PERANCANGAN PACKAGING INTIP BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN

Isi Artikel Utama

Ahmad Kholid Alghofari
Eko Dwi Muttaqin

Abstrak

Intip merupakan salah satu makanan khas kota Surakarta. Inovasi terhadap produk intip telah dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah intip Pie Rasa-rasa (PIEMIRSA) yang merupakan inovasi intip dengan 18 rasa. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kondisi intip yang mudah rapuh sehingga cukup menyulitkan dalam pengiriman/ distribusi. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan produk packaging intip berdasarkan preferensi konsumen. Metode perancangan menggunakan metode KANSEI Engineering dan konsep eco-design. Metode KANSEI diawali dengan pengumpulan preferensi konsumen tentang packaging berupa kata sifat, uji kecukupan data, uji validitas, realibilitas, analisis faktor, penentuan item dan kategori item. Analisis conjoint melalui Software SPSS, dan menentukan konsep desain dan spesifikasi berdasarkan hasil uji. Konsep eco-design digunakan untuk menghasilkan packaging yang sustainable. Selanjutnya Harga Pokok Produksi (HPP) dihitung untuk melihat kelayakaannya. Berdasarkan hasil perancangan didapatkan spesifikasi desain Smart Packaging dengan bentuk balok, ukuran kecil, warna natural, serta berbahan dasar bambu yang bersifat sustainable. Selain itu konsep eco-design diterapkan dengan penggunaan notice/warning berupa ajakan penerapan sistem yang sustainable.

Kata Kunci: kansei engineering, packaging, perancangan, preferensi

Rincian Artikel

Bagian
Articles