KEY EXPERIENCES TO JOB-BASED PSYCHOLOGICAL OWNERSHIP: GAMBARAN PROSES KARYAWAN MENJADI LEBIH BERTANGGUNG JAWAB
Main Article Content
Abstract
Psychological ownership menjadi term yang penting bagi PT. DMG karena adanya kepercayaan yang diberikan perusahaan kepada karyawan untuk mengelola perusahaan sendiri sebagai perpanjangan tangan PT. DMG. Penting bagi karyawan yang dipercaya memiliki perasaan tanggung jawab dan sense of burden sharing untuk perusahaan. Hanya ketika karyawan merasa bahwa dirinya adalah owner, maka hubungan mereka dengan perusahaan akan mengalami perubahan dan hal itu dapat mempengaruhi cara mereka berpikir, mengambil keputusan, dan cara bekerja. Karyawan yang memiliki psychological ownership akan merasa bertanggung jawab terhadap pekerjaan dibandingkan yang tidak. Pierce, Kostova, dan Dirks (2003) menjelaskan bagaimana karyawan merasakan psychological ownership dan mengidentifikasi key experiences yang membentuknya, yaitu experienced control, intimate knowing, dan investment of self. Masih sedikit penelitian yang meneliti ketiga key experiences secara bersamaan dan belum terdapat penelitian yang benar-benar ditujukan untuk meneliti key experiences mana yang paling kuat mempengaruhi terbentuknya job-based psychological ownership. Dengan mengetahui key experiences mana yang paling kuat, hal tersebut dapat memberikan gambaran proses karyawan menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Penelitian dilaksanakan pada 310 karyawan industri manufaktur dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan investment of self merupakan merupakan key experiences yang paling berpengaruh diikuti oleh intimate knowing dan experienced control. Semakin banyak waktu, energi, fokus, dan perhatian yang didedikasikan (investment of self), semakin banyak pengetahuan/pemahaman yang dimiliki tentang pekerjaan dan segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan (intimate knowing), dan semakin mampu karyawan menyelesaikan pekerjaannya (experienced control) maka semakin tinggi job-based psychological ownership. Hal ini disebabkan karena pekerjaan merupakan salah satu sumber kepuasan dalam hidup seorang karyawan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Avey, J. B., Avolio, B. J., Crossley, C. D., & Luthans, F. (2009). Psychological ownership: Theoretical extensions, measurement and relation to work outcomes. Journal of Organizational Behavior, 30(2), 173-191. doi:10.1002/job.583.
Brown, G., Pierce, J. L., & Crossley, C. (2014). Toward an understanding of the development of ownership feelings. Journal of Organizational Behavior, 35, 318–338. doi:10.1002/job.1869.
Brown, G., Pierce, J. L., & Crossley, C. (2014). Toward an understanding of the development of ownership feelings. Journal of Organizational Behavior, 35, 318–338. doi:10.1002/job.1869.
Bullock, R. (2015). The Development of Job-Based Psychological Ownership (Doctoral dissertation, Seattle Pacific University). Retrived from : https://search.proquest.com/openview
Dawkins, S., Tian, A. W., Newman, A., & Martin, A. (2015). Psychological ownership: A review and research agenda. Journal of Organizational Behavior, 38(2), 163-183. doi:10.1002/job.2057.
Dwyer, D. J., & Ganster, D. C. (1991). The effects of job demands and control on employee attendance and satisfaction. Journal of Organizational Behavior, 12, 595-608. doi:10.1002/job.4030120704.
Mayhew, M. G., Ashkanasy, N. M., Bramble, T., & Gardner, J. (2007). A study of the antecedents and consequences of psychological ownership in organizational settings. The Journal of Social Psychology, 147(5), 477–500. doi:10.3200/SOCP.147.5.477-500.
O'Driscoll, M. P., Pierce, J. L., & Coghlan, A.-M. (2006). The psychology of ownership: Work environment structure, organizational commitment, and citizenship behaviors. Group & Organization Management, 31(3), 388-416. doi:10.1177/1059601104273066.
Olckers, C. (2011). A multi-dimensional measure of psychological ownership for South African organisations (Doctoral dissertation).
Peng, H., & Pierce, J. L. (2015). Job and organization-based psychological ownership: relationship and outcomes. Journal of Managerial Psychology, 30(2), 151-168. Retrieved 11 22, 2017, from http://emeraldinsight.com/doi/10.1108/jmp-07-2012-0201
Pierce, J. L., & Jussila, I. (2011). Psychological ownership and the organizational context: Theory, research evidence, and application. Edward Elgar Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books
Pierce, J. L., Kostova, T., & Dirks, K. T. (2001). Toward a theory of psychological ownership in organizations. Academy of Management, 26(2), 298-310. doi:10.5465/AMR.2001.4378028
Pierce, J. L., Kostova, T., & Dirks, K. T. (2003). The state of psychological ownership: Integrating and extending a century of research. Review of General Psychology, 7(1), 84-107. doi:10.1037/1089-2680.7.1.84
Pierce, J. L., O'Driscoll, M. P., & Coghlan, A. M. (2004). Work environment structure and psychological ownership: The mediating effects of control. The Journal of Social Psychology, 144(5), 507–534. doi:10.3200/SOCP.144.5.507-534
Sieger, P., Zellweger, T., & Aquino, K. (2013). Turning agents into psychological principals: aligning interests of non?owners through psychological ownership. Journal of Management Studies, 50(3), 361-388. doi:10.1111/joms.12017
Wagner, S. H., Parker, C. P., & Christiansen, N. D. (2003). Employees that think and act like owners: Effects of ownership beliefs and behaviors on organizational effectiveness. Personnel Psychology, 56(4), 847-871. doi:10.1111/j.1744-6570.2003.tb00242.x