FAKTOR INTERNAL YANG MENENTUKAN KINERJA USAHA RITEL PRODUK FASHION di TANGERANG

Main Article Content

rodhiah diah diah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menentukan kinerja suatu usaha kecil ritel fashion , menentukan diantara faktor tersebut mana yang paling dominan dapat  dilakukan untuk mengukur kinerja usaha ritel. Diteliti 200 pedagang  ritel produk fashion yang terdapat di 10 lokasi usaha ritel pasar tradisional di Tangerang, dipilih secara purposive sampling pada  beberapa pasar tradisional di Tangerang. Sebuah evaluasi dilakukan dengan sejumlah  pendekatan  faktor-faktor kinerja yang ditemukan dalam beberapa literature. Meliputi faktor internal yang dipersepsikan dari pemilik ritel berdasarkan penilaian subyektif. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis faktor melalui program SPSS Versi 20. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari 27 item faktor internal direduksi menjadi 6 buah  faktor yang dominan yaitu SDM2 (Sumber daya manusia pada item jiwa kepemimpinan, TO3 (Operasional pada ketersediaan mesin/peralatan), PSR2 (Pasar dan Pemasaran pada daya beli masyarakat), PSR9 ( pasar dan pemasaran pada kegiatan promosi), KEU2 (keuangan modal pinjaman),PSR4 (pasar dan pemasaran pada produk pengganti) merupakan faktor yang terbentuk sebagai penentu kinerja usaha ritel. Dan yang paling dominan mempengaruhi kinerja usaha ritel terdapat pada faktor PSR2 (pasar dan pemasaran dalam daya beli masyarakat). Dengan demikian hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pedagang ritel dan input berbagai faktor internal kinerja pada usaha kecil ritel yang harus diperbaiki. Sehingga kelayakan strategis bagi usaha ritel dapat terus ditingkatkan.  

 

Kata Kunci: usaha ritel, kinerja, faktor internal, factor analysis

Article Details

Section
Articles

References

Aritonang R, Lerbin R. (2007). Riset Pemasaran: Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia

Agustini, Dwi Hayu dan Erna Agustina Yudiati (2002) “Ketertarikan Keberhasilan Usaha Dengan Jiwa Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Pada Pedagang Eceran Berskala Kecil Di Semarang”, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol.VIII, No.3, Desember 2002,pp. 357-374

Augusty Ferdinand (2000)," Manajemen Pemasaran Sebuah Pendekatan Strajik”Research ",PaperSeries, MMUndip, Semarang Afiah, N.N. (2009). Peran Kewirausahaan dalam memperkuat UKM Indonesia menghadapi krisis finansial global, Working paper in accounting and finance.

aprindo.net/index.html

Badan Pusat Statistik, 2006, Berita Resmi Statistik No. 28/05/Th. XI, Jakarta

Bititci,U.S.,Carrie,A.S.McDevittandTurner,T.(1997). Integrated Performance Measurement Systems: A Reference Model. Proceeding of IFIP-WG5.7 1997 Working Conference, Switzerlanda: Ascona Ticono-Switzerland

Beal, R.M. (2000).“ Competing Effectively : Environment Scanning, Competitive Strategy & Organization Performance in Small Manufacturing Firms”.Journal of Small Business Management (Januari):pp.27-45

Chakravarty, Balaji,S.(1996). Measuring Strategic Performance. Strategic Management Journal. (7: 437-458)

Ciptono. W. S, (2006), A Sequential Model Of Innovation Strategy-Company Non-Financial Performance Links , Gajah Mada International journal of Bussiness, 8, 2, pp. 137-178

Departemen Koperasi dan UKM, 1999-2012

Hadjimonalis, Anthanasios (2000), An Investig ion of Innovation Atecendent in Small Firms in the Contex of A Small Developing Country , Journal of R&D Management, 30, 3, pp. 235-245

Jeaning.Peter.,&Graham Beaver (1997) , The Performance and Competitive Advantege of Small Firms : A Management Persfective, International Small Business journal, 15, 2, pp. 63-75

Kaplan. R.,(2005), How The Balanced Scorecard Complements The McKinsey 7-SModel, Strategy & Leadership

Kellen,V.(2003). Business Performance Management: At the Crossroads of Strategy,Decision-Making, Learning and Information Visualization.

Kim, Youngbae., Y. Choi (1994) Strategic Types and Performances of Small Firms in Korea, International Small Bussiness journal, 13, 1, pp. 13-25

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane (2006), Marketing management. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education

Kuncoro, Mudrajad (2003), Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Laitinen, E (1996,) „Framework for small business performance measurement: towards integrated PMS’, Paper presented to Vasaa, proceedings of the University of Vasaa.

Levy, Michael and Barton A. Weitz (2012). Retailing Management. New York : McGraw-Hill Companies

Lee, jangwoo., Danny Miller (1996) Strategy, Environment and Performance in two technological Contexs : Contingency theory in Korea, Organizations studies, 17/5, pp. 729-750.

Luo, Yadong (1999), Environment-Strategy-Performance Relations in Small Business in China : A Case of Township and Village Enterprises in Southern China, Journal of Small Business management. Pp. 37-52

McAdam, R. and McKeown, M. (1999), “Life after ISO 9000: an analysis of the impact of ISO 9000 and total quality management on small business in Northern Ireland”, Total Quality

Miles, P Morgan., Covin G jefferey., Heeley b Michael (2000), The Relationship Between Environmental Dynamism and Small Firm structure, strategy, and Performance. Journal of Marketing theory and Practice. Pp. 63-74

Neely , A., (1999), The Performance Measurement Revolution: Why Now and What Next ? International Journal of Operations & Production Management, Vol. 19 No. 2,pp. 205-228

Olson. D. Philip, Donald W. Bokor (1995) Strategy Process-Content interaction : Effect On Growth Performance In Small Firm . Journal of small Business Management, pp. 34-44

Pelham, M. Alfred, David T. Wilson (1996), A Longitudinal Study of The Impact of Market Structure, Firm Structure, Strategy, and Market Orientation Culture on Dimenntions of Small Firms Performance , Journal of Academy of Marketing Science. 24, 1, pp. 27-43

R. Davidson, William.,(1998),” Retailing Management,” 6e. Canada : John Wiley & Son, Inc

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy (2004), Riset Pemasaran konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : PT. Elex Media Komputerindo.

Sekuli?, Vesna (2009) Corporate Strategy Development And Competitive Advantage Of Enterprise, The Faculty of Economics, University of Niš, Serbia vesna.sekulic@eknfak.ni.ac.rsFacta Universitatis Series: Economics And Organization Vol. 6, No 3, Pp. 269 – 279

Temtime, Zelealem T., and J. Pansiri, 2004, Small Business Critical Succes/Failure Factors in Developing Economies: Some Evidence From Bostwana, American Journal of Applied Sciences 1, 18-25.

UU No. 20 tahun 2008 tentang usaha, mikro, dan menengah

Wicklund, J. (1999). “The Sustainability of The Entrepreneur OrientationPerformance Relationship” Entrepreneurship Theory in Practice, Fall:pp.37-55

Zahra, S.A., dan S. R. Das (1993), Innovation Strategy and Financial Performance in manufacturing companies: An empirical Study . Production and OperationsManagement 2 (I) (Winter) : 15-37