ANALISIS KENYAMANAN PELAT LANTAI TERHADAP BEBAN MESIN BERGETAR

David Kevin Renaldy
| Abstract views: 170 | views: 337

Abstract

Dalam mendesain sebuah pelat lantai, bukan hanya kekuatan yang perlu diperhatikan, tetapi kenyamanan pelat juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Getaran mesin di atas pelat lantai akan menghasilkan gaya dinamik yang dapat menyebabkan vibrasi atau getaran yang cukup besar. Getaran tersebut dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pengguna bangunan. Getaran juga dapat mempengaruhi ketepatan hasil test di laboratorium. Pelat lantai yang paling umum digunakan adalah pelat lantai beton bertulang. Sistem pelat lantai beton bertulang mempunyai banyak keuntungan, diantaranya adalah mampu mendukung beban besar, memiliki isolasi suara yang baik, kedap air sehingga baik untuk kamar mandi maupun dapur basah, merupakan bahan yang awet jika dibandingkan dengan kayu yang memerlukan perawatan lebih. Selain keuntungan-keuntungan yang telah dikemukakan tersebut, sistem pelat lantai beton bertulang juga mempunyai kekurangan, salah satunya adalah biaya dari material yang cukup tinggi. Untuk meningkatkan tingkat kenyamanan pelat lantai beton bertulang dapat dilakukan beberapa hal, antara lain adalah menambah ketebalan pelat dan menambahkan balok anak. Penelitian ini akan mengkaji perbandingan volume penggunaan beton yang digunakan untuk menambah ketebalan pelat atau untuk menambah jumlah balok anak. Penelitian ini akan memberikan solusi cara mana yang lebih efisien dan ekonomis. Dengan demikian perlu juga dikaji kriteria kenyamanan pelat terhadap beban bergetar. Kemudian analisis dilakukan untuk mendapatkan defleksi absolut maksimum dan frekuensi untuk kemudian dimasukan ke dalam kriteria kenyamanan pelat. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa penambahan balok anak dibandingkan dengan penambahan ketebalan pelat lebih efisien dan ekonomis untuk meningkatkan kenyamanan pelat.

Keywords

vibrasi pelat lantai; getaran mesin; kriteria kenyamanan pelat; defleksi maksimum pelat; frekuensi

Full Text:

PDF

References

Alisjahbana, S.W., (2002). Dinamika Struktur Pelat. Fakultas Teknik Sipil, Universitas Tarumanagara, ISBN: 979-95879-4-8.

Alisjahbana, S.W., (September 2011). Dinamika Struktur Pelat II. UB Press, ISBN 978-95879-4-8.

Bachmann, H., Ammann, W.J., (1987). Vibrations in Structure, Induced by Man and Machines. Internatinal Association for Bridge and Structural Engineering, Zurich.

Copyright (c) 2018 Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.