEMI DALAM PRAKTIK RUANG KESEHARIAN DI KOMPLEK PERUMAHAN PERKOTAAN (Kasus RW 11 Pekayon Jaya Bekasi)

Main Article Content

Samsu Hendra Siwi
Titin Fatimah
Mekar Suteja

Abstract

Wabah virus Covid-19 yang terjadi saat ini sudah meluas ke seluruh dunia. Faktor penularannya sangat mudah dan cepat. Hal ini secara kumulatif dan jangka panjang akan berdampak pada berbagai krisis, baik krisis ekonomi, sosial maupun psikologis.Penelitian ini akan membahas upaya di masyarakat dalam rangka mitigasi yaitu mengurangi dampak dari bencana pandemi yang terjadi, khususnya dampak ekonomi dan psikologis terkait dengan aspek arsitektural. Aktifitas membangun ketahanan pangan di lingkungan rumah dan kawasan, serta adaptasi terhadap pola kebiasaan hidup baru yaitu pemanfaatan lingkungan (seperti tanah fasum-fasos, teras, bagian halaman depan luar rumah sebagai tempat interaksi sosial) serta sikap anggota masyarakat dalam praktik ruang keseharian pada masa pandemi harus dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk melihat upaya masyarakat dalam praktik ketahanan pangan dengan pemanfaatan ruang terbatas di lingkungan masyarakat yang dilakukan di perumahan perkotaan dengan pola kehidupan modern-urban dalam menyikapi issue ini. Penelitian ini juga bertujuan melihat upaya masyarakat dalam praktik adaptif ruang keseharian sebagai upaya konsep “new normal” baik di hunian maupun di kawasan lingkungan perumahan perkotaan. Penelitian ini memakai metode fenomenologi dengan mengambil lokasi RW 11 Pekayon Jaya Bekasi sebagai lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan evaluasi bagi pelaksanaan upaya ketahanan pangan dan pelaksanaan upaya non-medik menekan angka penyebaran virus Corona-19 di lingkungan. Hal lain diharapkan juga dapat dipakai sebagai pembelajaran bagi wilayah lain di tingkat masyarakat umum.

Article Details

Section
Articles

References

Andersen Lab The Scripps Research Institute, 2020, The Proximal origin of SARS-CoV-2, https://andersen-lab.com/papers/andersen-et-al-nature-medicine-2020/ diakses 5 Sept 2020

Blyth, A and L. Menagh. (2006). From Rooftop to Restaurant: A University Cafe Fed By A Rooftop Garden. The Canadian Organic Grower. P 50-56. www.cog.ca . Diakses 6 Sept 2020

Budiman, A., F., 2020, Pandemi dan kemampuan adaptasi, Antara News, https://www.antaranews.com/berita/1373558/pandemi-dan-kemampuan-adaptasi. Diakses 5 Sept 2020

Cofie, O., A. Bradford, and P. Drechsel. (2006). Recycling of urban orgaic waste for urbxan agriculture. Cit ies Farming for the Future; Urban Agriculture for Green and Productive Cit ies” by René van Veenhuizen (ed.), RUAF Foundation, the Netherlands, IDRC, Canada and IIRR publishers, the Philippines.

Food and Agriculture Organization (FAO). (2008). Urban Agriculture For Sustainable Poverty Alleviation and Food Security. 84p.

Ikechukwu, E., Tochukwu, V. (2020) Coronomics and Global Economy: A Purview of the Impact of Coronavirus on the Global Economy | DOI 10.13128 / bae - 9522

Johns Hopkins, Coronavirus Resource Center, https://coronavirus.jhu.edu/ diakses 20 Sept 2020

Koscica, M. 2014. The Role of Urban Agriculture in Addressing Food Insecurity in Developing Cities. Journal of International Affairs, Vol. 67 No. 2, P 177-186.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. Thousand Oaks: Sage Publications

Noorsya, A. O., & Kustiwan, I. (2013). Potensi Pengembangan Pertanian Perkotaan Untuk Mewujudkan Kawasan Perkotaan Bandung Yang Berkelanjutan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota B SAPPK V2N1, 89-99

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 05/PRT/M/2008

Setiawan, B. Dan D.H Rahmi. (2004). Ketahanan Pangan, Lapangan Kerja, dan Keberlanjutan Kota: Studi Pertanian Kota di Enam Kota di Indonesia. Warta Penelitian Universitas Gadjah Mada (edisi khusus), hal 34-42.

Specht, K et al. (2014). Urban agriculture of the future: an overview of sustainability aspects of food production in and on buildings. Agric Hum Values. 31:33–51. Tornaghi, C. 2014. Critical geography of urban Agriculture. Progress in Human Geography. Vol. 38(4), 551–567.

Wolfe, J M and S. McCans. (2009). Designing Ffor Uurban Aagriculture Iin Aan African Ccity: Kkampala, Uganda. Open House International. Vol. 34 No. 2, p 25-35.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Bencana