DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID 19

Main Article Content

Fredericksen Victoranto Amseke
Marlen Angela Daik
Doni Ariani Leowandri Liu

Abstract

Motivation achievement is a crucial thing for students during the process of online learning in the pandemic COVID-19 (coronavirus disease) as an ability to encourage an individual to achieve self- actualization and optimal learning outcomes. Motivation achievement is influenced by parental social support as an external factor and self –concepts as an internal factor. Therefore, this research aims to examine the influence of parental social- support and self- concept toward students' motivation achievement in the pandemic COVID-19. This research used a quantitative method. The data were collected using parental social support scale, the self-concept scale and motivation achievement scale. The population in this research consists of 121 freshman year 2020 of Christian Early Childhood Education department in Institute of Christian State Kupang. The sample technique used in this research is accidental sampling with multiple regression analysis. The result proved that parental social support and self-concept have a positive influence and significant toward achievement motivation with 71.8%. Parental social support contributed 23.4% and self-concept contributed 48.4% toward achievement motivation. The higher the role of parents' social support and self-concept, the higher the achievement motivation of students during the pandemic COVID 19. 



Motivasi berprestasi bagi mahasiswa sangat penting dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 (coronavirus disease) sebagai kemampuan yang mendorong individu mencapai aktualisasi diri dan hasil belajar yang optimal. Motivasi berprestasi dipengaruhi oleh dukungan sosial orang tua sebagai faktor eksternal dan faktor internal yaitu konsep diri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial orang tua dan konsep diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial orang tua, skala konsep diri dan skala motivasi berprestasi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa pada program studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini di Institut Agama Kristen Negeri Kupang tahun 2020. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dukungan sosial orang tua dan konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi sebesar 71,8%. Dukungan sosial orang tua berkontribusi 23,4% dan konsep diri berkontribusi 48,4% terhadap motivasi berprestasi. Semakin tinggi peran dukungan sosial orang tua dan konsep diri maka dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa di masa pandemi COVID-19.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Fredericksen Victoranto Amseke, Institut Agama Kristen Negeri(IAKN) Kupang

Early Childhood Education

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of Covid-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Adi, I. R. (1994). Psikologi pekerja sosial dan ilmu kesejahteraan sosial, dasar-dasar pemikiran. PT Raja Grafindo.

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Ciencies: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65-81.

Burns, R. B. (1993). Konsep diri. Arcan.

Calhoun, J.F & Accocella, J.R. (1995). Psikologi tentang penyesuaian diri dan hubungan kemanusiaan (Satmoko Trans.). IKIP Semarang Press.

Dendi, R. F. P. (2014). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi berprestasi pada siswa SMU Yayasan Pendidikan Islam 45 di Bekasi. [Skripsi, Universitas Persada Indonesia Y.A.I].

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Erlangga.

Jannah, M. (2018). Hubungan konsep diri dan dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Aceh di Malang. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang].

Karma, I. N. (2002). Hubungan antara pola pengasuhan orang tua dan otonomi remaja (Studi tentang Remaja Pertengahan Pada Budaya Sasak di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Psikologi, (9), 1-17.

Luthans, F. (2011). Organizational behavior: An evidence-based approach (12th ed.). McGraw-Hill.

Maqsud, M., & Coleman M. F. (1993). The role of parental interaction in achievement motivation. The Journal of Social Psychology, 133(6), 859-861.

https://doi.org/10.1080/00224545.1993.9713950

Mintabae, K. M. (2010). Dukungan sosial orangtua dan konsep diri dengan motivasi berprestasi ditinjau dari jenis kelamin (studi pada mahasiswa Universitas Halmahera). [Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana].

Partosuwido, S. R. (1992). Penyesuaian diri mahasiswa dalam kaitannya dengan konsep diri, pusat kendali dan status perguruan tinggi. [Disertasi (tidak dipublikasikan), Universitas Gadjah Mada].

Putra, R. L., & Nurhadianti, R. D. D. (2020) Adversity intelligence dan dukungan sosial orang tua dengan motivasi berprestasi siswa SMAN 6 Tambun Selatan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 1-10. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/613

Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-11.

https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1747

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology biopsychosocial interactions. John Wiley and Sons.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Erlangga.

Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(5), 1-10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1203/1075

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76, 71-76. http://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Verkuyten, M., Thijs, J., & Canatan, K. (2001). Achievement motivation and academic performance among Turkish early and young adolescents in the Netherlands. Genetic, Social, and General Psychology Monographs, 127(4), 378-408.

Winkel, W. S. (1992). Psikologi mengajar. Media Abadi.

Wiprana, Y. V. (2006). Motivasi berprestasi dalam bidang akademik pada mahasiswa pekerja sales promotion girl ditinjau dari konsep diri. [Skripsi (tidak dipublikasikan), Universitas Katolik Soegijapranata].

Zanobini, M., & Usai, M. C. (2002). Domain-specific self-concept and achievement motivation in the transition from primary to low middle school department of anthropological. Journal Educational Psychology, 22(2), 203-217. https://doi.org/10.1080/01443410120115265