Inovasi untuk Media Sosial Indonesia

Main Article Content

Richard Andrew

Abstract

Di zaman modern dengan perubahan yang sangat cepat banyak produk yang diciptakan.  Hal ini termasuk produk yang dihasilkan oleh anak bangsa.  Akan tetapi, banyak orang Indonesia yang tidak menyadari kekhasan dari produk khas Indonesia.  Hal ini kemudian diperparah dengan para produsen produk Indonesia tersebut yang acapkali menghasilkan produk dengan pola yang sama tanpa variasi dan keunikan yang membedakan secara signifikan dengan kompetitor lain.  Lebih jauh lagi industri kreatif seperti media sosial kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat.  Karena itu, maka penting sekali untuk industri media sosial untuk senantiasa mengembangkan produk guna meningkatkan nilai produk tersebut mulai dari peningkatan pelaksanaan proses kerja, pengembangan kemampuan teknis dan pengetahuan tenaga kerja serta menghasilkan keunggulan kompetitif dari alat – alat yang digunakan secara berkesinambungan.  Penelitian ini bertujuan untuk memberikan saran agar media sosial Indonesia dapat bersaing dengan media sosial yang sudah ada dan berkembang terlebih dahulu di dunia.  Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui studi literasi dengan hasil beberapa inovasi pada bagian pemasaran dan dari segi proses.  Kedua hal ini merupakan hal kunci dari keberhasilan perusahaan yang menjadi objek penelitian.  Secara singkat, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media sosial Indonesia masih dapat berkembang di masa yang akan datang.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Richard Andrew, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

References

Andrew, R., Esmeralda, V. S., Willis, R., & Sunjaya, A. (2017). Praktek Manajemen Inovasi di S1 Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(1).

Andrew, R. & Suryawan, I. N. (2015). Studi Literasi Pengembangan Manajemen Klub Sepakbola di Indonesia. Modus Journals, 27(2), 175-182.

Bailey, T. M. (2005). Over Promise, Under Deliver: Pitfalls of a High Volume Practice. NASP Subrogator, Winter Issue.

Chaffey, D. (2018). Global Social Media Research Summary 2018. Smart Insights: Social Media Marketing.

Damar, Agustinus M. (2016). 3 Fakta Mengejutkan Pengguna Internet di Indonesia, February 14. http://tekno.liputan6.com/read/2435997/3-fakta-mengejutkan-pengguna-internet-di-indonesia

Edosomwan, S., Prakasan, S. K., Kouame, D., Watson, J., & Seymour, T. (2011). The History of Social Media and Its Impact on Business. Journal of Applied Management and entrepreneurship, 16(3), 79-91.

Galih, B., & A. Ngazis. (2012). Entertainment Contents Get More Clicks. VivaNews.com, June 27. http://us.en.vivanews.com/news/read/330214-entertainment-contents-get-more-clicks.

Gil de Zúñiga, H., Jung, N., & Valenzuela, S. (2012). Social Media Use for News and Individuals' Social Capital, Civic Engagement and Political Participation. Journal of Computer?Mediated Communication, 17(3), 319-336.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.

McMaster, T. & Kautz, K. (2002). A Short History of Diffusion, Proceedings of IFIP WG 8.6 5th International Working Conference on Diffusion, Adoption, and Implementation of Information Technology, eds D. Bunker, D. Wilson & S. Elliot, IFIP, Sydney, pp. 10-22.

Odén, N., & Larsson, R. S. (2011). What Makes a Marketing Campaign a Viral Success. A descriptive model exploring the mechanisms of viral marketing.

Owyang, J., Tran, C., & Webber, A. (2010). The 8 Success Criteria for Facebook Page Marketing. Altimeter Group.

Putri, W. S. R., & Nurwati, N. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Rhee, M. & Mehra, S. (2006). Aligning Operations, Marketing and Competitive Strategies to Enhance Performance: An Empirical Test in the Retail Banking Industry. Omega, 34(5), 505-515.

Sugiyono, M. P. A., (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, W., Wicaksana, D. & Nizam, M. (2015). Putting a Technology Innovation Culture to Realize Indonesian Vision 2025: A Case Study. Proceedings of the International Multiconference of Engineers and Computer Scientists 2015, Volume II.

Virtanen, J. (2014). Transparency in Development Communication. Finland: University of Jyvaskyla