MODEL MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA START UP BUSINESS
Main Article Content
Abstract
Manajemen rantai pasokan pada bisnis pemula masih sederhana, tidak sekompleks dibandingkan dengan mata rantai pasokan bisnis besar dan maju. Penelitian ini akan memaparkan model manajemen rantai pasokan bisnis startup milik mahasiswa Univeristas Ciputra. Selain itu, penelitian ini akan menunjukkan strategi persediaan bahan baku dari pemasok. Sample dalam penelitian ini sebanyak 30 bisnis start up yang telah beroperasi lebih dari 2 tahun, dengan jenis usaha Food and Beverage. Dari hasil penelitian ada 2 temuan yaitu 1) Hanya ada 3 model manajemen rantai pasokan bisnis start up milik mahasiswa UC. Model 1 yaitu Supplier – Manfukatur – Konsumen. Model 2 yaitu Supplier – Manfukatur – Pengecer - Konsumen. Model 3 yaitu Supplier – Distributor – Konsumen. 2) Dalam hal penyediaan bahan baku, paling banyak ada 30 % bisnis start up menggunakan strategi sedikit pemasok dengan 3 pemasok. Kemudian paling sedikit ada 16,6 % bisnis start up menggunakan starategi banyak supplier dengan 5 pemasok. Mayoritas pemilik usaha start up ini membeli bahan baku dari pasar, toko dan supermarket terdekat untuk memudahkan penjangkauan penyediaan bahan baku.
Keyword : bisnis start up, model rantai pasokan, strategi
Supply chain management in a beginner business is simple, not as complex when compared to the supply chain of large and developed businesses. This study will describe the supply chain management model of the start-up business owned by Ciputra University students. In addition, this study will expose the strategy of supply of raw materials from suppliers. Sample in this study were 30 start-up businesses that have been operating for more than 2 years, with the type of business being Food and Beverage. From the results of the study there are 2 findings, namely 1) There are only 3 types of supply chain management at businesses owned by UC students. Model 1, namely Supplier - Manufacturer - Consumer. Model 2 being Supplier - Manufacturer - Retailer - Consumer. Model 3 is Supplier - Distributor - Consumer. 2) In terms of providing raw materials, at most 30% of start-up businesses use few supplier strategy with 3 suppliers. Then, at least 16.6% of startup businesses use many suppliers with 5 suppliers. The majority of these start-up business owners purchase raw materials from the nearest markets, shops and supermarkets to facilitate the outreach of raw material supply.
Keywords : Start-Up Business, Supply Chain Model, Strategy, Supplier, Consumers
Article Details
References
Bungin, B. 2014. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Social Lainnya. Edisi kedua. Cetakan ke 7. Prenada Media Group, Jakarta.
Chopra, Sunil Dan Peter Meindl, 2004. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operations. Second Edition. Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey
David Mc Clure, 2012. Start up metric, Linkedln Learning.
Fajarwati, 2015. Model Manajemen Rantai pasokan pada usaha kecil dan menengah di Yogyakarta.http://repository.umy.ac.id. Diakses tanggal 30 Februari 2017.
Fitzsimmons, James A. dan Mona J. Fitzsimmons, 2006. Service Manajemen. International Edition. Edisi 5. NewYork: The McGraw-Hill.
Heizer, Jay. Dan Reinder, Barry. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. PT. Salemba. Jakarta.
Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto, 2003. Konsep Manajemen Supply Chain: Strategi Mengelola anajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern diIndonesia, PT Gramedia Widiasarana.
Miles, Mattew B & A Michael Huberman, 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tenang metode metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Pingkan O.E. Talumewo, Lotje Kawet, Jessy J. Pondaag, 2014. Analisis Rantai pasokan ketersediaan bahan baku di Industri jasa makanan cepat saji pada KFC Multimart Ranotana, Jurnal Emba Vol 2 No 3, Talumewo.
Shapiro, 2006. Modeling the supply chain, Cengage learning, 2nd edition.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.