PENGARUH TAX AVOIDANCE, PENERAPAN SANKSI PAJAK DAN PELAYANAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Setiabudi Dua)

Ferry Halimi, Waluyo Waluyo
| Abstract views: 230 | views: 111

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh tax avoidance, penerapan sanksi pajak dan pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Jakarta Setiabudi Dua. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 90 responden dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Analisis data yang digunakan yaitu partial least square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis data membuktikan bahwa: (1) Tax avoidance berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan nilai koefisien (b1) = -0.343 dan signifikansi < 0,05, (2) Penerapan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan nilai koefisien (b2) = 0.242 dan signifikansi < 0,05, dan (3) Pelayanan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan nilai koefisien (b3) = 0.283 dan signifikansi < 0,05.

 

The purpose of this study is to analyze the effect of tax avoidance, the application of tax sanctions and tax services on individual taxpayer compliance at KPP Pratama Jakarta Setiabudi Dua. This study took a sample of 90 respondents with purposive sampling technique. Data was collected by questionnaire instruments measured by a Likert scale. Data analysis used is partial least square (PLS) with the help of the SmartPLS version 3.0 program. The results of data analysis prove that: (1) Tax avoidance has a negative and significant effect on individual taxpayer compliance with a coefficient (b1) = -0.343 and significance <0.05, (2) Application of tax sanctions has a positive and significant effect on mandatory compliance personal tax with a coefficient (b2) = 0.242 and significance <0.05, and (3) Tax service has a positive and significant effect on individual taxpayer compliance with a coefficient (b3) = 0.283 and significance <0.05.

Keywords

Tax Avoidance; Sanksi Pajak; Pelayanan Perpajakan; Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References

Ancok, Djamaludin. 2004. Psikologi Terapan (Applied Psychology). Yogyakarta: Darussalam.

Bambang Darussalam. 2009. Upaya Menangkal Praktik Penghindaran Pajak. Diakses melalui:

http://www.pbtaxand.com/news/2009/12/upayamenangkal-praktik-penghindaran-pajak.

Dewi, Cahaya Sinta dan Lupadmi, Nih Luh. 2014. Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Kesadaran, Kualitas Pelayanan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, vol.9, no.2, h. 505-514.

Hutagaol, John, Darussalam dan Danny Septriadi. 2007. Kapita Selekta Perpajakan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mayanti, Eny dan Supriyono, Raden. 2015. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tax Compliance Pajak Penghasilan (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kanwil DJP Jakarta Pusat Dan Jawa Barat I). Jurnal Akuntansi Universitas Gunadarma.

Marziana Bt. Hj. Mohamad, Norkhazimah Bt. Ahmad and

Mohmad Sakarnor Bin Deris. 2010. The Relationship Between Perceptions and Level of Compliance Under Self Assessment System-A Study in The East Coast Region. Journal of Global Business and Economics, vol.1, no.1, h. 241-257.

Mustafa, Zainal dan Wijaya, Tony. 2012. Panduan Teknik Statistik SEM dan PLS dengan SPSS Amos. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Nugroho, Agus. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang. Unisversitas Diponegoro: Tesis Megister Akuntansi.

Rahayu, Siti Kurnia. 2013. Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saeroji, Oji. 2017. Menakar Kadar Kepatuhan Wajib Pajak. http://www.pajak.go.id/content/article/menakar-kadar-kepatuhanwajib-pajak.

Santika, Kadek Adi. 2015. Pengaruh Kesadaran WP, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan WP Air Tanah. E-jurnal akuntansi universitas udayana, Vol.12, No.3, h. 656-670.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CAPS.

Susmita, Putu Rara Dan Ni Luh Supatmi. 2016. Pengaruh

kualitas pelayanan, sanksi perpajakan, biaya kepatuhan pajak, dan penerapan e-filing pada kepatuhan wajib pajak. E-journal akuntansi Universitas Udayana, vol.14, no.2, h.1239- 1269.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zain, Mohammad. 2008. Manajemen Perpajakan Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Copyright (c) 2020 Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.