Hubungan Mindfulness dan Harga Diri pada Mahasiswi Usia Remaja Akhir

Main Article Content

Veronica Clarissa
Sandy Kartasasmita

Abstract

Remaja Akhir merupakan tahap dimana seorang individu bersiap untuk memasuki tahap kedewasaan. Remaja akhir merupakan tahap paling penting dari seorang remaja, dimana remaja akhir diharapkan sudah mampu menerima dirinya sendiri. Salah satu komponen penerimaan diri yang utama adalah Harga Diri. Harga Diri adalah evaluasi terhadap perasaan dan penilaian individu tentang dirinya. Namun, tidak jarang seorang remaja tidak mampu menerima dirinya dikarenakan rendahnya harga diri yang ia miliki. Salah satu cara meningkatkan harga diri adalah dengan Mindfulness. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah ada hubungan antara Mindfulness dengan harga diri pada mahasiswi usia remaja akhir. Penelitian dilakukan pada 205 remaja akhir yang memiliki status sebagai mahasiswi di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara dengan karakteristik sampel berusia 18-21 tahun dengan berbagai latar belakang agama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimental dengan rancangan korelasional. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa r (205)= -.325 dan p =.000. Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara mindfulness dan harga diri pada mahasiswi usia remaja akhir. Artinya, jika subyek memiliki mindfulness tinggi, maka harga diri subyek tinggi. Sebaliknya, jka subyek memiliki tingkat mindfulness rendah, maka harga dirinya akan rendah. Masa remaja akhir merupakan masa kritis untuk menentukan tujuan hidupnya. Untuk itu, dengan mengarahkan tingkah laku para remaja akhir untuk lebih mencintai dirinya sendiri, remaja dapat lebih bersosialisasi dan beradaptasi dalam kehidupan sehati-hari karena memiliki mindfulness dan harga diri yang baik.

Article Details

Section
Articles

References

Anand, U., & Sharma, M. P. (2014). Effectiveness of a mindfulness-based stress reduction program on stress and well-being in adolescents in a school setting. Indian Journal of Positive Psychology, 5(1), 17-22.

Baer, R. A., Smith, G. T., Hopkins, J., Krietemeyer, J., & Toney, L. (2006). Using self-report assessment methods to explore facets of mindfulness. Assessment, 13(1), 27-45. https://doi.org/10.1177/1073191105283504

Baer, R. A., Smith, G. T., Lykins, E., Button, D., Krietemeyer, J., Sauer, S., Walsh, E., Duggan, D., & Williams, J. M. G. (2008). Construct validity of the five facet mindfulness questionnaire in meditating and non-meditating samples. Assessment, 15(3), 392-342. https://doi.org/10.1177/1073191107313003

Dewi, S. Y., Wiwie, M., Sastroasmoro, S., Irwanto, Purba, J. S., Pleyte, W. E. H., Mulyono, & Haniman, F. (2015). Effectiveness of mindfulness therapy among adolescent with conduct disorder in Jakarta, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 165, 62-68. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.605

Ermanza, G. H. (2008). Hubungan antara harga diri dan citra tubuh pada remaja putri yang mengalami obesitas dari sosial ekonomi menengah atas [Bachelor’s thesis, Universitas Indonesia]. Universitas Indonesia Library. https://lib.ui.ac.id/detail?id=125199&lokasi=lokal

Frost, J., & McKelvie, S. (2004). Self-esteem and body satisfaction in male and female elementary school, high school, and university students. Sex Roles: A Journal of Research, 51(1-2), 45-54. https://doi.org/10.1023/B:SERS.0000032308.90104.c6

Hofstede, G. (1983). National cultures revisited. Behavior Science Research, 18(4), 285-305. https://doi.org/10.1177/106939718301800403

Irawanto, D. W. (2009). An analysis of national culture and leadership practices in Indonesia. Journal of Diversity Management (JDM), 4(2), 41-48. https://doi.org/10.19030/jdm.v4i2.4957

Iqbal, F., Iqbal, F., & Humayun, G. K. (2023). Factor structure of the Five Facets Mindfulness Questionnaire (FFMQ) (15 items) in a collectivist society—Pakistan. Psychology in the Schools, 60(7), 2502-2519. https://doi.org/10.1002/pits.22875

Kabat-Zinn, J. (1994). Wherever you go, there you are: Mindfulness meditation in everyday life. Hyperion.

Kabat-Zinn, J. (2001). Mindfulness meditation for everyday life. Piatkus.

Keng, S. L., Smoski, M. J., & Robins, C. J. (2011). Effects of mindfulness on psychological health: A review of empirical studies. Clinical Psychology Review, 31(6), 1041-1056. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2011.04.006

Khng, K. H. (2018). Mindfulness in education: the case of Singapore. Learning: Research and Practice, 4(1), 52-65. https://doi.org/10.1080/23735082.2018.1428120

Kim, H. (2019, Juni 26). A quarter of Indonesians have experienced suicidal thoughts. YouGov. Diakses pada 11 Juli 2024, dari https://business.yougov.com/content/23994-quarter-indonesians-have-experienced-suicidal-thou

Lam, C. C., Lau, N. S., Lo, H. H., & Woo, D. M. S. (2015). Developing mindfulness programs for adolescents: Lessons learned from an attempt in Hong Kong. Social Work in Mental Health, 13(4), 365-389. https://doi.org/10.1080/15332985.2014.932885

Lau, N. S., & Hue, M. T. (2011). Preliminary outcomes of a mindfulness-based programme for Hong Kong adolescents in schools: Well-being, stress and depressive symptoms. International Journal of Children's Spirituality, 16(4), 315-330. https://doi.org/10.1080/1364436X.2011.639747

Linehan, M. M. (1993). Cognitive-behavioral treatment of borderline personality disorder. The Guilford Press.

Mappiare, A. (1982). Psikologi remaja. Usaha Nasional.

Markus, H. R., & Kitayama, S. (1991). Culture and the self: Implications for cognition, emotion, and motivation. Psychological Review, 98(2), 224-253, https://doi.org/10.1037/0033-295X.98.2.224

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (9th ed.). McGraw Hill.

Pepping, C. A., O’Donovan, A., & Davis, P. J. (2013). The positive effects of mindfulness on self-esteem. The Journal of Positive Psychology, 8(5), 376-386. https://doi.org/10.1080/17439760.2013.807353

Prastuti, I. Y., Purwoko, B., & Hariastuti, R. T. (2019). Overview of self-esteem in adolescent behavior that do self-injury (case studies). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(3), 1017-1025. http://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i3.926

Primananda, M., & Keliat, B. A. (2019). Risk and protective factors of suicidal ideation in adolescents. Comprehensive Child and Adolescent Nursing, 42(sup1), 179-188. https://doi.org/10.1080/24694193.2019.1578439

Rasmussen, M. K., & Pidgeon, A. M. (2011). The direct and indirect benefits of dispositional mindfulness on self-esteem and social anxiety. Anxiety, Stress, & Coping, 24(2), 227-233. https://doi.org/10.1080/10615806.2010.515681

Robins, R. W., & Trzesniewski, K. H. (2005). Self-esteem development across the lifespan. Current Directions in Psychological Science, 14(3), 158-162. https://doi.org/10.1111/j.0963-7214.2005.00353.x

Ryan, R. M., Brown, K. W., & Creswell, J. D. (2007). How integrative is attachment theory? Unpacking the meaning and significance of felt security. Psychological Inquiry, 18(3), 177-182. https://doi.org/10.1080/10478400701512778

Sari, D. N. P. (2013). Hubungan antara body image dan self-esteem pada dewasa awal tuna daksa. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1), 1-9.

Sarwono. S. W. (1997). Psikologi remaja. PT Raja Grafindo Persada.

Setiyawati, D., Puspakesuma, N., Jatmika, W. N., & Colucci, E. (2024). Indonesian stakeholders’ perspectives on warning signs and beliefs about suicide. Behavioral Sciences, 14(4), Article 295. https://doi.org/10.3390/bs14040295

Setyanti, C. A. (2014, September 11). Tekanan hidup tinggi, banyak orang DKI bunuh diri? Kompas.com. Diakses pada 11 Juli 2024, dari https://megapolitan.kompas.com/read/2014/09/11/16254871/Tekanan.Hidup.Tinggi.Banyak.Orang.DKI.Bunuh.Diri.

Statt, D. A. (2003). A student’s dictionary of psychology. Psychology Press.

Thompson, B. L., & Waltz, J. A. (2008). Mindfulness, self-esteem, and unconditional self-acceptance. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 26(2), 119-126. https://doi.org/10.1007/s10942-007-0059-0

West, A. M. (2008). Mindfulness and well being in adolescence: An exploration of four mindfulness measures with an adolescent sample. Mindfulness, 8(6). 1-12

World Health Organization. (2021, 16 June). Suicide worldwide in 2019: Global health estimates. https://iris.who.int/bitstream/handle/10665/341728/9789240026643-eng.pdf?sequence=1