ANALISIS PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN DAN ETNOSENTRISME TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SEPATU DI CIBADUYUT BANDUNG (STUDI KASUS KONSUMEN DIANA SHOES BANDUNG)

Keni Kaniawati
| Abstract views: 175 | views: 116

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan minat beli konsumen yang disebabkan karenan adanya persaingan pasar yang sangat ketat,  masuknya sepatu impor dengan harga yang murah, matinya inovasi dari para  pengrajin sepatu . Munculnya fenomena ini diakibatkan adanya penurunan minat beli konsumen yang diakibatkan oleh adanya pengaruh  psikologi konsumen dan etnosentrisme. Peneitian ini dilakukan pada konsumen sepatu di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh psikologis konsumen dan etnosentrisme terhadap minat beli  pelanggan sepatu di kawasan cibaduyut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan metode survei eksplanation. Tehnik analisis yang digunakan adalah asumsi klasik, koofesien korelasi dan uji regesi linear berganda. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa psikologi konsumen, etnosentrisme bergerak mulai dari cukup sampai dengan baik. Sedangkan secara verifikatif bahwa psikologis konsumen dan etnosentrisme berpengaruh positif dan signifikan baik secara  parsial. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa psikologi konsumen berpengaruh terhadap minat beli pelanggan sepatu , sedangkan Etnosentrisme  berpengaruh terhadap minat beli sepatu.

 

This research is motivated by a decrease in consumer buying interest due to the existence of very fierce market competition, the entry of imported shoes at low prices, the death of innovations from the shoe craftsmen. The emergence of this phenomenon is caused by a decrease in consumer buying interest caused by the influence of consumer psychology and ethnocentrism. This research was conducted on shoe consumers in the city of Bandung. This study aims to determine the analysis of the psychological influence of consumers and ethnocentrism on buying interest in shoes customers in Cibaduyut. The method used in this research is descriptive and verification using the explanatory survey method. The analytical techniques used are classical assumptions, correlation coefficients and multiple linear regression tests. The results of the study descriptively indicate that consumer psychology, ethnocentrism moves from sufficient to good. While verifying that consumer psychology and ethnocentrism have positive and significant effects both partially. The results of the research partially indicate that consumer psychology influences the buying interest of shoe customers, whereas ethnocentrism influences the buying interest of shoes.

Keywords

Psikologi konsumen; Etnosentrisme dan Minat Beli Pelanggan; Consumer psychology; ethnocentrism and customer buying interest

Full Text:

PDF

References

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2013. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Et al, Qing. 2012. The Impact of lifestyle and ethnocentrism on customers’ purchase intentions of fresh fruit in China. www. emeraldinsight.com. 2 Juni 2016

Gillani. 2012. Efektivitas iklan TV, asosiasi merek, dan kelompok referensi terhadap minat beli susu bubuk L-men di Kota Semarang.

Ghozali, Iman 2013. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Semarang.badan penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey :Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Phillip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kemenperin.go.id.2016, tentang Industri Alas kaki., Brand and Store information on Buyers Product evaluations

Monroe Kent and Grewal Dhruv, In Journal Marketing Research “ Effect of Price Brand and Store Information on Buyers Product Evaluations.1991

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2012. Perilaku Konsumen Edisi 7 Cetakan Kedua. Jakarta: Indeks.

Shimp, T.A. and Sharma, S. 2011, Consumer ethnocentrism: construction and validation of the CETSCALE. Journal of Marketing Research, Vol. 27, pp.280- 289.

Solomon, M.R. & Rabolt, N. 2009. Consumer Behaviour In Fashion, 2nd Edition. USA :Prentice Hall.Sunyoto,

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang No.20 tahun 2008 Tentang Usaha Mengengak kecil Mikro

Copyright (c) 2019 Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.