PENERAPAN GROUP ART THERAPY DALAM MENURUNKAN AGRESI REAKTIF PADA ANAK-ANAK PRASEJAHTERA

Main Article Content

Agnes Melati Amelia Listyarini Witjaksono
Stella Tirta

Abstract

Perilaku agresif adalah suatu kategori perilaku yang dapat mengancam orang lain secara fisik maupun secara verbal. Art therapy merupakan intervensi yang dapat digunakan untuk mengurangi perilaku agresif. Art therapy dapat menurunkan perilaku agresif karena art therapy merupakan sarana yang dapat dijalankan oleh anak untuk mengekspresikan kemarahannya secara aman. Anak juga dapat belajar bagaimana mengatur dan mengendalikan perasaan marahnya, sehingga tidak ditujukkan dalam bentuk perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apakah penerapan group art therapy dengan tema anger management dalam menurunkan perilaku agresif pada anak-anak prasejahtera. Terdapat lima partisipan yang mengikuti intervensi ini. Pemeriksaan mengenai perilaku agresif setiap partisipan dilakukan melalui proses wawancara dan observasi. Jenis agresi yang ditunjukkan oleh para partisipan adalah agresi reaktif, yaitu perilaku agresif yang merupakan respons untuk melindungi diri dari suatu provokasi atau kesulitan tertentu yang disertai dengan perasaan marah. Group art therapy yang dijalankan oleh partisipan berlangsung selama 8 sesi. Evaluasi dilakukan menggunakan post-test dan pre-test Draw-A-Person Test dan Skala Perilaku Agresif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima partisipan mengalami penurunan skor perilaku agresif, meskipun tetap berada pada kategori perilaku agresif sedang, namun ada satu partisipan yang skornya menurun hingga masuk ke dalam kategori perilaku agresif yang rendah. Perubahan dalam tes grafis yang terjadi dapat dilihat dari perubahan gambar orang yang dibuat oleh para peserta berdasarkan ukuran, letak, bentuk, arah, dan coretan garis yang dilakukan oleh para peserta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Agnes Melati Amelia Listyarini Witjaksono, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

Stella Tirta, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Alavinezhad, R., Mousavi, M. & Sohrabi, N. (2014). Effects of art therapy on anger and self-esteem in aggressive children

Cattell, R. (1979). Are culture fair intelligence tests pos-sible and necessary? Journal of Research and Development in Education, 2, 2-13.

Colder, C., Mott, J., Levy, S., & Flay, B. (2008). The relation of perceived neighborhood danger to childhood aggression: A test of mediating mechanisms. Am J Community Psychology, 28(1), 83-103.

Hinz, L. (2006). Drawing From Within. Philadelphia: Jessica Kingsley Publishers.

Kasimova, R. & Biktagirova, G. (2016). Art therapy as a means of overcoming aggressiveness in adolescents. IEJME-Mathematics Education, 11(4), 902-910.

Kristianto, A. (2012). Perilaku agresif anak-anak perkampungan sosial pingit yayasan sosial soegijapranata. Diakses pada tanggal 14 November 2017 dari https://repository.usd.ac.id/2346/2/019114060_Full.pdf.

Liebmann, M. (2006). Art therapy for groups. United Kingdom: Taylor & Francis e-Library.

Liebman, M. (2012). Handbook of art therapy (2nd Ed). New York: The Gulford Press.

Landgarten, H. (1981). Clinical art therapy. New York: Brunner/Mazel.

Machover, K. (1949). Personality projection in the drawing of the human figure. Illanois: Charles C Thomas.

Malchiodi, C. (2012). Handbook of art therapy (2nd Ed). New York: The Guilford Press.

Nissimov-Nahum, E. (2008). A model for art therapy in educational settings with children who behave aggressively. The Arts in Psychotherapy, 35, 341-348.

Paquin, S., Lacourse, E., Brendgen, M., Vitaro, F., Dionne, G., Tremblay, R., & Boivin, M. (2017). Heterogeneity in the development of proactive and reactive aggression in childhood: Common and specific genetic-environmental factors. PloS ONE, 12(12), 1-19.

Piko, BF. Keresztes, N. Pluhar, ZF. (2006). Aggressive behavior and psychosocial health among children. Personality and Individual Differences, 40(5), 885-895.

Rieffe, C., Broekhof, E., Kouwenberg, M., Faber, J., Tsutsui, M., & Guroglu, B. (2016). Ditangling proactive and reactive aggression in children using self-report. Europian Journal of Developmental Psychology, 13(4), 1-13.

Rubin, J. (2005). Child art therapy. New Jersey: John Wiley & Sons.

Smeets, K., Leeijen, A., Molen, M., Scheepers, F. Buitelaat, J, & Rommelse, N. (2014). Treatment moderators of cognitive behavior therapy to reduce aggressive behavior: A meta-analysis. Eur Child Adolesc Psychiatry, 24(3), 255-264.

Smeijsters, H. Kil, J. Kurstjens, H. Welten, J. Willemars, J. (2011). Arts therapies for young offenders in secure care — a practice-based research. The Arts in Psychotherapy, 38, 41–51.

Sukhodolsky, D., Smith, S., McCauley, S., Ibrahim, K., & Piasecka, J. (2016). Behavioral interventions for anger, irritability, and aggression in children and adolescents. Journal of Child and Adolescent Psychopathology, 26, 1-7.

Williams, S. Waymouth, M. Lipman, E. Mills, B. Evans, P. (2004). Evaluation of a Children’s Temper-Taming Program. Can J Psychiatry, 49 (9).