MANFAAT DAN KEMUDAHAN YANG DIRASAKAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN GO PAY PADA GENERASI Y DI SURABAYA

Main Article Content

Christina Sudyasjayanti
Sabila Salsabil

Abstract

Teknologi yang berkembang semakin canggih memberikan dampak yang baik dalam kehidupan, salah satunya pada bidang ekonomi. Contoh kemudahan yang ditimbulkan dalam bidang ekonomi adalah transformasi sistem pembayaran, saat ini pembayaran menggunakan uang tunai dirasa kurang efisien sehingga beberapa masyarakat mulai beralih dengan menggunakan pembayaran non tunai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perceived usefulness terhadap behavior intention to use, perceived ease of use terhadap behavior intention to use, dan usia terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 orang pengguna layanan Go-Pay di Kota Surabaya yang termasuk dalam kategori Generasi Y. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh terhadap behavior intention to use dan hanya usia 20-24 dan 35-40 yang terpengaruh oleh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavior intention to use

 

The development of technology impacted on economical sectors. One example of the convenience posed in the economic field is the transformation of the payment system, currently payments using cash are considered to be less efficient so some people have begun to switch to using non-cash payments. This research is aimed to determine the effect of perceived usefulness towards behavior intention to use, perceided ease of use towards behavior intention to use, and age on perceived usefulness and perceived ease of use. There are 150 users of Go-Pay services in Surabaya that included to Y generation. This research showed that the variables perceived usefulness and perceived ease of use significantly affected behavior intention to use and only 20-24 and 30-34 years old that affected by perceived usefulness and perceived ease of use toward behavior intention to use.

Article Details

Section
Articles

References

Anjelina, A. (2018). Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 219–231. https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.934

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51.

www.apjii.or.id

Bailey, A. A., Pentina, I., Mishra, A. S., & Ben Mimoun, M. S. (2017). Mobile payments adoption by US consumers: an extended TAM. International Journal of Retail and Distribution Management, 45(6), 626–640. https://doi.org/10.1108/IJRDM-08-2016-0144

Bamforth, J., & Geursen, G, M. (2017). Categorising the money management behavior of young consumers. Young Consumers, Vol. 18 No. 3, pp. 205-222. https://doi.org/10.1108/YC-01-2017-00658

Berraies, S., Ben Yahia, K., & Hannachi, M. (2017). Identifying the effects of perceived values of mobile banking applications on customers: Comparative study between baby boomers, generation X and generation Y. International Journal of Bank Marketing, 35(6), 1018–1038. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2016-0137

Chao, C. M. (2019). Factors determining the behavioral intention to use mobile learning: An application and extension of the UTAUT model. Frontiers in Psychology, 10(JULY), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01652

Databoks. (2017). Pengguna Internet Berdasarkan Kelompok Usia. diakses pada 20 Februari 2020 dari https://katadata.co.id /datapublish/2018/0223/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet

Detik. (2019). Disorot Sri Mulyani, GoPay & OVO Bisa Dipakai Bayar dari A Samapi Z. Diakses pada 2 April 2020 dari https://finance.detik.com/moneter/d-4425155/disorot-sri-mulyani-gopay--ovo-bisa-dipakai-bayar-dari-a-sampai-z

Detik. (2019). GoPay & OVO Bisa Bantu Perbaiki Pengelolaan Anggaran, Bu Sri Mulyani?. Diakses pada 2 April 2020 dari https://finance.detik.com/moneter/d-4426350/gopay--ovo-bisa-bantu-perbaiki-pengelolaan-anggaran-bu-sri-mulyani

Fauzi, A., Widodo, T., & Djatmiko, T. (2018 Pengaruh Behavioral Intention Terhadap Use Behavior Pada Penggunaan Aplikasi Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna GO-JEK dan GRAB di Kalangan Mahasiswa Telkom University.

Florenthal, B. (2019). Young consumers’ motivational drivers of brand engagement behavior on social media sites: A synthesized U&G and TAM framework. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 351–391. https://doi.org/10.1108/JRIM-05-2018-0064

Hastomo, A. D., & Aras, M. (n.d.). INFLUENCE OF CASHLESS SOCIETY SOCIALIZATION TOWARD TRUST TRANSACTION CULTURE IN JAKARTA , INDONESIA. 1–13.

Joo, Y. J., Park, S., & Shin, E. K. (2017). Students’ expectation, satisfaction, and continuance intention to use digital textbooks. Computers in Human Behavior, 69, 83–90. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.025

Ketut, N., Rianadewi, N., Gede, D., Divayana, H., & Pradnyana, I. A. (2019). ISSN 2252 - 9063 Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika ( KARMAPATI ) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN BULELENG MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY ( U. 8, 394–403

Kompas. (2019). Penggunaan uang Elektronik Melonjak 77,6 Persen. https://www.kompas.com/2019/04/25/171509826/penggunaan-uang-elektronik-melonjak-776-persen

Kristianti, M. L., & Pambudi, R. (2019) Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa di DKI Jakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CB09781107415324.004

Leon, S. (2018). Service mobile apps: a millennial generation perspective. Industrial Management and Data Systems, 118(9), 1837–1860. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2017-0479

Mandariza, A., Furkan, L. M., & Mulyono, L. E. H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Pada Penggunaan Electronic Payment (Server Based). Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(4), 378–392. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i4.467

Oentario, Y., Harianto, A. and Irawati, J. (2017). 'Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intention to Buy Online patisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), pp. 26–31. doi: 10.9744/pemasaran.11.1.26-31.

Sihombing, R. J. (n.d.). Keabsahan electronic money di indonesia.

Sujarweni, V. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian & pengembangan: Research and development untuk bidang pendidikan, manajemen, sosial, teknik. Bandung: Alfabet

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2018). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ), 3(2), 201–214.

Pratami, S. W., (2018). Pengaruh Faktor Persepsi, Sosial-demografi Dan Keuangan Terhadap Preferensi Masyarakat Dalam Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai (Studi Kasus Pada Pengguna AMPK dan Uang Elektronik di Kota Malang).

Prakosa, Adhi., & Wintaka, Dimas Jati. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi minat Penggunaan Ulang E-Wallet Pada Generasi Milenial di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. CV Andi Offset.

Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.

Tweneboah-Koduah, E. Y., Adams, M., & Acheampong, G. (2019). The role of theories in social marketing in predicting physical activity behavior among the youth. Journal of Social Marketing, 9(4), 398–417. https://doi.org/10.1108/JSOCM-01-2018-0005

Venkatesh, Viswanath, et al. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27(3), 425–478. https://doi.org/10.2307/30036540

Widhiarso, Wahyu. 2019. “Prosedur Analisis Regresi Dengan Variabel Dummy.” : 1–7. http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_-_prosedur_analisis_regresi_dengan_variabel_dummy.pdf.

Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. 5(1), 34–42.