PENGARUH KONTEKS TEKNOLOGI, KONTEKS ORGANISASI DAN KONTEKS LINGKUNGAN TERHADAP ADOPSI MEDIA SOSIAL BAGI UMKM

Main Article Content

Alvionita Alvionita
Mei Ie

Abstract

Sekarang ini banyak UMKM yang menggunakan media sosial dalam pemasaran produk serta pengembangan usahanya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh konteks teknologi terhadap adopsi media sosial, pengaruh konteks organisasi terhadap adopsi media sosial, dan pengaruh konteks lingkungan terhadap adopsi media sosial untuk UMKM di Jakarta. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik judgemental sampling. Jumlah sampel sebanyak 75 responden. Data diolah menggunakan SmartPLS dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh konteks teknologi terhadap adopsi media sosial bagi UMKM di Jakarta, terdapat pengaruh konteks organisasi terhadap adopsi media sosial bagi UMKM di Jakarta, dan terdapat pengaruh konteks lingkungan berpengaruh terhadap adopsi media sosial untuk UMKM di Jakarta. Implikasi dari penelitian ini bagi UMKM adalah UMKM perlu mengadopsi dan memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan usahanya. 

 

Currently, many SMEs use social media in product marketing and business development. The purpose of this research is to investigate the effect of the technological context toward social media adoption, the effect of organizational context toward social media adoption, and the effect of the environmental context toward social media adoption for SMEs in Jakarta. The sampling method in this research is non-probability sampling with judgmental sampling technique. The number of samples is 75 respondents. Analyze research data by using SmartPLS. The findings show the technological context has effect toward the adoption of social media for SMEs in Jakarta, of the organizational context has effect toward the adoption of social media for SMEs in Jakarta, and the environmental context has effect toward the adoption of social media for SMEs in Jakarta.The implication of this research for SMEs is that SMEs need to adopt and utilize social media in developing their businesses.

Article Details

Section
Articles

References

AlSharji, A., Ahmad, S. Z., & Abu Bakar, A. R. (2018). Understanding social media adoption in SMEs. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 10(2), 302-328.

Awa, H. O., Ojiabo, O. U., & Emecheta, B. C. (2015). Integrating TAM, TPB and TOE frameworks and expanding their characteristic constructs for e-commerce adoption by SMEs. Journal of Science & Technology Policy Management, 6(1), 76-94.

Chandra, S. & Andrew, R. (2018). Peran media sosial dalam strategi komunikasi pemasaran di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 2 (2). 535-542.

Desfika, T. S. (2019). UMKM masih minim manfaatkan medsos. https://www.beritasatu.com/ekonomi/537673-umkm-masih-minim-manfaatkan-medsos (diakses pada 26 April 2020)

Dutot, V., & Bergeron, F. (2016). From strategic orientation to social media orientation. Journal of Small Business and Enterprise Development, 23(4), 1165-1190.

Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): an emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106-121.

Molinillo, S., & Japutra, A. (2017). Organizational adoption of digital information and technology: a theoretical review. The Bottom Line, 30(1), 33-46.

Nawi, N. B. C., Mamun, A. A., Nasir, N. A. B. M., Shokery, N. M. A. H., Raston, N. B. A., & Fazal, S. A. (2017). Acceptance and usage of social media as a platform among student entrepreneurs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 24(2), 375-393.

Ramdani, B., Chevers, D., & Williams, D. A. (2013). “SMEs’ adoption of enterprise applications”, Journal of Small Business and Enterprise Development, 20(4), 735-753.

Setiobudi, A., & Wiradinata, T. (2018). Intensi UKM dalam adopsi financial technology di Jawa Timur. National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. 1-18.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.